Persepsi Guru Akidah Akhlak Pada Keterampilan Abad 21 Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember

Authors

  • Nurul Maidah Universitas Al-Falah As-Sunniyah
  • Nur Jannah Universitas Al-Falah As-Sunniyah

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1397

Abstract

Penelitian ini menyoroti urgensi keterampilan abad 21 pada pembelajaran Akidah Akhlak, sebab keterampilan tersebut mencakup kompetensi yang sangat dibutuhkan pada zaman modern. Namun, realitanya masih banyak guru Akidah Akhlak yang belum menerapkan keterampilan abad 21. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi digunakan untuk mengungkapkan fakta tentang persepsi guru Akidah Akhlak dalam memahami dan menerapkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi pada pembelajaran Akidah Akhlak. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi persepsi guru terkait keterampilan abad 21 dalam konteks pembelajaran Akidah  Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember memahami  urgensi   keterampilan   abad   21, tetapi dalam penerapannya masih belum optimal. Temuan ini dihasilkan dari analisis data primer melalui wawancara dan data sekunder dari literatur tepercaya. Keterampilan abad 21 sangat penting diintegrasikan dalam pendidikan karena transformasi pendidikan merupakan kebutuhan mendesak untuk menghindari risiko tertinggalnya generasi mendatang dalam menghadapi tantangan global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, M. A. (2022). Rahmah El Yunusiyah: Konsep Pendidikan Agama Islam dan Relevansinya di Abad-21. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 21(2), 99–112.

Annisa Suseno Putri, M. H. M. N. U. (2022). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membangun Peserta Didik Yang Berakhlakul Karimah di Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(September), 83–92.

Arianti, N., & Pramudita, D. A. (2022). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Melalui Kerangka Community of Inquiry Dengan Model Think Pair Share. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 14(1), 65. https://doi.org/10.26418/jvip.v14i1.50290

Danu Eko Agustinovaa, Sariyatun, Leo Agung Sutimin, H. P. (2022). Urgensi Keterampilan 4C Abad ke-21 dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 19(8.5.2017), 2003–2005. Retrieved from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Dr. J.R. Raco, M.E., M.S. (2010) “METODE PENELlTlAN KUALlTATlF JENIS, KARAKTERISTIK, DAN KEUNGGULANNYA,” PT Grasindo, hal. 146. Retrieved from https://osf.io/mfzuj/.

Efendi, P. M. (2023). Keterampilan Abad 21 Kaitannya Dengan Karakteristik Masyarakat di Era Abad 21. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(1), 78. https://doi.org/10.33603/caruban.v6i1.8009

Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120

Ersa, O., & Pradana, H. D. (2023). Pengaruh Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Xi Di Smkn 8 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 13(2), 1–8. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/52998

FA’IZAH, A. N., Nugraha, A., & ... (2023). Strategi Pengembangan Keterampilan Abad 21 Anak Usia 4-5 Tahun: Analisis Bibliometrik Tahun (2016-2023). … Journal of Islamic …, 04(1), 15–23. Retrieved from https://mail.e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/article/view/7976

Fahmi, A. N., Pendidikan, P. T., Negeri, U., Maret, S., Videoscribe, S., Info, A., & Videoscribe, S. (2020). edagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. 2, 17(03), 229–238.

Farida, N. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Buku Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Bahasa, 1(1), 305.

Fikriansyah, Rini Setiawati, Ma. G. N. (2023). Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2(1), 73–90.

FITRI NURYANI. (2023). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM-BANDA ACEH 2023 M / 1444 H.

Hadinugrahaningsih, T., Yuli Rahmawati, Ms., Ridwan, A., Arie Budiningsih, Ms., Elma Suryani, Mp., & Annisa Nurlitiani Cinthia Fatimah, Mp. (2017). PEMBELAJARAN KIMIA.

Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(Kartimi), 139–145. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412/25445

Hamsina, S., & Bahri, A. (2023). Menumbuhkan Keterampilan Berkomunikasi Abad 21 Dengan Menggunakan Model Talking Chip Kantong Ajaib Doraemon Di MTs Negeri Barru Developing 21st Century Communication Skills Using Doraemon ’ s Magic Pocket Talking Chip Model at MTs Negeri Barru, 164–180.

Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., … Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.

Hanipah, S., Jalan, A. :, Mopah, K., & Merauke, L. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 264–275.

Harahap, M. R., Hasibuan, D., & Husna, M. (2022). Problematika Pembelajaran Aqidah Akhlak Masa Pandemi Civid-19 di MTs Alwashliyah Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 7–14.

Hermawan, B., Endang, L., & Apriana, M. (2020). Peran Media PPT untuk Peningkatan Minat Belajar dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin (The Role of PowerPoint media towards the students ’ interest and competence in Chinese Vocabulary Learning). Jurnal Penelitian Pendidikan, 20, 183–191.

Hidayatullah, Z., Wilujeng, I., Nurhasanah, N., Gusemanto, T. G., & Makhrus, M. (2021). Synthesis of the 21st Century Skills (4C) Based Physics Education Research In Indonesia. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(1), 88. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889

Iryana, & Kawasati, R. (2018). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. The Lancet Medical Journal, 21(58), 99–104. Retrieved from https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manual-european-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989

Jannah, M. (2020). Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.326

Jiwandono, N. R. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Mahasiswa Semester 4 (Empat) Pada Mata Kuliah Psikolinguistik. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.351

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Kafi, L., & Ritonga, A. A. (2023). Keterampilan Dasar Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 576–585. Retrieved from https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.573.

Karmi, N. N. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematikan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2), 89–96. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30190

Kumalasani, M. P., & Kusumaningtyas, D. I. (2022). Keterampilan Abad 21 Dalam Model - Model Pembelajaran Berpendekatan STEAM Pada RPP Tematik SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(1), 74–81.

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Mardhiyah, R. H., Chitta, S. N. F. A. F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193.

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187

Maulidia, L., Nafaridah, T., Ahmad, Ratumbuysang. Monry FN, & Sari, E. M. (2023). Analisis Keterampilan Abad Ke 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Bajarsari. SeminarNasional (PROSPEK II), (Prospek Ii), 127–133.

Nafia, A. I. (2019). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(1), 51–69. https://doi.org/10.33369/mapen.v13i1.7245

Nengsih, S. (2023). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Vii Dan Viii Di Smp N 1 2x11 Enam Lingkung, 2(1).

Noptario, N., Rizki, N., Nur’aini, N., & Ningrum, E. C. (2024). Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka: Upaya Penguatan Keterampilan Abad 21 Siswa di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 656–663. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.813

Nurbaity Indah Lestari, Resi Putri Naulia, M. R. (2021). Kualitas tidur anak usia sekolah dalam penggunaan gadget. Indonesian Journal of Nursing Scientific, 1(1), 28–35.

NURIYANI, N., MELATI, H. A., & HADI, L. (2021). Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di Sma Islam Bawari Pontianak. EduChem, 1(2), 13–23. https://doi.org/10.26418/educhem.v1i2.40481

Nurul Jannah Ramadhanty, Iswantir Iswantir, Wedra Aprison, & Arifmiboy Arifmiboy. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MtsS Miftahul Huda Desa Silikuan Hulu Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 21–35. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i2.1386

Oktari, D., Salamah, I. S., Ayuning, R. P., & Windayana, H. (2022). Persepsi Mahasiswa dalam Menghadapi Abad Ke-21. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 222–229. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.207

Partnership for 21 st Century Skills. (2015). Partnership for 21St Century Skills-Core Content Integration. Ohio Department of Education, 1. Retrieved from www.P21.org.

Patimah, L. (2017). REDESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN ABAD 21. Phi Delta Kappa Educational Foundation, 3(2), 385. Retrieved from http://www.worldcat.org/oclc/32448137

Pratama, A. R., Iswandi, I., Saputra, A., Hasan, R. H., & Arifmiboy. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 16–28.

Ramadhan, H. N., & Pujiriyanto, P. (2020). Pengelolaan pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Kota Magelang. Epistema, 1(1), 39–50. https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32324

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Sari, A. N., Kurniawan, B., & Nursholeh, A. (2022). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Kelas VII MTs Buluspesantren. Jurnal Tarbi, 1(2), 147–155. Retrieved from https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Tarbi/article/view/449/472

Sibuae, P., Albina, M., & Nasution, A. F. (2023). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Mewujudkan Pembelajaran Inovatif di Sekolah/Madrsah. Penerbit K-Media. Retrieved from kmedia.cv@gmail.com

Sudirman Santih Anggereni, Silalahi, N. L. P. M. M. E. K., Fitrian, A., Hidayat, H. T. S. R. H. B. P. N. N. A., Wirda, M. S., & Karim, N. S. (2017). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA BERBAGAI BIDANG ILMU PENGETAHUAN. CV. MEDIA SAINS INDONESIA (Vol. 4).

Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10184

Supriatna, N. (2019). Pengembangan Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(2), 73. https://doi.org/10.17509/historia.v2i2.16629

Syarifudin, S., & Iskandar, M. R. (2022). Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Karakter Siswa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1104–1110. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4560

Tarbiyah, S. (2021). Shautut Tarbiyah, Volume 27 Nomor 2, November 2021, 27(November), 160–184.

Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68

Virmayanti, K. N., Suastra, W. I., & Suma, Ketut, I. (2023). Inovasi dan Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21. Urnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 515–527.

Zulfitri, H., Setiawati, N. P., & Ismaini. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. LINGUA, Jurnal Bahasa & Sastra, 19(2), 130–136.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Nurul Maidah, and Nur Jannah. 2024. “Persepsi Guru Akidah Akhlak Pada Keterampilan Abad 21 Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):742-59. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1397.

Issue

Section

Articles