Strategi Project Dalam Pembelajaran Fiqih Di MTs Mu’allimin Univa Medan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1237Keywords:
Strategi Project, Pembelajaran, FiqihAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan salah satu strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran project. Adapun metode pada peneliitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian bahwasanya sebagaimana yang kami lihat secara langsung strategi project ini berpengaruh terhadap siswa di antaranya yaitu strategi ini dapat membuat peserta didik senang dan nyaman, memotivasi belajar siswa, meningkatkan kerjasama tim (kolaborasi), meningkatkan kemampuan memecahkan permasalahan, dan juga membuat peserta didik tidak bosan.
Downloads
References
Armai Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press,
Daryanto, 2013. Pendekatan Pembelajaran saintifik kurikulum. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Dinda, Sukma. 2021. Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli (Studi Literatur). Jurnal studi pendidikan dasar
Grant, M.M. 2002. Getting A Grip On Project-Based Learning: Theory, Cases And Recommendations. North Carolina: Meridian A Middle School Computer Technologies. Vol. 5
Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran: Sumatera Barat: Insan Cendikia Mandiri
Kasmadi, Waras. 2008. Project-based learning: pendekatan pembelajaran inovatif. Pelatihan penyusunan bahan ajar duru SMP dan SMA kota Tarakan (Tidak diterbitkan)
Kemdikbud. 2013. Model Pengembangan Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Marno dan M. Idris. 2014. Strategi, Metode, dan Teknik, Mengajar. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Mulyono. 2018. Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Yogyakarta: Gawe Buku
Ngalim Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Pamilu. A. 200). Mengembangkan Kreativitas Dan Kecerdasan Anak. Jakarta: Buku Kita.
Satiadarma. Monti P dan Waruwu. F. E. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
Shudur Mishbahush. 2019. Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Volume 4. Nomor 2.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta,
Yulianto. Fatchan. dkk 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan KeaktifanBelajar Siswa. Jurnal Pendidikan
Yuni Rindiantika, 2021. Pentingnya Pengembangan Kreativitas Dalam Keberhasilan Pembelajaran. Jurnal Intelegensia, Vol. 6, No 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arlina, Fithri Asmelia, Amalia Nurhanisah Gultom, Arif Rio Kari, Khaidah Try Apnisyah Sitorus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.