Pendekatan Kontruktivistik Pembelajaran Pendidikan Islam Terhadap Pencegahan Pergaulan Bebas di MAN Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1406Keywords:
Pendekatan Kontruktivistik, Pendidikan Islam, Pergaulan BebasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian pendekatan psikologis, pengertian pergaulan bebas, apa saja fenomena pergaulan bebas, kemudian bagaimana implementasi metode konstruktivistik pembelajaran Pendidikan islam, dan upaya sekolah MAN Sidoarjo dalam pencegahan pergaulan bebas. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisinya dan cara menanggulanginya. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif, kutipan tertulis dari dokumen catatan lapangan, gambar, observasi tertulis, wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Sedangkan subjek penelitiannya berfokus pada guru PAI. Data untuk penelitian ini juga dikumpulkan melalui penggunaan berbagai sumber literatur yang relevan, seperti buku teks cetak dan digital, publikasi ilmiah, dan eBook. Untuk membantu siswa menginternalisasikan nilai-nilai Islam dengan lebih baik, Pendidikan Agama Islam perlu mencakup pendekatan konstruktivistik dimana siswa didorong untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan pengetahuannya sendiri tentang agama. Pergaulan bebas merupakan masalah sosial utama yang mempunyai dampak luas terhadap kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial masyarakat, khususnya bagi generasi muda Sekolah MAN Sidoarjo menerapkan berbagai strategi preventif, seperti kultum, mendirikan pondok pesantren dan pembelajaran islam dengan metode konstruktivistik.
Downloads
References
Arini, A., & Umami, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Konstruktivistik dan Sosiokultural. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 104–114. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.845
Atika, Y., & Lestari, R. A. (2023). Implementasi Teori Konstruktivistik Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Di SDUA Taman Harapan Curup). Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(1), 212–228.
Bisma, reindra prasista, & Hadi, effed darta. (2024). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Sarjanawiyata Tamansiswa Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 168–184. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.5030
E-issn, V. N. P., & Deli, B. K. (2024). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. 6, 30–44. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.230
Fahham, A. M. (2012). Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Afeksi di Kota Yogyakarta. Aspirasi, 3(1), 49–58. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/255/196
Fatimah, F. S. (2019). Implementasi Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 23 Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/11317/1/SKRIPSI 2.pdf
Hatini, I. P. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Konstruktivistik Pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Babatagung Deket Lamongan. Akademika, 10(2), 204–218. https://doi.org/10.30736/akademika.v10i2.19
Iyang Ebi Novita , Muzakkir, M. R. (2020). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 22 Gowa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 1–46. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jtw.v5i02.3262
Iyang Ebi Novita 1, Muzakkir 2, M. R. (2014). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 22 Gowa Implementation of Constructivism Learning Theory in Learning Islamic Religious Education in Public High School 22 Gowa. Lincolin Arsyad, 3(2), 1–46. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127
Kasingku, J. D., & Sanger, A. H. F. (2023). Peran Pendidikan Agama Dalam Membentengi Remaja dari Pergaulan Bebas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2114–2122.
Kurniawan, W. Y. (2021). Implementasi Teori Belajar Konstruktivistik Jerome Bruner dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Islamika, 3(1), 21–37. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.917
Maisaroh, R. (2022). Peran Sekolah Dan Orang Tua Dalam Menghindari Pergaulan Bebas Terhadap Anak Usia Remaja Di Sma Negeri 3 Kota Tanjung Balai, Prodi Pendidikan Pancasila …. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18400
Masyarakat, J. P. (2022). the Role of Education in Avoiding Free Association of Teenage Children in Gunung Rintih Village Dusun Viii. Pengabdian Masyarakat, 1(2), 54–60.
Prastowo, A. (2014). Pembelajaran Konstruktivisme-Scentivic Untuk Pendidikan Agama Di Sekolah/Madrasah Teori Aplikasi Dan Riset Teknik. Rajawali Press.
Sa’adah, F., & Azizah, D. D. (2021). Aplikasi Hakikat Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. An-Nuha, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i1.5
Subhan, & Firia Ningsih. (2020). Penerapan Pendekatan Konstruktivistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas X SMA Al-Maarif Kota Bima. Jurnal Pendidikan Ips, 10(1), 39–52. https://doi.org/10.37630/jpi.v10i1.374
Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070–2080. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.666
Wardoyo, E. H. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Di Lingkungan Sekolah Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Anak. Sumbula, 4(1), 98.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fathur Rohman, Abdul Muqit, Amalia Kholisha Nashihi, Mas’ady Ashabul Kahfi, Izzah fridatul kamilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.