Implementasi Penilaian Afektif pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Palimanan Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1381Keywords:
Penilaian Afektif, Pendidikan Agama Islam, SMPAbstract
Dalam penilaian pembelajaran PAI selama ini masih berorientasi pada penilaian ranah kognitif saja, padahal pembelajaran PAI justru harus dikembangan pada internalisasi nilai-nilai afektif sehingga muncul dorongan untuk mengamalkan nilai nilai agama yang diajarkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana implementasi penilalian afektif pada mata pelajaran PAI yang dilakukan oleh guru PAI di SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menjelaskan bagaimana proses perencanaan penilaian dan pelaksanaan penilaian afektif mapel PAI serta teknik yang digunakan oleh Guru PAI di SMP Negeri 1 Palimanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, Peneliti melakukan obsevasi langsung, wawancara dan analisis dokumen dalam mengumpulkan data. Hasil dari pembahasan ditemukan bahwa guru PAI di SMP Negeri 1 Palimanan telah melaksanakan penilaian afektif dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. Tahapan tahapan perencanaan penilaian afektif yang dilakukan adalah menentukan tujuan, menentuka aspek aspek afektif yang akan dinilai, menentukan teknik penilaian yang digunakan dan menyusun instrumen penialian serta menentukan skor penilaian. Dalam pelaksanaannya teknik yang digunakan adalah dengan cara observasi, skala sikap dan jurnal. Dalam pelaksanaan penilaian afektif guru pai mengalami kendala diantaranya adalah pengeturan waktu penialian afektif dalam proses pembelajaran, penyusunan instrument penilaian yang dianggap rumit.
Downloads
References
Abdul Majid dan Jusuf Mudzakir, 2006, ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Kencana
Abdul Majid, 2014. Penilaian Autentik Prosesdan Hasil Belajar. Bandung: PT Rosdakarya
Ahmad darmadji, Urgensi Ranah Afektif dalam Evaluasi Pendidikan Agama
Islam di Perguruan Tinggi Umum. Unniasia Januari 2011
Ali dan asrori. 2016.Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
Anas Sudijono. 1998. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja GrafindoPersada
Anas Sudijono. 2013. Pengantar evaluasi peendidikan.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
BNSP. Panduan Penilaian Kelompok Belajar Agama dan Akhlak Mulia.Jakarta: 2006
Kunandar, 2015. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan
Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers
Lexy, J. Moleong, 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mindani. 2022. Evaluasi Pendidikan Agama Islam.Bengkulu: Elmarkazi
Rasyid, H., Mansyur, dan Suratno. 2000. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini.Yogyakarta: penerbit Multi Pressindo,2009
Singgih d gunarsa, 2013. Dasar dan teori perkembangan anak. Jakarta, BPK Gunung Mulia.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumadi Suryabrata, 2005. Metodologi Penelitian . Jakarta: Raja Grafindo Persada
Zainal Arifin, 2012. Evaluasi Pembelajaraan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Zakiyah Daradjat, 1989. peranan agama dalam kesehatan mental, Jakarta: gunung Agung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firly Ayu Kusumawardani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.