STUDI LITERATUR EVALUASI KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.257Keywords:
evaluasi, keterampilan, abad 21, pendidikan, dan Islam.Abstract
Tujuan penelitian ini agar mengetahui bagaimana proses evaluasi pembelajaran berjalan dengan baik dan menghasilkan peserta didik berakhlak mulia dan bertanggung jawab secara pribadi maupun sosial, setelah guru mengajar dengan sebaik mungkin. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif (study literatur) dimana dalam prosesnya mengumpulkan berbagai macam data yang berkaitan dengan penelitian seperti evaluasi pembelajaran, dan tentang keterampilan abad 21 (Century skill 21) setelah itu di analisis data dari berbagai literatur yang berkaitan dengan penelitian dan menghasilkan sebuah hasil dimana hasilnya evaluasi pendidikan merupakan hal yang terpenting agar bisa diketahui apakah berhasil tidknya proses pembelajaran dan dalam pandangan islam bahwa evaluasi diri merupakan perintah untuk umat manusia. Evaluasi merupakan hal yang terpenting terlebih pada abad 21 ini peserta didik diharapkan memiliki skill keterampilan abad 21/Century skilll karena merupakan hal yang terpenting untuk pendidikan masa kini karena keterampilan abad 21 memiliki tujuan inti belajar dari masa lalu dan mempersiapkan masa depan, keterampilan abad 21 terbagi menjadi 4 kelompok yaitu : kelompok 1 cara berfikir kritis dan mampu memecahkan masalah, kelompok 2 cara kerja selalu bekerja sama (team work), kelompok 3 alat untuk bekerja bisa menggunakan teknologi, kelompok 4 tujuanmemiliki tanggung jawab secara pribadi maupun sosial dimana peserta didik selalu memperbaiki diri agar menjadi yang benar-benar manusia.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.