Pendekatan Kontruktivistik Pembelajaran Pendidikan Islam Terhadap Pencegahan Pergaulan Bebas di MAN Sidoarjo

Authors

  • Fathur Rohman UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Muqit UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Amalia Kholisha Nashihi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mas’ady Ashabul Kahfi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Izzah fridatul kamilah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1406

Keywords:

Pendekatan Kontruktivistik, Pendidikan Islam, Pergaulan Bebas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian pendekatan psikologis, pengertian pergaulan bebas, apa saja fenomena pergaulan bebas, kemudian bagaimana implementasi metode konstruktivistik pembelajaran Pendidikan islam, dan upaya sekolah MAN Sidoarjo dalam pencegahan pergaulan bebas. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisinya dan cara menanggulanginya. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif, kutipan tertulis dari dokumen catatan lapangan, gambar, observasi tertulis, wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Sedangkan subjek penelitiannya berfokus pada guru PAI. Data untuk penelitian ini juga dikumpulkan melalui penggunaan berbagai sumber literatur yang relevan, seperti buku teks cetak dan digital, publikasi ilmiah, dan eBook. Untuk membantu siswa menginternalisasikan nilai-nilai Islam dengan lebih baik, Pendidikan Agama Islam perlu mencakup pendekatan konstruktivistik dimana siswa didorong untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan pengetahuannya sendiri tentang agama. Pergaulan bebas merupakan masalah sosial utama yang mempunyai dampak luas terhadap kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial masyarakat, khususnya bagi generasi muda Sekolah MAN Sidoarjo menerapkan berbagai strategi preventif, seperti kultum, mendirikan pondok pesantren dan pembelajaran islam dengan metode konstruktivistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, A., & Umami, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Konstruktivistik dan Sosiokultural. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 104–114. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.845

Atika, Y., & Lestari, R. A. (2023). Implementasi Teori Konstruktivistik Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Di SDUA Taman Harapan Curup). Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(1), 212–228.

Bisma, reindra prasista, & Hadi, effed darta. (2024). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Sarjanawiyata Tamansiswa Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 168–184. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.5030

E-issn, V. N. P., & Deli, B. K. (2024). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. 6, 30–44. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.230

Fahham, A. M. (2012). Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Afeksi di Kota Yogyakarta. Aspirasi, 3(1), 49–58. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/255/196

Fatimah, F. S. (2019). Implementasi Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 23 Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/11317/1/SKRIPSI 2.pdf

Hatini, I. P. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Konstruktivistik Pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Babatagung Deket Lamongan. Akademika, 10(2), 204–218. https://doi.org/10.30736/akademika.v10i2.19

Iyang Ebi Novita , Muzakkir, M. R. (2020). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 22 Gowa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 1–46. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jtw.v5i02.3262

Iyang Ebi Novita 1, Muzakkir 2, M. R. (2014). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 22 Gowa Implementation of Constructivism Learning Theory in Learning Islamic Religious Education in Public High School 22 Gowa. Lincolin Arsyad, 3(2), 1–46. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127

Kasingku, J. D., & Sanger, A. H. F. (2023). Peran Pendidikan Agama Dalam Membentengi Remaja dari Pergaulan Bebas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2114–2122.

Kurniawan, W. Y. (2021). Implementasi Teori Belajar Konstruktivistik Jerome Bruner dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Islamika, 3(1), 21–37. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.917

Maisaroh, R. (2022). Peran Sekolah Dan Orang Tua Dalam Menghindari Pergaulan Bebas Terhadap Anak Usia Remaja Di Sma Negeri 3 Kota Tanjung Balai, Prodi Pendidikan Pancasila …. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18400

Masyarakat, J. P. (2022). the Role of Education in Avoiding Free Association of Teenage Children in Gunung Rintih Village Dusun Viii. Pengabdian Masyarakat, 1(2), 54–60.

Prastowo, A. (2014). Pembelajaran Konstruktivisme-Scentivic Untuk Pendidikan Agama Di Sekolah/Madrasah Teori Aplikasi Dan Riset Teknik. Rajawali Press.

Sa’adah, F., & Azizah, D. D. (2021). Aplikasi Hakikat Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. An-Nuha, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i1.5

Subhan, & Firia Ningsih. (2020). Penerapan Pendekatan Konstruktivistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas X SMA Al-Maarif Kota Bima. Jurnal Pendidikan Ips, 10(1), 39–52. https://doi.org/10.37630/jpi.v10i1.374

Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070–2080. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.666

Wardoyo, E. H. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Di Lingkungan Sekolah Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Anak. Sumbula, 4(1), 98.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Fathur Rohman, Abdul Muqit, Amalia Kholisha Nashihi, Mas’ady Ashabul Kahfi, and Izzah fridatul kamilah. 2025. “Pendekatan Kontruktivistik Pembelajaran Pendidikan Islam Terhadap Pencegahan Pergaulan Bebas Di MAN Sidoarjo”. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (2):883-95. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1406.

Issue

Section

Articles