Menjaga Warisan Keislaman: Peran Madrasah Ibtidaiyah dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Agama Islam di Kalangan Pendidikan Jenjang Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1342Keywords:
Warisan Keislaman, Madrasah Ibtidaiyah, Nilai-Nilai Agama Islam, Pendidikan Jenjang DasarAbstract
Warisan keislaman merupakan aset berharga bagi umat Islam yang perlu dijaga dan dilestarikan. Madrasah Ibtidaiyah, sebagai lembaga pendidikan Islam jenjang dasar, memiliki peran penting dalam menyebarkan nilai-nilai agama Islam kepada generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Madrasah Ibtidaiyah dalam menyebarkan nilai-nilai agama Islam di kalangan pendidikan jenjang dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan desain penelitian library riset buku-buku, jurnal terbaru dan sumber lainnya berupa infomasi yang mendukung penulisan artikel ini. Hasil menunjukkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah memiliki peran penting dalam menyebarkan nilai-nilai agama Islam di kalangan pendidikan jenjang dasar. Peran tersebut diwujudkan melalui kurikulum, kegiatan pembelajran, dan pengembangan karakter.
Downloads
References
Arsyad, M. (2023). Peran Madrasah Ibtidaiyah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam Al-Hikmah, 1-14.
Chaer, M. T. (2017). Peran Madrasah Dalam Menghadapi Era Globalisasi Dan Budaya. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 6(2), 182. https://doi.org/10.24269/muaddib.v6n2.2016.182-201
Fauziah, R. F., & Masyithoh, S. (2019). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 145–146. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v6i1.207
Hepy Kusuma Astuti. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ibadah di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3, 195. Retrieved desember 2022
Jempa, N. (2017). Nilai- Nilai Agama Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 106–107.
Khasanah, E. F., Ichsan, Y., Terawati, E., Muslikhah, A. H., & Anjar, Y. M. (2022). Nilai-Nilai Keislaman Pada Tembang Lir-Ilir Karya Sunan Kalijaga Ema. Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 20(2), 14.
Kompas TV. (2023). Tantangan Dakwah di Era Milenial. 2023.
Kurniawan, A., & Hidayat, R. (2023). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama di Madrasah Ibtidaiyah pada Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 45-60.
M. Arsyad. (2023). Peran Madrasah Ibtidaiyah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam Al-Hikmah, 1-14.
Maarif Institute. (2022). Moderasi Beragama: Tantangan dan Peluang di Era Diital.
Muslimin, A. (2022). Strategi Pembelajaran Menanamkan Nilai-Nilai Islam pada Anak Usia Dini di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam Al-Hikmah, 211-224.
Nisa, U. (2023). Implementasi Pendidikan Kkarakter Berbasis Nilai-Nilai Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 1-18.
Nisa, U., & Rahmawati, D. (2023). Model Pembelajaran Integratif Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman pada Anak Usia Dini di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 175-188.
Pendahuluan, A. (2012). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap Dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. 10(1), 69.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911.
Republika. (2023). Tantangan Dakwah di Era Digital.
Ridlo IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo, idur. (2021). Manajemen Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(2), 269–280.
Sitti Chadidjah, Agus Kusnayat, Uus Ruswandi, B. S. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI(Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar,Menengah Dan Tinggi). Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 115–116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Munawir, Nihayatuz Zain Salsabila, Reza Dwi Pitriyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.