METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.277Keywords:
Metode, Role Playing, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan menggunakan role playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan role playing siswa lebih termotivasi dalam belajar sehingga mampu memahami pelajaran dan meningkat kemampuan belajar. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode role playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan Prestasi belajar secara klasikal pada tiap-tiap siklus, dimana pada siklus I persentase yang didapat sebesar 72,72 % dengan rata-rata sebesar 70,90 dari jumlah siswa 22 orang sedangkan yang tuntas sebanyak 16 orang siswa. Sedangkan pada siklus II meningkat persentase yang didapat sebesar 86,36 % dengan nilai rata-rata sebesar 72,81 dari jumlah siswa 22 orang sedangkan yang tuntas sebanyak 19 orang siswa. Ini berarti telah mencapai target yang ideal yakni ≥ 85%. sehingga dapat dikatakan bahwa indikator keberhasilan penelitian tindakan ini telah tercapai baik secara individu maupun secara klasikal, dengan aktivitas belajar siswa minimal kategori baik dalam proses pembelajaran PAI.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.