Studi Literature Review Implementasi Kurikulum Belajar Merdeka Di Kota Banjarmasin

Authors

  • Syahruddin Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1492

Keywords:

Kurikulum Merdeka Belajar, Manajemen Kurikulum, Pelaksanaan Kurikulum, Kurikulum Pendidikan, Literature Review

Abstract

Kurikulum pendidikan di Indonesia mengalami banyak perubahan hingga saat ini kurikulum pendidikan yang diterapkan adalah Kurikulum Merdeka Belajar. Berbagai penelitian telah mengungkapkan tentang pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar mengungkapkan bahwa dalam pelaksanannya terdapat beberapa hambatan dan juga tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kurikulum Merdeka Belajar sudah benar-benar diterapkan di sekolah-sekolah di Kota Banjarmasin atau belum, jika dilaksanakan peneliti dapat melakukan review apakah terdapat hambatan dan tantangan serta sistem manajemen kurikulum sekolah melalui studi literature review. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi literature review, yang mana literature review merupakan serangkaian metode kegiatan mengenai mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan dalam penelitian. Adapun jurnal artikel ilmiah yang ditemukan dan menjadi referensi relevan pada penelitian kali ini berjumlah 10 jurnal artikel ilmiah. Hasil review terhadap 10 jurnal artikel ilmiah tentang implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah-sekolah di kota Banjarmasin diantaranya lokasi penelitian paling banyak di SMA dan SMK yaitu sebanyak 7 jurnal artikel ilmiah dan 3 jurnal artikel ilmiah lainnya berlokasi penelitian di SMP dan Madrasah Ibtidaiyah. Dari 10 jurnal artikel ilmiah di atas, diketahui bahwa tidak semua sekolah di kota Banjarmasin sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar yaitu 2 jurnal artikel ilmiah. Adapun dari 10 jurnal artikel ilmiah terdapat 8 jurnal artikel ilmiah yang sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar. Adapun faktor penghambat pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar adalah kurangnya sosialisasi dan bebeapa faktor lainnya. Adapun faktor pendukung adalah persepsi guru yang positif dan juga udkungan dari kesiapan sekolah dan juga adaptasi siswa-siswi yang dapat merealisasikan semua perubahan yang ada di Kurikulum Merdeka Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurliani, dkk. Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Era Digital di SMA Negeri 4 Banjarmasin: Teacher Perceptions in the Implementation of the Independent Learning Curriculum at SMA Negeri 4 Banjarmasin. PROSPEK, 2023; 2(2) : 142-148.

Darman, R., A. Telaah Kurikulum. Guepedia, 2021.

Majir, A. Dasar pengembangan kurikulum. Deepublish, 2017.

Almarisi, A. Kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah dalam perspektif historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 2023; 7(1): 111-117.

Priantini, dkk. Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 2022; 8(2): 238-244.

Hasim, E. Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 2020.

Adilla, U. Analisis Konsep Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 2023; 10(2): 240-262.

Dewi, S., E., K., dkk. Analisis kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. IBTIDA', 2023; 4(1): 41-50.

Alimuddin, J. Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2023; 4(2): 67-75.

Damayan, A., Tri., dkk. Literature Review: Problematika Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. SNHRP, 2023; 5: 465-471.

Fajariah, N. Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka di MI Khadijah Banjarmasin. Sasangga: Journal of Education and Learning, 2023; 1(1): 9-15.

Jannah, R., dkk. Persepsi Guru Bidang Studi IPS di Smp Negeri 27 Banjarmasin Terhadap Kurikulum Merdeka: Teachers' Perceptions of Social Studies at Junior high school 27 Banjarmasin Against the Merdeka Curriculum. PROSPEK; 2023: 2(2): 119-126.

Jabar, A., dkk. Merdeka Curriculum (MC): The Perspective of a Mathematics Teacher at SMPN 6 Banjarmasin. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2023; 5(1): 15-21.

Rahayu, R., dkk. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu 2022; 6(4): 6313–6319.

Wulandari, A., Putri., dkk. Studi Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 8 Banjarmasin. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 2023; 11(2): 305-315.

Ahmad, dkk. Efektivitas Dan Peran Guru Smkn 2 Banjarmasin Dalam Kurikulum Merdeka Belajar: Effectiveness And Role Of Teachers Of Smkn 2 Banjarmasin In The Independent Learning Curriculum. PROSPEK, 2023; 2(2): 104-108.

Maulidia, L., dkk. Analisis Keterampilan Abad Ke 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Banjarmasin: The Analysis of 21st Century Skills Through the Implementation of the Independent Learning Curriculum at SMA Negeri 2 Banjarmasin. Prospek, 2023; 2(2): 127-133.

Hildayati, dkk. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas X-1 SMAN 4 Banjarmasin. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 2023; 3(2): 53-60.

Ananda, S., T., dkk. Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Banjarmasin sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Program PPG Prajabatan: Analysis of P5 Activities at SMA Negeri 4 Banjarmasin as the Application of Differentiated Learning in the Independent Curriculum of the PPG Program. PROSPEK, 2023; 2(2): 171-180.

Amal, I., dkk. Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Penggerak SMAN 5 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2024; 12(2): 315-321.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Syahruddin. 2024. “Studi Literature Review Implementasi Kurikulum Belajar Merdeka Di Kota Banjarmasin”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):770-81. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1492.

Issue

Section

Articles