Strategi Project Dalam Pembelajaran Fiqih Di MTs Mu’allimin Univa Medan

Authors

  • Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fithri Asmelia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Amalia Nurhanisah Gultom Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arif Rio Kari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khaidah Try Apnisyah Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1237

Keywords:

Strategi Project, Pembelajaran, Fiqih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan salah satu strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran project. Adapun metode pada peneliitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian bahwasanya sebagaimana yang kami lihat secara langsung strategi project ini berpengaruh terhadap siswa di antaranya yaitu strategi ini dapat membuat peserta didik senang dan nyaman, memotivasi belajar siswa, meningkatkan kerjasama tim (kolaborasi), meningkatkan kemampuan memecahkan permasalahan, dan juga membuat peserta didik tidak bosan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armai Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press,

Daryanto, 2013. Pendekatan Pembelajaran saintifik kurikulum. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dinda, Sukma. 2021. Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli (Studi Literatur). Jurnal studi pendidikan dasar

Grant, M.M. 2002. Getting A Grip On Project-Based Learning: Theory, Cases And Recommendations. North Carolina: Meridian A Middle School Computer Technologies. Vol. 5

Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran: Sumatera Barat: Insan Cendikia Mandiri

Kasmadi, Waras. 2008. Project-based learning: pendekatan pembelajaran inovatif. Pelatihan penyusunan bahan ajar duru SMP dan SMA kota Tarakan (Tidak diterbitkan)

Kemdikbud. 2013. Model Pengembangan Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Marno dan M. Idris. 2014. Strategi, Metode, dan Teknik, Mengajar. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Mulyono. 2018. Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Yogyakarta: Gawe Buku

Ngalim Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pamilu. A. 200). Mengembangkan Kreativitas Dan Kecerdasan Anak. Jakarta: Buku Kita.

Satiadarma. Monti P dan Waruwu. F. E. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Shudur Mishbahush. 2019. Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Volume 4. Nomor 2.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta,

Yulianto. Fatchan. dkk 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan KeaktifanBelajar Siswa. Jurnal Pendidikan

Yuni Rindiantika, 2021. Pentingnya Pengembangan Kreativitas Dalam Keberhasilan Pembelajaran. Jurnal Intelegensia, Vol. 6, No 1.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Arlina, Fithri Asmelia, Amalia Nurhanisah Gultom, Arif Rio Kari, and Khaidah Try Apnisyah Sitorus. 2024. “Strategi Project Dalam Pembelajaran Fiqih Di MTs Mu’allimin Univa Medan”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1814-21. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1237.

Issue

Section

Articles