STUDI LITERATUR EVALUASI KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Maulana Syarif Hidayat FJ UIN SGD Bandung
  • Adam Malik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Ade Yeti Nuryantini Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.257

Keywords:

evaluasi, keterampilan, abad 21, pendidikan, dan Islam.

Abstract

Tujuan penelitian ini agar mengetahui bagaimana proses evaluasi pembelajaran berjalan dengan baik dan menghasilkan peserta didik berakhlak mulia dan bertanggung jawab secara pribadi maupun sosial, setelah guru mengajar dengan sebaik mungkin. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif (study literatur) dimana dalam prosesnya mengumpulkan berbagai macam data yang berkaitan dengan penelitian seperti evaluasi pembelajaran, dan tentang keterampilan abad 21 (Century skill 21) setelah itu di analisis data dari berbagai literatur yang berkaitan dengan penelitian dan menghasilkan sebuah hasil dimana hasilnya evaluasi pendidikan merupakan hal yang terpenting agar bisa diketahui apakah berhasil tidknya proses pembelajaran dan dalam pandangan islam bahwa evaluasi diri merupakan perintah untuk umat manusia. Evaluasi merupakan hal yang terpenting terlebih pada abad 21 ini peserta didik diharapkan memiliki skill keterampilan abad 21/Century skilll karena merupakan hal yang terpenting untuk pendidikan masa kini karena keterampilan abad 21 memiliki tujuan inti belajar dari masa lalu dan mempersiapkan masa depan, keterampilan abad 21 terbagi menjadi 4  kelompok yaitu : kelompok 1 cara berfikir kritis dan mampu memecahkan masalah, kelompok 2 cara kerja selalu bekerja sama (team work), kelompok 3 alat untuk bekerja bisa menggunakan teknologi, kelompok 4 tujuanmemiliki tanggung jawab secara pribadi maupun sosial dimana peserta didik selalu memperbaiki diri agar menjadi yang benar-benar manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-08-16

How to Cite

Hidayat FJ, Maulana Syarif, Adam Malik, and Ade Yeti Nuryantini. 2022. “STUDI LITERATUR EVALUASI KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (2):838-50. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.257.