Implementasi Penilaian Afektif pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Palimanan Cirebon

Authors

  • Firly Ayu Kusumawardani UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1381

Keywords:

Penilaian Afektif, Pendidikan Agama Islam, SMP

Abstract

Dalam penilaian pembelajaran PAI selama ini masih berorientasi pada penilaian ranah kognitif saja, padahal pembelajaran PAI justru harus dikembangan pada internalisasi nilai-nilai afektif sehingga muncul dorongan untuk mengamalkan nilai nilai agama yang diajarkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana implementasi penilalian afektif pada mata pelajaran PAI yang dilakukan oleh guru PAI di SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menjelaskan bagaimana proses perencanaan penilaian dan pelaksanaan penilaian afektif mapel PAI serta teknik yang digunakan oleh Guru PAI di SMP Negeri 1 Palimanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, Peneliti melakukan obsevasi langsung, wawancara dan analisis dokumen dalam mengumpulkan data. Hasil dari pembahasan ditemukan bahwa guru PAI di SMP Negeri 1 Palimanan telah melaksanakan penilaian afektif dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. Tahapan tahapan perencanaan penilaian afektif yang dilakukan adalah menentukan tujuan, menentuka aspek aspek afektif yang akan dinilai, menentukan teknik penilaian yang digunakan dan menyusun instrumen penialian serta menentukan skor penilaian. Dalam pelaksanaannya teknik yang digunakan adalah dengan cara observasi, skala sikap dan jurnal. Dalam pelaksanaan penilaian afektif guru pai mengalami kendala diantaranya adalah pengeturan waktu penialian afektif dalam proses pembelajaran, penyusunan instrument penilaian yang dianggap rumit.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid dan Jusuf Mudzakir, 2006, ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

Abdul Majid, 2014. Penilaian Autentik Prosesdan Hasil Belajar. Bandung: PT Rosdakarya

Ahmad darmadji, Urgensi Ranah Afektif dalam Evaluasi Pendidikan Agama

Islam di Perguruan Tinggi Umum. Unniasia Januari 2011

Ali dan asrori. 2016.Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Anas Sudijono. 1998. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja GrafindoPersada

Anas Sudijono. 2013. Pengantar evaluasi peendidikan.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

BNSP. Panduan Penilaian Kelompok Belajar Agama dan Akhlak Mulia.Jakarta: 2006

Kunandar, 2015. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan

Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers

Lexy, J. Moleong, 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mindani. 2022. Evaluasi Pendidikan Agama Islam.Bengkulu: Elmarkazi

Rasyid, H., Mansyur, dan Suratno. 2000. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini.Yogyakarta: penerbit Multi Pressindo,2009

Singgih d gunarsa, 2013. Dasar dan teori perkembangan anak. Jakarta, BPK Gunung Mulia.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumadi Suryabrata, 2005. Metodologi Penelitian . Jakarta: Raja Grafindo Persada

Zainal Arifin, 2012. Evaluasi Pembelajaraan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Zakiyah Daradjat, 1989. peranan agama dalam kesehatan mental, Jakarta: gunung Agung

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Firly Ayu Kusumawardani. 2025. “Implementasi Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 1 Palimanan Cirebon”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):916-26. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1381.

Issue

Section

Articles