Hubungan Antara Peer Support Dan Academic Bouyancy Dengan Self Regulated Learning Sebagai Mediator Pada Mahasiswa Rantau

Authors

  • Ariga Bahrodin Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.1000

Keywords:

Academic Buoyancy, Peer Support, Self Regulated Learning

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa para mahasiswa rantau juga mengalami berbagai permasalahan dikarenakan jauh dari keluarga dan diharuskan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Permasalahan akademik termasuk permasalahan yang dialami oleh para mahasiswa rantau dikehidupan sehari-hari, misalnya jadwal kuliah yang padat, intensitas pemberian tugas dengan laporan yang memiliki deadline singkat, pemberian tugas kelompok yang dalam satu kelompok tidak semua anggota ikut andil dalam mengerjakan, manajemen waktu, kurangnya dukungan dari orangtua, kesibukan kegiatan luar kampus yang dapat mengganggu perkuliahan serta gangguan Kesehatan yang diakibatkan menipisnya uang saku bulanan maupun makan makanan sembarangan. Bahwa di bangku kuliah para mahasiswa memiliki beban yang meningkat dibandingkan pada masa SMA. Pada penelitian ini dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel yang akan digunakan sebanyak 200 mahasiswa Rantau di Universitas Hasyim Asy’ari. Teknik sampling pada penelitian menggunakan purposive sampling yang memiliki kriteria yakni para mahasiswa Rantau yang berasal dari luar Jombang. Analisis data menggunakan analyze regression Process Hayes Version 4.0 dengan program IBM SPSS versi 20. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa lebih besar peran motivasi sebagai mediator dalam hubungan antara peer support dan academic buoyancy pada mahasiswa Rantau di Universitas Hasyim Asy’ari. Peran dukunga dari teman sebaya (peer support) dapat memberikan kontribusi terhadap para mahasiswa Rantau dalam menghadapi tantangan akademik dikehidupan sehari-hari. Penelitian selanjutnya dapat fokus terhadap aspek peer support sehingga dapat ditemukan pemahaman yang lebih dalam mengenai peran dukungan teman sebaya (peer support) terhadap academic buoyancy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthonysamy, L., Choo, K. A., & Hin, H. S. (2021). Investigasing self-regulated learning strategies for dogotal relevancy. Malaysian Journal of Learning and Instructional, 1(1), 29–64.

Aydın, G., & Michou, A. (2020). Self-determined motivation and academic buoyancy as predictors of achievement in normative settings. British Journal of Educational Psychology, 90(4), 964–980. https://doi.org/10.1111/bjep.12338

Bowen, G. L. (2005). The reliability and validity of the School Success Profile. Xlibris Corporation.

Collie, R. J., Martin, A. J., Bottrell, D., Armstrong, D., Ungar, M., & Liebenberg, L. (2017). Social support, academic adversity and academic buoyancy: a person-centred analysis and implications for academic outcomes. Educational Psychology, 37(5), 550–564. https://doi.org/10.1080/01443410.2015.1127330

Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. sage.

Hayes, A. F. (2013). Mediation, moderation, and conditional process analysis. Introduction to Mediation, Moderation, and Conditional Process Analysis: A Regression-Based Approach, 1, 20.

Helminen, S. E., Vehkalahti, M., Ketomäki, T. M., & Murtomaa, H. (1999). Dentists’ selection of measures for assessment of oral health risk factors for Finnish young adults. Acta Odontologica Scandinavica, 57(4), 225–230. https://doi.org/10.1080/000163599428823

Hinton, P. R., McMurray, I., & Brownlow, C. (2014). SPSS explained. Routledge.

Martin, A. J., Burns, E. C., & Collie, R. J. (2017). ADHD, personal and interpersonal agency, and achievement: Exploring links from a social cognitive theory perspective. Contemporary Educational Psychology, 50, 13–22. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2016.12.001

Martin, A. J., Ginns, P., Brackett, M. A., Malmberg, L. E., & Hall, J. (2013). Academic buoyancy and psychological risk: Exploring reciprocal relationships. Learning and Individual Differences, 27, 128–133. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2013.06.006

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2006). Academic resilience and its psychological and educational correlates: A construct validity approach. Psychology in the Schools, 43(3), 267–281. https://doi.org/10.1002/pits.20149

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2008). Academic buoyancy: Towards an understanding of students’ everyday academic resilience. Journal of School Psychology, 46(1), 53–83. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2007.01.002

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2009). Academic resilience and academic buoyancy: Multidimensional and hierarchical conceptual framing of causes, correlates and cognate constructs. Oxford Review of Education, 35(3), 353–370. https://doi.org/10.1080/03054980902934639

Mead, S., & MacNeil, C. (2006). Peer support: What makes it unique? The International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 10(2), 29–37. http://www.psychosocial.com/IJPR_10/Peer_Support_What_Makes_It_Unique_Mead.html

Mead, S., Sw, M., Hilton, D. W., In, H., Cord, C. O. N., Curtis, L., & Associate, I. S. A. N. (2001). 24.Peer_support_A_theoretical_pe. Psychiatric Rehabilitation Journal, 25(2), 134–141.

Mohamed Sayed Abdellatif, M. (2021). Academic Buoyancy As A Predicator Of The Prince Sattam Bin Abdul-Aziz University Students’ Attitudes Towards Using The Blackboard System In E-Learning. Multicultural Education, 6(5), 20–24. https://doi.org/10.5281/zenodo.4408553

Pintrich, P. R. (2000). The role of goal orientation in self-regulated learning. In Handbook of self-regulation (pp. 451–502). Elsevier.

Putwain, D. W., Daly, A. L., Chamberlain, S., & Sadreddini, S. (2016). “‘Sink or swim’: buoyancy and coping in the cognitive test anxiety–academic performance relationship.” Educational Psychology, 36(10), 1807–1825. https://doi.org/10.1080/01443410.2015.1066493

Saraswati, P. (2018). Buku panduan assesmen psikologis: Skala Psikologis Self Regulated Learning (regulasi diri dalam belajar). HKI UMM.

Downloads

Published

2024-03-12

How to Cite

Ariga Bahrodin. 2024. “Hubungan Antara Peer Support Dan Academic Bouyancy Dengan Self Regulated Learning Sebagai Mediator Pada Mahasiswa Rantau”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (1):39-48. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.1000.

Issue

Section

Articles