Menganalisis Hakikat Metode Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1391Keywords:
Metode, Pendidikan Islam, FilsafatAbstract
Metode pendidikan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam memiliki karakteristik dan dasar yang khas, berbeda dengan metode pendidikan dalam perspektif filsafat Barat. Hakikat metode pendidikan Islam tidak hanya terbatas pada teknik penyampaian materi pembelajaran, tetapi juga mencakup aspek-aspek fundamental seperti tujuan, kurikulum, pendekatan, dan nilai-nilai yang mendasarinya. Metode pendidikan Islam bersumber dari Al-Quran dan Sunnah Karakteristiknya antara lain menghargai fitrah manusia, mempertimbangkan perbedaan individual, menekankan akhlak dan nilai-nilai spiritual, serta memadukan ilmu dan amal. Tujuan utama metode pendidikan Islam adalah membentuk insan kamil dengan kesempurnaan iman, ilmu, dan akhlak, serta mengembangkan potensi jasmani dan rohani peserta didik secara menyeluruh agar mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
Kata kunci: Metode, Pendidikan Islam, Filsafat
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Addin Abdillah, Usiono Usiono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.