IMPLICATIONS OF FIKIR AND ZIKIR CONCEPT IN ISLAMIC EDUCATION

Authors

  • Shalahudin Ismail UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i2.145

Keywords:

Implications, Thinking, Dhikr

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji mengenai implikasi konsep fikir dan dzikir dalam pendidikan Islam dengan menggunakan metode kepustakaan atau library research, yakni penelitian yang dilakukan melalui pengumpulan data atau karya tulis ilmiah dengan objek penelitian atau pengumpulan data bersifat kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan merupakan fitrah manusia yang harus dipenuhi. Karena sebagai fitrah, pendidikan harus senantiasa disesuaikan dengan fitrah kemanusiaan yang hakiki yakni menyangkut aspek material dan spiritual, aspek keilmuan sekaligus moral, aspek duniawi sekaligus ukhrawi. Pendidikan, diharapkan dapat merubah tingkah laku peserta didik, menambah pengetahuan peserta didik dengan menyalurkan atau mentrasnfer konsep ilmu pengetahuan serta mampu meningkatkan budi pekerti yang baik. Pendek kata, pendidikan Islam harus mampu mencetak pribadi Muslim ideal sebagai ‘abdullah sekaligus khalifatullah. Manusia mempunyai kewajiban untuk beribadah dan menjalankan apa yang diperintahkan Tuhan dan meninggalkan segala larangan-Nya. Manusia juga berkewajiban menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang memang disediakan untuk kepentingan manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-03

How to Cite

Ismail, Shalahudin. 2020. “IMPLICATIONS OF FIKIR AND ZIKIR CONCEPT IN ISLAMIC EDUCATION”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 6 (2):319-32. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i2.145.