Strategi Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendekatan Discovery Learning

Authors

  • Budi Munawar Khutomi STAI Pelabuhan Ratu
  • Iksan Purnomo STAI Pelabuhan Ratu
  • Imam Buchori STAI Pelabuhan Ratu
  • Solahudin STAI Pelabuhan Ratu
  • Zulfikri STAI Pelabuhan Ratu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1350

Keywords:

Strategi, Guru PAI, Pembentukan Karakter, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan guru PAI dalam pembentukan karakter siswa melalui pendekatan pembelajaran Discovery Learning di SMP PGRI Bantargadung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deduktif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan kepala sekolah dan guru PAI, serta dokumentasi yang terkait dengan pembelajaran PAI dan pembentukan karakter siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, pengkondensasian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data yang terkumpul. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, metode dan waktu. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru PAI di SMP PGRI Bantargadung meliputi beberapa langkah. Pertama, guru mengelompokkan siswa berdasarkan karakter dan kemampuan pemahaman siswa dengan menggunakan strategi pengorganisasian pembelajaran, penyampaian pembelajaran, dan pengelolaan pembelajaran. Kedua, guru membiasakan siswa dengan aktivitas sebelum pembelajaran, seperti membaca sholawat. Ketiga, guru memberikan penyampaian informasi, melibatkan partisipasi siswa, tes, dan kegiatan lanjutan. Faktor pendukung strategi guru PAI dalam pembentukan karakter siswa meliputi peran kepala sekolah, orang tua, dan siswa. Selain itu, perhatian dan minat yang ditunjukkan oleh guru-guru serta motivasi siswa untuk terus belajar dan pembentukan karakter yang lebih baik juga menjadi faktor pendukung. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat strategi guru PAI, seperti keterbatasan waktu dan keterbatasan sarana dan prasarana yang tersedia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. (2012). Belajar dan Belajar Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bahri, D. S., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Binti Khoiriyah1, Murniyati, PERAN TEORI "DISCOVERY LEARNING" JEROMEBRUNER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, ThawaliB:Jurnal Kependidikan IslamVolume 2 (2) (2021) 67-80e-ISSN 2807-386X

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Teoritis Psikologis. In Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. Rineka Cipta.

Masitoh, Strategi Pembelajaran, (2009) Jakarta: Depaq RI.

Nata, D. R. H. A. (2016). Ilmu pendidikan islam. Jakarta: Prenada Media.

Piaget, J. (1964). "Development and learning". In R.E. Ripple & V.N. Rockcastle (Eds.), Piaget Rediscovered: A Report on the Conference of Cognitive Studies and Curriculum Development. Ithaca, NY: Cornell University.)

Purnomo, S. (2019). Otak Rasional dan Otak Intuitif dalam Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 09(02), 265–276

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 06(02), 145–157

Rohim, F., dan Susanto, H. Ellianawati. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 1(1), 1-5.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Seknun, M. F. (2013). STRATEGI PEMBELAJARAN. Biosel: Biology Science and Education, 2(2), 120. https://di.org/10.33477/bs.v2i2.376

Sukmadinata Syaodih Nana, 2009, Landasan Psikologi Proses Pendidikan,

Syamsu Yusuf. (2004). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taufik Hidayat, Masykur H Mansyur, PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT PANDANGAN ISLAM (Studi Kasus Tegal Panjang Desa Wibawa Mulya Kabupaten Bekasi), Al-Hasanh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, p-ISSN : 2548-7442e-ISSN : 2774-776X, Volume 8 Nomor 2 Tahun 2023 DOI : 10.51729/82184

Tim Penyusun. 2014, Permendikbud No.59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SekolaH Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.U Abdullah Mu’min, Wati Karmila, IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN VCTPADA PELAJARAN PAI DALAM MENYIKAPI KONFLIK SOSIALDI SMK HARAPAN 1 RANCAEKEK BANDUNG, TADRIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 7 No. 1 (Juni 2021):71-90, P-ISSN 2477-543, E-ISSN 2549-6433

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Budi Munawar Khutomi, Iksan Purnomo, Imam Buchori, Solahudin, and Zulfikri. 2024. “Strategi Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendekatan Discovery Learning”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):694-705. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1350.

Issue

Section

Articles