Persepsi Guru BK pada Akuntabilitas Program Bimbingan dan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.1321Keywords:
akuntabilitas BK, program BK, konselor sekolahAbstract
Akuntabilitas bimbingan dan konseling sangat penting dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab guru bimbingan dan konseling atau konselor di sekolah terhadap program bimbingan dan konseling yang sudah dilaksanakan. Akan tetapi, ada sebagian guru bimbingan dan konseling atau konselor di sekolah yang belum melaksanakan akuntabilitas pada program bimbingan dan konseling. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya guru bimbingan dan konseling yang kurang memahami tentang proses dan pelaksanaan akuntabilitas BK. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan deskripsi dan gambaran mengenai persepsi guru bimbingan dan konseling pada akuntabilitas bimbingan dan konseling di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling yang telah mengikuti Workshop Akuntabilitas BK telah memiliki pemahaman lebih baik daripada sebelum mengikuti workshop. Hal ini berdasarkan pada data pretest dan posttest yang telah diisi oleh guru bimbingan dan konseling pada sebelum dan setelah pelaksanaan workshop. Dengan begitu diharapkan guru bimbingan dan konseling dapat menerapkan akuntabilitas program bimbingan dan konseling di sekolah.
Downloads
References
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Diedit oleh Patta Rapanna. Makassar: Cv Syakir Media Press.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Dianty, Amirah. 2008. Evaluasi dalam Bimbingan dan Konseling. Diedit oleh Mohammad Abdi Alamaktsur. Pekanbaru: Suska Press.
Fatimah, Siti. 2020. “Asesmen Akuntabilitas Kinerja Konselor: Ditinjau dari Segi Permasalahan dan Model Pelaksanaannya.” Quanta 4 (2): 77–86. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.
Hanafi, Ahmad. 2017. “Menejemen Organisasi Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah (Fokus Solusi Terhadap Problematik Pengelolaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah).” AL-IMAN: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan 1 (1): 170–83. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3821.
Hidayani, Maghfirah, Riska Ahmad, Yarmis Syukur, dan Universitas Negeri Padang. 2023. “Akuntabilitas Kinerja Guru BK Konselor dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Klasikal Di Sekolah.” Jurnal Ika: Ikatan Alumni Pgsd Unars 13 (1): 331–39. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index.
Musyofah, Tina, Tri Pitri, dan Sumarto Sumarto. 2021. “Evaluasi Program BK Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Program Layanan BK.” Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling 4 (3): 304–12. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.304-312.
Nisya, Wirdatun, Riska Ahmad, dan Yarmis Syukur. 2023. “Akuntabilitas Layanan Bimbingan dan Konseling di MAN 1 Pekanbaru” 6 (2): 190–99.
Nugraha, Ariadi, dan Iman Rohiman. 2017. “Measure: Alternatif Model Evaluasi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah.” Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling 1 (1): 67–78.
Paramita, Ratna Wijayanti Daniar, Noviansyah Rizal, dan Riza Bahtiar Sulistyan. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. 3 ed. Lumajang: Widya Gama Press. http://repository.itbwigalumajang.ac.id/1073/1/Ebook Metode Penelitian Edisi 3.pdf.
Putri, Arum Ekasari. 2019. “Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) 4 (2): 39. https://doi.org/10.26
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Ria Angelina, Reni Sinta Dewi, Nazla Hana Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.