Menganalisis Hakikat Metode Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat

Authors

  • Addin Abdillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Usiono Usiono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1391

Keywords:

Metode, Pendidikan Islam, Filsafat

Abstract

Metode pendidikan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam memiliki karakteristik dan dasar yang khas, berbeda dengan metode pendidikan dalam perspektif filsafat Barat. Hakikat metode pendidikan Islam tidak hanya terbatas pada teknik penyampaian materi pembelajaran, tetapi juga mencakup aspek-aspek fundamental seperti tujuan, kurikulum, pendekatan, dan nilai-nilai yang mendasarinya. Metode pendidikan Islam bersumber dari Al-Quran dan Sunnah Karakteristiknya antara lain menghargai fitrah manusia, mempertimbangkan perbedaan individual, menekankan akhlak dan nilai-nilai spiritual, serta memadukan ilmu dan amal. Tujuan utama metode pendidikan Islam adalah membentuk insan kamil dengan kesempurnaan iman, ilmu, dan akhlak, serta mengembangkan potensi jasmani dan rohani peserta didik secara menyeluruh agar mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Kata kunci: Metode, Pendidikan Islam, Filsafat

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Addin Abdillah, and Usiono Usiono. 2025. “Menganalisis Hakikat Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):744-53. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1391.

Issue

Section

Articles