Implementasi Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Pola 100 Jam Dengan Metode Tamyiz di Pesantren

Authors

  • Farhan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam Nahdlatul Ulama Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.1208

Keywords:

Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Kitab Kuning, Metode Tamyiz

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi efektivitas metode Tamyiz dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren. Fokus penelitian meliputi implementasi, perencanaan, pengorganisasian, penilaian, dan konsep model pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini menggambarkan secara komprehensif proses pembelajaran kitab kuning, melibatkan pengasuh pesantren, pengurus, asatidz, dan santri sebagai sumber data. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Tamyiz memainkan peran kunci dalam membantu santri membaca, memahami struktur kata, dan menerjemahkan kitab kuning. Pembelajaran ini didasarkan pada prinsip fun and active teaching yang meningkatkan hasil pembelajaran. Penilaian terhadap santri melibatkan sejumlah faktor pembelajaran. Selain itu, konsep pembelajaran ini mengintegrasikan teori pendidikan untuk efektivitas dan efisiensi dalam perencanaan, pengorganisasian, dan penilaian pembelajaran kitab kuning menggunakan metode Tamyiz.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abaza, MM. (2018). Tamyiz, Pintar Terjemah Al-Qur’an dan Kitab Kuning, Indramayu: Yayasan Tamyiz.

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Prograsif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: Indeks.

Buckley Philip Dan Irawan. (2015). The Scientific Paradigm Of Islamic Education Management: Phenomenology Perspective. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Cresswell John W. (2014). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dhofier, Z. (2015). Tradisi Pesantren. Jakarta: Lp3es.

Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya.

Iryana, W. (2014). Baban Kana. Bandung: Pustaka Aura Semesta.

Komariah, Y. S. M. Dan A. (2014). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mu’ammar, M. N. (2019). Study Of Approaches, Methods, Sources And Interpretation Instruments Of Mulla Sadra. International Journal Of Islamic Khazanah, 9(1), 1–8.

Muchit, S. (2013). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Grup.

Muhammad Alfan Alfian. (2019). Politik Zonasi Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Politicon: Jurnal Ilmu Politik, 2(1), 117–133.

Qomar, M. (2013). Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

Rayana, J. (2019). Hadits Information About Helping (Completing) With Something Happened In The Society. International Journal Of Islamic Khazanah, 9(1), 35–40.

Silalahi, U. (2014). Asas-Asas Manajemen. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Terry, G. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Ujiyati, S. Dan T. (2013). Manajemen Dalam Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Farhan. 2023. “Implementasi Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Pola 100 Jam Dengan Metode Tamyiz Di Pesantren”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (4):1817-32. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.1208.

Issue

Section

Articles