Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka pada Era Digital di SMP Negeri 2 Ambarawa

Authors

  • Ali Mansur Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Mukh Nursikin Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1378

Keywords:

Problematika, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Digital

Abstract

Permasalahan merupakan hambatan atau permasalahan yang tidak dapat diselesaikan sehingga pencapaian tujuan menjadi terhambat dan kurang maksimal. Di SMP Negeri 2 Ambarawa, guru Pendidikan Agama Islam masih menemui beberapa kendala dalam penerapan program Kurikulum Mandiri pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMA Negeri 2 Ambarawa. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan kurikulum mandiri dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII SMP Negeri Ambarawa? (2) Apa permasalahan guru Pendidikan Agama Islam di Ambarawa? SMP Negeri 2? (3) Solusi apa yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam untuk mengatasi permasalahan di SMP Negeri 2 Ambarawa?. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini mendeskripsikan dan mengidentifikasi pengguna dan tujuannya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan pencatatan. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan teknik triangulasi dan sumber. Kendala yang dihadapi antara lain karakteristik siswa yang beragam, rendahnya motivasi, terbatasnya sarana dan prasarana, kesulitan penilaian, beban kerja guru dan terbatasnya mekanisme waktu pembelajaran. Solusi yang disarankan antara lain memetakan karakteristik siswa, membedakan pengajaran, meningkatkan motivasi, mengembangkan alat peraga, pelatihan penilaian, koordinasi untuk mengurangi beban guru, mengoptimalkan alokasi waktu, mengintegrasikan nilai-nilai PAI dan layanan bimbingan siswa. Implementasi solusi tersebut secara kolaboratif dapat meningkatkan kualitas penerapan kurikulum mandiri dalam pembelajaran PAI untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, E. 2019. "Home Visit Oleh Guru Atau Wali Kelas Dan Motivasi Belajar Siswa." Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 3(2), 142–149.

Achamd, G. H.,, D., Ratnasari, E., Yulianti, and N. Liandara. 2022. "Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4), 5685–5699.

Ahmadi, F. 2017. "Guru SD di era digital: Pendekatan, media, inovasi." CV. Pilar Nusantara.

Alhafiz, N. . 2022. "Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru." J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(8), 1913–1922.

Anas, M. 2014. "Alat peraga dan media pembelajaran." Jakarta : Pustaka Education.

Azizah, M, and R. B. Winanda. 2021. "Problematika Pembelajaran SKI Di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang." Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10(1),.

Baharuddin, and Wahyuni. 2015. "Teori Belajar dan Pembelajaran. ." Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Bawani, Imam. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 109. Sidoarjo: Khazanah Ilmu Sidoarjo.

Creswell, J. W. 2010. "Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed." Pustaka Pelajar.

Elisabet, Sara Indah, Goncalwes Sirait, and Janpatar Simamora. 2020. "ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL MENCAKUP BAB IV PASAL 5 MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA, ORANG TUA DAN PEMERINTAH." Visi Ilmu Sosial dan Humaniora (VISH) Volume: 01, No 01 (82-88) .

Emzir. 2014. "Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data." PT Raja Grafindo.

Fifani, Astri, Safrizal, and Fadriati. 2023. "nalisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sd Kota Batusangkar." Jurnal Pendas Mahakam 8(1), 19–27.

Hamka, S. 2021. "Implementasi Metode Tadabbur Al-Qur’an Di Pesantren Ar-Rahman Bogor." al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6(2), 39–53.

Hapsari, T.R., , V. Rambitan, and M. Tindangen. 2018. "Analisis permasalahan guru terkait perangkat pembelajaran berbasis model examples non examples dan permasalahan siswa terkait hasil belajar biologi di SMA." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3(2), 204–209.

Hasan, M. S. , and M. Mutakim. 2019. "Manajemen Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs At-Taufiq Bogem Diwek Jombang." Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 3(2),.

Kurniawan, Syamsul, and Erwin Mahrus. 2011. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Vol. 87. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Maimun, A. 2020. "Penelitian Studi Kasus Bidang Pendidikan Islam." UIN Maliki Press.

Mulyasa, H. E. 2021. "Menjadi guru penggerak merdeka belajar." Bumi Aksara.

Mustaqim, I, and W Wijayanti. 2019. " Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Tematik Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jogoroto Jombang." Jurnal Pendidikan Dasar Islam 1(2), 1–23.

Mustofa, Ali , Viona Oktavia, and Ahmad Shofiyul Himami. 2023. "PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA." IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan Vol. 3, No. 3,.

Pillawaty, S, s, N Firdaus, U Ruswandi, and S. A. Syakuro. 2023. "roblematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka." Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNINDA Gontor 1, 602–611.

pillawaty, Shinta Sri, Nurul Firdaus, Uus Ruswandi, and Syaefan Abdan Syakuro. 2023. "Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka." Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor vol.1.

Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama. .

Salay, R. 2019. "Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL)."

Yuhana, A. N.,, and F. A. Aminy. 2019. "Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa." Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(1), 79–96.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Ali Mansur, and Mukh Nursikin. 2025. “Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Era Digital Di SMP Negeri 2 Ambarawa”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):516-25. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1378.

Issue

Section

Articles