TRANSFORMASI KEILMUAN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG IDEAL DI ABAD-21 PERSPEKTIF RAHMAH EL YUNUSIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.276Keywords:
Transformasi Keilmuan, Pendidikan abad-21, Rahmah El YunusiyyahAbstract
Penelitian ini adalah kajian pemikiran Rahmah El Yunusiyah yang spesifik membahas tentang transformasi keilmuan sebagai konsep Pendidikan Islam yang ideal. Kajian ini bertujuan untuk mengurai salah satu permasalahan dalam pendidikan, yakni dikotomi keilmuan. Kajian ini merupakan penelitian Pustaka. Tahapan dalam pengumpulan data dilaksanakan secara sistematis dan terstruktur, yakni lewat analisis beberapa literatur yang berfokus pada pemikiran Rahmah El Yunusiyah, serta seputar transformasi keilmuan dan pendidikan agama Islam yang ideal. Setelah itu dicari relevansi atas permasalahan yang dikaji. Analisis deskriptif dipakai dalam kajian ini agar mendapat gambaran utus yang terstruktur secara definisi istilah, dan temuan-temuan lainnya secara akurat, valid, tepat sasaran, dan terhindar dari bias subjektifitas. Hasil dari penelitian ini didapatkan sebuah pernyataan bahwa salah satu solusi dari dikotomi keilmuan adalah dilakukannya transformasi keilmuan. Rahmah El Yunusiyyah menerapkan hal tersebut pada perguruan Diniyah Puteri yang mengintegrasikan pengajaran ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum secara klasikal, serta memberi pelajaran kemahiran. Rahmah tidak pernah menolak apa yang disebut dengan penggabungan keilmuan atau transformasi. Karena baginya keadaan zaman sudah berbeda. Hanya karena dulu dianggap benar, bukan berarti sekarang juga bisa dibenarkan, karena situasi dan kondisi selalu berubah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.