Implementasi Metode Pembelajaran Tahsin Dan Tahfizh Di Sekolah Dasar Islam Di Banjarmasin

Authors

  • Fahmi Ali Basa Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1493

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran, Tahsin, Tahfizh, Sekolah Dasar Islam

Abstract

Pendidikan Islam adalah suatu sistem yang membimbing kehidupan seseorang sesuai dengan ajaran Islam. Materi yang diajarkan dalam pendidikan Islam salah satunya adalah Al-Quran. Oleh karena itu, pada proses pendidikan Islam dapat diperoleh melalui pembelajaran Tahsin dan Tahfizh Al-Quran kepada peserta didik sebagai bentuk pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran Tahsin dan Tahfizh di Sekolah Dasar Islam di Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun objek penelitian adalah Sekolah Dasar Islam yang ada di kota Banjarmasin yaitu tiga sekolah, SDIT Ukhuwah, SDIT Nurul Fikri dan SDI Sabilal Muhtadin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Tahsin dan Tahfizh di SDIT Ukhuwah yang menerapkan metode pembelajaran Tahsin dan Tahfizh dengan metode Ummi, sedangkan SDIT Nurul Fikri menerapkan metode pembelajaran Tahsin dan Tahfizh dengan metode Ilman Wa Ruuhan (IWR) serta SDI Sabilal Muhtadin menerapkan metode pembelajaran Tahsin menggunakan metode Tilawati dan pembelajaran Tahfizh menggunakan metode Talaqqi. Setiap metode pembelajaran Tahsin dan Tahfizh yang digunakan disetiap sekolah memiliki perencanaan dan pelaksanaan sesuai dengan kurikulum dan target yang sudah ditentukan oleh sekolah masing-masing, sehingga implementasi pembelajaran Tahsin dan Tahfizh di setiap sekolah sudah terlaksana dengan baik sesuai dnegan tujuan utama pelaksanan program dan juga memiliki capaian target yang akan dicapai oleh siswa setelah lulus dari sekolah tersebut yaitu rata-rata target Tahsin adalah siswa lancar membaca Al-Quran di kelas 3 dan target Tahfizh adalah siswa setidaknya hafal 2 juz yaitu juz 29 dan 30 (semua sekolah) dan hafal 3 juz tambahan pada kelas khusus Tahfizh di SDI Sabilal Muhtadin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Syam, M, R., Siti, S, F, M., Rofiliawati, H. Paradigma Pendidikan Islam dalam Pandangan Al-Qur'an. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2023; 2(6): 1168-1182.

Khoiruddin, H., Adjeng, W, K. Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 2020; 5(1): 55-68.

Thahir, M. Kajian Al-Quran Sebagai Sumber Hukum. Al-Fathonah, 2021; 1(1): 215-226.

Putratama, G., Agi, P, K., Lutfi, F. Pengembangan Aplikasi Identifikasi Kesalahan Baca Al-Quran Menggunakan Speech Recognizer dengan Metode Levenstein Distance pada Platform Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2019; 3(4): 3217-3225.

Atifah, L., Pina, P. Pelaksanaan Pelatihan Baca Al-Quran dengan Metode Tahsin di Kampung Sindang Sari. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 2021; 1(61): 109-115.

Anwar, K., Mufti, H. Implementasi metode ODOA (one day one ayat) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2018; 2(2): 181-198.

Raihanah, R. Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Quran Di Mi Integral Al-Ukhuwwah Banjang. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2022; 2(2): 165-174.

Rizalludin, A. Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an. Khazanah Pendidikan Islam, 2019; 1(1): 33-37.

Hambali, Wardatul H. Penguatan Receptive Skills Siswa Melalui Metode Ummi pada Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah, Risalah. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2020; 6(1): 136.

Raihanah. Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Quran di MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang. Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2022; 2(2): 165-174.

Saimima, S., Thati, K. Manajemen Terpadu IWR di MIT As-Salam Ambon. Jurnal 12 WAIHERU, 2023; 9(1): 51-58.

Khoiruddin H., Adjeng W., K. Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal ISEMA, 2020; 5(1): 55-68.

Ash-Syahida, S., N., Mujahid, R., A. Studi Komparasi Metode Talaqqi dan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2020; 4(2): 186-191.

Widyasari, R. Pembelajaran Tahfizul Quran Dengan Metode Talaqqi Pada Santri Kelas I’dadi Di Kuttab Tahfizul Quran Al-Husnayain Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2018.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Fahmi Ali Basa. 2024. “Implementasi Metode Pembelajaran Tahsin Dan Tahfizh Di Sekolah Dasar Islam Di Banjarmasin”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):760-69. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1493.

Issue

Section

Articles