PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.238Keywords:
Learning outcomes, Inside-Outside CircleAbstract
Penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, mengetahui bagaimana prestasi belajar peserta didik dengan Strategi pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC), apakah dengan strategi pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan kompetensi dasar. Hasil penelitian siklus I hasil Hasil Belajar Siklus I pada aspek pengetahuan baru mencapai 28 peserta didik (77,78%), siklus II meningkat mencapai 32 peserta didik (88,89%), aspek ketrampilan pada Siklus I 24 peserta didik (66,67%) pada Siklus II mencapai 32 peserta didik (88,89%), pada aspek sikap tuntas lima karakter bangsa 30 peserta didik (83,33%), pada siklus II aspek sikap tuntas lima karakter bangsa 33 peserta didik (91,67%). Simpulan hasil penelitian ini adalah: 1)proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Inside – Outside Circle (IOC) dapat dapat diketahui prestasi belajarnya 2) terjadi peningkatan kompetensi dasar; dan 3) terbukti ada kebenaran antara teori yang disampaikan oleh Ahli Ilmu pendidikan dan Permendikbud dengan proses pembelajaran dalam upaya peningkatan Hasil Belajar.