Penerapan Metode Eklektik pada Pembelajaran Al-Arabiyyah Lil Muyassarah pada Mahasiswa Baru Institut Ummul Quro Al-Islami

Authors

  • Nurul Fahmi Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1173

Keywords:

Metode Eklektik, Mahasiswa, Pembelajaran Al-Arabiyyah Lil Muyassarah

Abstract

Metode eklektik dalam bahasa Arab memiliki nama “Thariqah Al-Intiqaiyyah” yang pada penerapannya, metode ini banyak menekankan pada keterampilan mendengar (maharat istima’), ketrampilan berbicara (maharat kalam), keterampilan membaca (maharat qiroah) dan keterampilan menulis (maharat kitabah). Metode eklektik muncul akibat ketidakpuasan para pemelajar terdahulu terhadap metode-metode lain yang sudah ada sebelumnya. Munculnya metode baru menggabungkan kekuatan dan menambal kelemahan metode lama. Sejarah mengenai metode pembelajaran bahasa asing terus berkembang dari tahun ke tahun. Kemunculan metode baru merupakan bentuk upaya dari para peneliti untuk melengkapi metode pembelajaran yang telah ada sebelumnya. Hal itu terus menerus dilakukan agar terciptanya pembelajaran bahasa yang sesuai dengan target dan tujuan pembelajaran bahasa tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan secara holistik dan mendalam terkait penerapan metode eklektik pada mata kuliah Al-Arabiyyah lil Muyassarah pada mahasiswa baru Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor. Kesimpulannya Permasalahan pembelajaran yang dialami dan yang dirasakan partisipan adalah kurangnya kosakata bahasa Arab yang diketahui partisipan (41%), kurangnya motivasi belajar (24%), kesulitan menulis bahasa Arab dengan benar (22%), kesulitan menghafal kosakata bahasa Arab (9%) dan tulisan di papan tulis yang kurang jelas sebanyak 4%. Terakhir, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eklektik cukup efektif dalam mendukung pembelajaran bahasa Arab yang variatif sehingga pembelajaran berjalan menyenangkan dan jauh dari rasa bosan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M, Chamalah, E.,& Wardani.(2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Unissula Press.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Fahmi, N., & Muta’ali, A. (2021). Problematika dan Solusi Pembelajaran Bahasa Arab Daring Siswa SMPIT Insantama Bogor. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2028-2039.

Herdiyanto, Y.K. and Tobing, D.H. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Denpasar: Unpublished

Hisyam, Z. (2008). dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogjakarta, Pustaka Insan Madani.

Mardiyah, S. M. (2020). Metode Eklektik Dalam Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Ilmiah.

Milan, r. (2006). Pendekatan,Strategi, dan Metode Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS Dan PMP Malang, 6.

Munawwir, A. (2020). Metode Eklektik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al-‘Arabiyah, 8.

Mulyadi (2020). Metode Qawaid Dan Tarjamah Dalam Memahami Kitab Kuning. Jurnal Pendidikan Islam, 5.

Muslisch, M. (2009). Melakukan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mwanza, D. S. (2019). The Eclectic Approach to Language Teaching: Its Conceptualisation and Misconceptions. International Journal of Humanities, Social Sciences and Education, 4(2). https://doi.org/10.20431/2349-0381.0402006

Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2021). Are Learning Media Effective in English Online Learning?: The Students’ and Teachers’ Perceptions. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 173–183. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v17i2.1012

Percival, F., & Ellington, H. (1984). Teknologi Pendidikan, Jakarta: Erlangga.

Raswan, R. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1), 121–140. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7007

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progesif. Jakarta : Bumi Aksara.

Wahidah, Z. A., Baroroh, U., & Mukadam, A. R.-M. (2021). The Implementation of Eclectic Methods in Arabic Learning Based on All in One System Approach. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 13(1), 90–107. https://doi.org/10.24042/albayan.v13i1.6379

Yudha M Saputra & Rudyanto, 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta:DepDiknas, Dikti Direktorat P2TK2PT.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Nurul Fahmi. 2024. “Penerapan Metode Eklektik Pada Pembelajaran Al-Arabiyyah Lil Muyassarah Pada Mahasiswa Baru Institut Ummul Quro Al-Islami”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1433-43. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1173.

Issue

Section

Articles