Analisis Metode Menghafal Al-Qur’an Berdiferensiasi (Studi Komparasi MI Muhammadiyah Parakan Dan Rumah Qur’an Muslim Madani Parakan)
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1345Keywords:
Metode, Menghafal Al-Qur'an, BerdiferensiasiAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis metode menghafal Al-Qur’an berdiferensiasi di MI Muhammadiyah Parakan dan Rumah Qur’an Muslim Madani Parakan. Penelitian terdahulu terkait menghafal Al-Qur’an hanya difokuskan pada implementasi dan evaluasi, sangat minim penelitian yang menelaah tentang pemilihan metode dengan memperhatikan gaya belajar padahal memahami gaya belajar sangat penting dalam proses pembelajaran karena menyangkut cara yang cepat dan tepat untuk menyerap informasi. Sehingga penelitian ini penting karena dalam proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an seorang guru mencoba memahami karakteristik gaya belajar siswa sehingga dapat menyesuaikan metode yang tepat untuk diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian lapangan dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun kesimpulan dari penelitian ini ditemukan tiga jenis gaya belajar dan metode yang paling efektif digunakan dalam menghafal Al-Qur’an. Yaitu auditori menggunakan metode sima’i, visual menggunakan metode kitabah dan kinestetik menggunakan metode kaisa.
Downloads
References
Abdullah, H Taufik, A., Iqbal, M., & Hendra, F. (2022). Metode Pembelajaran Tahsin dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Al Qur ’ an. In TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora (Vol. 3, Issue 3). https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i3.4874
Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah: In El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.261
Akmansyah, Abdul Hamid, M. (2018). Manajemen Pembelajaran Tanfîzh Alqur’an Pada Pondok Pesantren Di Provinsi Lampung. In Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/10.24042/ijpmi.v11i1.3413
Aviran, E., & Blonder, R. (2023). The Influence of Learning with an Online, Personalized Environment on Students’ Attitudes, Beliefs, and Outcomes. In Journal of Science Education and Technology. Springer Science and Business Media B.V. https://doi.org/10.1007/s10956-023-10060-1
Baran, M. (2018). Design mentoring approach in companies in Poland. In Contemporary Economics (Vol. 12, Issue 3). University of Finance and Management in Warsaw. https://doi.org/10.5709/ce.1897-9254.278
Cahya, M. D., Pamungkas, Y., Faiqoh, E. N., Studi, P., Profesi, P., Jember, U. M., Technology, M., & Nopember, S. (2023). Analisis Karakteristik Siswa sebagai Dasar Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Kolaborasi Siswa Analysis of Students ’ Characteristic as the Basis for Differentiated Learning to Improved Student Collaboration. In Biologi dan Pembelajaran Biologi (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.32528/bioma.v8i1.372
Desi. (2020). Penerapan Metode Kaisa Dalam Meningkatkan Hafalan Surah Pendek Pada Anak Usia 5-6 Tahun Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran Jakarta Penerapan Metode Kaisa Dalam Meningkatkan Hafalan Surah Pendek P. In Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an Jakarta.
Ewing, N. J., & Lan Yong, F. (1993). Learning Style Preferences of Gifted Minority Students. In Gifted Education International (Vol. 9, Issue 1). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.1177/026142949300900109
Haas, M., Triemstra, J., Tam, M., Neuendorf, K., Reckelhoff, K., Gottlieb-Smith, R., Pedigo, R., McTaggart, S., Vasquez, J., Hundert, E. M., Federman, D. D., Berkowitz, B., Humphrey, H. J., Gerard, R. W., & Gruppen, L. D. (2023). A decade of faculty development for health professions educators: lessons learned from the Macy Faculty Scholars Program. In BMC Medical Education (Vol. 23, Issue 1). BioMed Central Ltd. https://doi.org/10.1186/s12909-023-04155-x
Haden, N. K., Ranney, R. R., Weinstein, G., Breeding, L. C., Bresch, J. E., & Valachovic, R. W. (2010). Leadership development in dental education: Report on the ADEA leadership institute, 2000-08. In Journal of Dental Education (Vol. 74, Issue 3). https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-77949896693&partnerID=40&md5=a0080ecbb823427b919caac73ba4b1e6
Handiyani, M., Muhtar, T., Guru, P., Dasar, S., & Indonesia, U. P. (2022). Jurnal basicedu (Vol. 6, Issue 4).
Hasri, K. S. dan M. (2019). Studi Perbandingan Kemampuan Menghafal al-Qur’an dengan Metode Kaisa dan Metode Wafa dalam Menghafal al-Qur'an pada Anak Usia Dasar di Rumah …. In Tadarus (Vol. 8, Issue 1).
Horst, J. A., Clark, M. D., & Lee, A. H. (2009). Observation, assisting, apprenticeship: Cycles of visual and kinesthetic learning in dental education. In Journal of Dental Education (Vol. 73, Issue 8). American Dental Education Association. https://doi.org/10.1002/j.0022-0337.2009.73.8.tb04781.x
Ii, B. A. B., Belajar, A. G., & Belajar, P. G. (2014). Bire, dkk. 2014. (Vol. 44).
Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. In KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Morgen, M. (2020). Unemployment and learning: the depoliticisation and taboos of work(lessness). Journal of Psychosocial Studies, 13(3 Special Issue), 287–301. https://doi.org/10.1332/147867320X15986395795762
Ndhlovu, Z. B., Nkhata, B., Chipindi, F. M., Kalinde, B., Kaluba, C., Malama, E., Mambwe, R., Bwalya, K., Lufungulo, E. S., & Chipande, H. (2021). Subject specialisation in primary school: A theoretical review and implications for policy and practice in Zambia. Journal of Curriculum and Teaching, 10(4), 13–24. https://doi.org/10.5430/jct.v10n4p13
Prasetyawan, R. (2016). Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al Wafa Palangkaraya. In Digital Library IAIN Palangkaraya. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/562/
Rahayu, T., Daulay, H., & Zulheddi, Z. (2020). Implementation of Al-Qur’an Reading Learning Tartili Method in MAS Sinar Serdang Perbaungan. In Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.33258/birle.v3i2.1030
Rodhiyyana, I., Rahmawati, A., & Adriani Rahma Pudyaningtyas. (2022). penjelasan Pendidikan Anak Usia Dini pondasi yang kokoh dan penting suci yang ada dalam agama yang dianut memahami dan mengkaji mengenai proses (Vol. 10, Issue 1).
Sabiq, A. F., Ckamim, A., & Hidayah, N. (2020). Implementation of Tahfizhul Qur ’ an Learning with Al-Qosimi Method. 11(2), 143–152.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Wakida, E. K., Rukundo, G. Z., Atuhaire, C., Karungi, C. K., Kumakech, E., Haberer, J. E., Talib, Z. M., & Obua, C. (2022). Perceptions of Undergraduates and Mentors on the Appropriateness, Acceptability, and Feasibility of the HEPI-TUITAH Micro-Research Approach to HIV Training in Uganda. In Advances in Medical Education and Practice (Vol. 13). Dove Medical Press Ltd. https://doi.org/10.2147/AMEP.S359777
Wang, S., Wu, Y., Li, R., & Wang, X. (2023). Remote sensing-based retrieval of soil moisture content using stacking ensemble learning models. In Land Degradation and Development (Vol. 34, Issue 3). John Wiley and Sons Ltd. https://doi.org/10.1002/ldr.4505
Zaram, G. N., & Singh, P. (2018). An experimental study of self-regulated learning with mathematically gifted pupils in Nigerian primary schools. In International Journal of Pedagogy and Curriculum (Vol. 25, Issue 3). Common Ground Research Networks. https://doi.org/10.18848/2327-7963/CGP/v25i03/29-42
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khamsah Ruhana Thayibah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.