IMPLEMENTASI DALAM METODE PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1,%20March.138Keywords:
pembelajaran langsung, hasil belajar, pendidikan agama IslamAbstract
Hasil riset tentang metode pengajaran langsung dari beberapa yang saya kunjungi dalam tugas sebagai instruktur nasional,di sekolah-sekolah yang menggunakan program ilmu pengetahuan penemuan yang menggairahkan yang mereka kembangkan. Saya mengamati seorang guru menyajikan pelajaran yang luar biasa, dan kemudian para siswa terbagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk mengerjakan eksperimen yang di rancang untuk menuntun mereka menemukan suatu prinsip ilmiah utama. Para siswa langsung bekerja dan melakukan eksperimen tersebut dengan sangat antusias. Tahap demi tahap, sepanjang pelajaran tersebut, kelompok-kelompok tiba pada kesimpulan yang sama yang ternyata salah! saya bertanya kepada guru tersebut apa yang dia lakukan kalau siswa”menemukan” jawaban yang salah. Dia melihat sekeliling dengan diam-diam, dan menarik saya ke suatu sudut, dia berbisik,”mata pelajaran apa saja yang memungkinkan untuk pembelajaran penemuan, sebagai guru harus dapat mengubah pelajaran ini untuk mengajari mereka tiba pada jawaban yang benar.”