PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE

Authors

  • Rustini Rustini Ssekolah Menengah Atas Negeri 3 Pemalang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.238

Keywords:

Learning outcomes, Inside-Outside Circle

Abstract

Penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, mengetahui bagaimana prestasi belajar peserta didik dengan Strategi pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC), apakah dengan strategi pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan kompetensi dasar.  Hasil penelitian siklus I hasil Hasil Belajar Siklus I pada  aspek pengetahuan baru mencapai 28 peserta didik (77,78%), siklus II meningkat mencapai 32 peserta didik (88,89%), aspek ketrampilan pada Siklus I 24 peserta didik (66,67%) pada Siklus II mencapai 32 peserta didik (88,89%), pada aspek  sikap tuntas lima karakter bangsa 30 peserta didik (83,33%),   pada siklus II aspek  sikap tuntas lima karakter bangsa 33 peserta didik (91,67%). Simpulan hasil penelitian ini adalah: 1)proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Inside – Outside Circle (IOC) dapat dapat diketahui prestasi belajarnya 2) terjadi peningkatan kompetensi dasar; dan 3) terbukti ada kebenaran antara teori yang disampaikan oleh Ahli Ilmu pendidikan dan Permendikbud dengan proses pembelajaran dalam upaya peningkatan Hasil Belajar. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-03-23

How to Cite

Rustini, Rustini. 2022. “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (1):74-86. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.238.