Kematangan Emosi Mahasiswa Semester VI Universitas Wiralodra dalam Menghadapi Pra-KKN
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i2.2468Keywords:
Kematangan Emosional, Mahasiswa, Pra-KKNAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat kematangan emosi mahasiswa semester VI dalam menghadapi kegiatan pra-KKN. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui angket terbuka kepada 23 mahasiswa Universitas Wiralodra dan dianalisis secara tematik. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki kesadaran emosional yang baik, mampu mengelola tekanan, menerima kritik, serta beradaptasi terhadap dinamika kelompok. Namun, beberapa responden masih menunjukkan ketidaksiapan menghadapi perubahan dan tekanan psikologis. Kematangan emosi terlihat dipengaruhi oleh pengalaman organisasi, dukungan dosen, dan kesiapan pribadi. Penelitian menyimpulkan bahwa meskipun rata-rata mahasiswa telah menunjukkan kematangan emosi yang cukup baik, pembekalan emosional tetap perlu diperkuat. Rekomendasi diarahkan pada pelatihan regulasi emosi dalam program pra-KKN agar kesiapan emosional mahasiswa lebih optimal.
Downloads
References
Amanda, N. R. (2023). Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Sikap Toleransi Mahasiswa Jurusan PAI IAIN Parepare. IAIN Parepare.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson.
Fitriani. (2021). Pengaruh Metode Bimbingan Konseling terhadap Kematangan Emosi Mahasiswa Baru, Universitas Negeri Semarang. hlm 38.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. New York: Bantam Books.
Handayani. (2020). Hubungan Antara Kematangan Emosi dan Kemampuan Manajemen Stres pada Mahasiswa Tingkat Akhir, Universitas Pendidikan Indonesia. hlm. 56.
Hidayat. (2016). Kematangan Emosi Mahasiswa Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua, Universitas Negeri Yogyakarta. hlm. 49.
Kamel, F., Elazeem, H. A., & Ali, H. (2022). Emotional Maturity and Its Effect on Coping Styles of Academic Stress among Nursing Students. Egyptian Journal of Health Care, 13(1), 65–74.
Krismiati, F. S. (2021). Kecenderungan Depresi Ditinjau dari Kematangan Emosi dan Perasaan Putus Cinta pada Mahasiswa. Lampung: Institut Teknologi Sumatera.
Kurniawan. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Kematangan Emosi Mahasiswa, Universitas Airlangga. hlm. 60.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Sage Publications.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Monika. (2018). A Study of Emotional Maturity of College Going Students. Review of Research, 7(4), 1–5.
Mulyani. (2018). Peran Dukungan Sosial Teman Sebaya dalam Meningkatkan Kematangan Emosi Mahasiswa, Universitas Negeri Malang. hlm. 44.
Neuman, W. L. (2011). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Boston: Pearson.
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human Development (10th ed.). New York: McGraw-Hill.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani. (2019). Kematangan Emosi dan Hubungannya dengan Prestasi Akademik Mahasiswa, Universitas Islam Negeri Jakarta. hlm 72.
Widiastuti. (2017). Penerapan Mindfulness Training untuk Meningkatkan Kematangan Emosi Mahasiswa, Universitas Pendidikan Ganesha. hlm. 67.
Yanti. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kematangan Emosi Mahasiswa di Perguruan Tinggi, Universitas Negeri Padang. hlm. 58.
Yuliana, D. (2021). Strategi Meningkatkan Regulasi Emosi Mahasiswa di Masa Pandemi. Jurnal Psikologi Konseling, 17(2), 123–132.
Yusuf. (2016). Analisis Kematangan Emosi Mahasiswa Ditinjau dari Aspek Kemandirian dan Tanggung Jawab, Universitas Negeri Jakarta. hlm. 89.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Fhalikh Mubarok, Syifa Nur Fadilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.