Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1402Keywords:
Implementasi Kebijakan, Gerakan Literasi, Sekolah DasarAbstract
Implementasi kebijakan gerakan literasi di sekolah dasar merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa sejak usia dini. Gerakan literasi bertujuan untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis di kalangan siswa, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini mengeksplorasi berbagai aspek implementasi kebijakan gerakan literasi di sekolah dasar, termasuk metode yang digunakan, tantangan yang dihadapi, dan dampak yang dihasilkan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen kebijakan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan literasi di sekolah dasar melibatkan berbagai kegiatan seperti pembiasaan membaca harian, pengembangan perpustakaan sekolah, dan pelaksanaan lomba literasi. Namun, implementasi tersebut masih menghadapi sejumlah tantangan, antara lain kurangnya sumber daya pendukung seperti buku bacaan yang memadai, keterbatasan waktu dalam kurikulum, dan minimnya pelatihan guru mengenai metode pengajaran literasi yang efektif. Meskipun demikian, gerakan literasi menunjukkan dampak positif terhadap minat baca siswa dan keterampilan literasi dasar mereka. Siswa yang terlibat dalam kegiatan literasi secara rutin menunjukkan peningkatan dalam kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis. Untuk meningkatkan efektivitas kebijakan ini, diperlukan dukungan yang lebih kuat dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, sekolah, dan masyarakat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan implementasi gerakan literasi di sekolah dasar sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sumber daya, komitmen dari pihak sekolah, serta partisipasi aktif dari seluruh komunitas pendidikan. Diharapkan temuan ini dapat menjadi acuan bagi pengambil kebijakan dalam merancang strategi yang lebih komprehensif untuk mengoptimalkan gerakan literasi di sekolah dasar.
Downloads
References
Artia, Wibowo, A. D., Hayu, C., Amalia, S., Islami, Z. N. Al, & Marini, A. (2023). Peran Literasi Sosial Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(2), 1–23.
Chomsum, A. (2020). Transformasi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1. https://kumparan.com/aan-herdian89/transformasi-pendidikan-di-eradigital-1zG74Ilpzc4/4
Dwi Aryani, W., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan
Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2),
–82. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2682
Jusmirad, M., Angraeini, D., Faturrahman, M., Syukur, M., & Arifin, I. (2023). Implementasi Literasi Dan Numerasi Pada Program MBKM Dan Dampaknya Terhadap Siswa SMP Datuk Ribandang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 303–310. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1687
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Afuw mujri. 2019. “Hubungan Guru Dan Murid Dalam Lingkungan Sekolah” 1, no. 2 (February): 1–
Fatihatul Munazillah Anis. 2021. “OPTIMALISASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR MENUJU INDOESIA EMAS 2045,” 1–10.
Hafizd, Nurlaila. 2018. “PERANAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CIVIC KNOWLEDGE DI SMP NEGERI 2 METRO.
Luthfi Fakhru Ahsani, Eva, Nahdlotun Ni, Lailatul Rifqiyani, Putri Rahmawati, Rikzatul Auliya Institut Agama Islam Negeri Kudus Jl Gondang Manis No, Kec Bae, Kabupaten Kudus, and Jawa Tengah. 2021. “Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan PERAN GURU DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER
SISWA DI SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR (SIKL).” Jurnal Eduscience 6: 71.
Purwo, Suciati. N.d. “PERAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF DI SEKOLAH DASAR.”
Rosdiana, Firda, and N Fathurrohman. N.d. “Peran Kepala Sekolah Alam Mengembangkan Budaya Literasi Di SDN Curug 1.”
Darmiany, D., Karma, I. N., Husniati, H., & Nurmawanti, I. (2023). Pendampingan Kolaborasi Guru
Dan Orangtua Berbasis Expriential Learning Mengatasi Permasalahan Siswa Sdn 22 Mataram.
SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1336. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.13375
Hernawati, H., & Kurniasih, I. (2021). Pentingnya Kolaborasi Antara Guru Dan Orang Tua Siswa Serta Masyarakat Pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 2(2), 119–128. https://doi.org/10.47281/fas.v2i2.36
Nurfadhillah, S., Cahyati, S. Y., Farawansya, S. A., & Salsabila, A. (2022). Peran Tenaga Pendidik dan Orang Tua serta Masyarakat dalam Pendidikan Inklusi (Bimbingan dalam Pendidikan Inklusi). Tsaqofah, 2(6), 653–651. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i6.639
Robingatin, R., & Khadijah, K. (2019). Kemitraan Orangtua dan Masyarakat Dalam Program Pendidikan Anak Usia dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 35–57. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4621
Rochanah, R. (2017). Peranan Keluarga Sekolah Dan Masyarakat Dalam Menunjang Pembelajaran
Yang Efektif. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1981
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Fadli Lubis, Putri Nadira Sandra, Rana Khairiyah, Rosita Dongoran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.