Pengembangan Program Bimbingan Pendisiplinan Berbahasa Asing Pondok Pesantren Modern Tingkat Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.1413Keywords:
Bahasa Asing, Program Bimbingan, Pendisiplinan, Pondok PesantrenAbstract
Pendisiplinan santri dalam program bahasa di pondok pesantren merupakan langkah serius lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas santri dalam berbahasa asing. Program yang terukur, terkonsep dan dilakukan sesuai dengan prosedur dapat membantu pengembangan kualitas bahasa santri di pondok pesantren berjalan dengan baik. Permasalahan proses belajar bahasa asing menjadi bagian dinamika yang dihadapi pondok pesantren, maka itu, penelitian yang dilakukan diharapkan menjadi bagian untuk menysukseskan program bahasa asing di pondok pesantren. metode dalam kajian penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D), sebuah metode penelitian dan cara ilmiah untuk meneliti, merancang, memproduksi dan menguji validasi produk yang telah dihasilkan. Penelitian ini biasa dikenal dengan 4P (Penelitian, Perancangan, Produksi dan Pengujian). Dari hasil penelitian berdasarkan analisis kebutuhan lapangan serta analisis program Program berbahasa asing di Pesantren Tarbiyatul Huda dan Program berbahasa asing Nurul Iman Al-Hasanah. Program dua Program berbahasa asing tersebut masih umum dan masih ada komponen yang belum masuk seperti pengelompokkan kelas, struktur kurikulum. Desain program ini melalui beberapa tahapan diantaranya; mengembangkan analisis kebutuhan program dan lapangan yang sudah diisi oleh responden, memvalidasi program yang sudah dibuat dengan cara menyebar program kepada ahli bahasa asing, mengimplementasikan program yang sudah divalidasi kepada pengguna.
Downloads
References
Abdullah, u. S. (2022). Pengaruh budaya organisasi dan kinerja guru terhadap ketercapaian kompetensi bahasa arab santri di pmdg (pondok modern darussalam gontor) kampus 7 kalianda lampung selatan tahun ajaran 2020–2021. Uin raden intan lampung.
Afif, M. (2019). Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Baca Kitab di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyiâ€TM in: artikel. KABILAH: Journal of Social Community, 4(2), 34–43.
alizar Mahfud, M., Mulyanto, T., & Mufidah, N. (2023). Manajemen Kegiatan Bahasa Arab Di Pondok Modern Daarul Abroor Banyuasin Sumatera Selatan. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 6(1), 61–78.
AMAT, Z. M. (2024). Model Manajemen Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Sd Al Kautsar. Universitas Lampung.
Ameliya, R., Namo, R., Amira, U. A., Ramadhina, W., & Yusniah, Y. (2024). Pentingnya Kemampuan Menguasai Bahasa Inggris bagi Calon Pustakawan Indonesia dalam Meningkatkan dan Mempertahankan Profesi di Era Digital. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 503–515.
Amirudin, M. Z. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Pada Pondok Pesantren di Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Anggriani, R. (2024). Pengelolaan Lembaga Pendidikan Nonformal Dalam Penguatan Hafalan Al-Quran Santri Di Yayasan Ruhama Tanjung Selamat Aceh Besar. UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Ansori, M. (2020). Dimensi HAM dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Iaifa Press.
Asmuni, M. P. (2024). Manajemen Pembelajaran Full Day School Pada Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Uwais Inspirasi Indonesia.
Daniyarti, W. D., Mapata, M., Suyitno, S., Hermania, B., Krisantus Minggu, K., Joko, S., Tamsik, U., Aan, A., Siskha Putri, S., & RB Singgih, S. (n.d.). Pendidikan Karakter Konsep, Model, Desain, dan Strategi Membentuk Kepribadian Anak.
Fadhillah, D. (2022). Aspek Pembelajaran Bahasa Indonesia. CV Jejak (Jejak Publisher).
Farahdiba, S. N. (2016). Implementasi Disiplin Berbahasa Arab dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Maharah Al-Kalam Di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing Nurul Jadid Paiton Probolinggo Periode 2015/2016. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Firdaus, A. N., Marshella, F., Maskud, M., & Rosyid, A. (2024). Analisis Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember. Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 6(1), 197–209.
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54.
Fitriani, F., & Hasbullah, H. (2023). Manajemen Unit Bahasa Asing (UNIBA) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing Santri di Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Bone. JURNAL MAPPESONA, 6(2), 90–99.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 1(1), 28–42.
Harlan, A. P., & Hikmah, K. (2022). Effectiveness of Flashcard Media on the Increase of Vocabulary at School. Academia Open, 6, 10–21070.
Hidayah, H. W. (n.d.). Model Integrasi Kurikulum (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Modern Darel Azhar). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hidayah, N. (2022). Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Swasta Berbasis Moderasi Beragama. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).
Hidayatullah, A. (2023). Komunikasi Asertif Pengurus dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Darussalam Mekar Agung Kebonsari Madiun. IAIN Ponorogo.
Hifasoh, F., Jamrizal, J., Mahmud, M. Y., & Diprata, A. W. (2023). Strategi Guru Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing Santri di Pondok Pesantren M. Thoha Al-Fasyni Dusun Sungai Gurun Kabupaten Bungo. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1), 9–20.
Jamaalul Insan, M., & Jinan, M. (2019). Pembinaan Keterampilan Berbahasa Asing Santri Di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jubaidah, S. (2015). Pembelajaran Dan Pemerolehan Bahasa Arab Di Pondok Modern Gontor Di Darul Maâ€Tm Rifat Gurah Kediri Jatim. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 27(2), 178–186.
Kasbani, K. (2023). Manajemen Kepemimpinan Santri di Pondok Pesantren Islam Al Iman Muntilan. Prosiding University Research Colloquium, 63–72.
Khofidotun, M. (2024). Upaya Pendidik Dalam Pemmbinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Darussalam Pekon Argomulyo Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Uin Raden Intan Lampung.
Khoirudin, A., Khoiri, N., Fahreza, R. B., & Nisa, I. F. (2023). Manajemen Sekolah di Era Society 5.0 dalam Meningkatkan Kualitas dan Produktivitas Sumber Daya Manusia. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 222–240.
Khotimah, I., Camalia, I., Kultsum, U., & Qomariah, Q. (2024). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab di Wilayah Al Mawaddah Pondok Pesantren Nurul Jadid. JICALLS: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature Studies, 2(1), 22–34.
Khumaini, M. (2022). Urgensi Bahasa Arab Dalam Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar Dan Menengah Sebagai Bahasa Asing Pilihan Pada Era Society 5.0. Al-TARQIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 1–15.
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Kumala, A. D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Tutor Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Santri Program Pengembangan Bahasa Asing Dipondok Pesantren Ngalah. Universitas Yudharta.
Kurniawan, M. N., & Syahrani, S. (2021). Pengadministrasi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan. Adiba: Journal of Education, 1(1), 69–78.
Lubis, F. K. (2021). Pengaruh Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Tebing Tinggi.
Lukum, A., Suking, A., Paramata, N. R., Achmad, N., & Djafar, N. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia.
Mahatika, A., & Jamilus, J. (2022). Budaya Organisasi Dalam Membangun Kemandirian Pondok Pesantren Modern. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 7(2), 105–116.
Salam, N., Mustain, K., Prasetyo, H., Purwaningsih, H., & Widowati, T. (2020). Bimbingan Dan Pelatihan Bahasa Inggris Dengan Metode Pembelajaran Communicative Approach Bagi Santri Tpa Al-Amien–Tidar Permai–Karangbesuki–Sukun–Kodya Malang. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 7(2), 7.
Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & Aprilianto, A. (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences Di Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–42.
Syamsu, P. K. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 18–40.
Yanti, N., & Nursyamsi, N. (2020). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional: Telaah Mengenai UU NO. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP NO. 55 tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Mau’izhah, 10(1), 139–170.
Riana, W. (2023). Analisis Program Bilingual Arab Inggris Dalam Menunjang Kemampuan Maharatul Kalam Santri “(Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Anwar Petanang).” Universitas Jambi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andri Noer Zaelani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.