METODE HAFALAN DI PONDOK PESANTREN DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI

Authors

  • Harun Maarif UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Muhid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.282

Keywords:

metode menghafal, psikologi, dan proses pembelajaran.

Abstract

Tujuan dari adanya studi ini yakni untuk mengidentifikasi beberapa metode yang diterapkan oleh para penghafal al-Qur’an di pondok pesantren ditinjau dari perspektif psikologi. Jenis studi ini termasuk penelitian kualitatif dan menggunakan metode kepustakaan. Metode ini dilakukan dengan proses membaca sumber literatur yang relevan kemudian menarik kesimpulan. Adapun mengenai hasil yang didapatkan dari studi ini adalah terdapat beberapa metode yang digunakan dalam pondok pesantren dalam melakukan hafalan al-Qur’an antara lain: (1) metode wahdah; (2) metode kitabah; (3) metode sima’i; (4) metode gabungan; (5) metode tasmi’; (6) metode jama’; (7) metode juz’i; (8) metode undian; dan (9) metode muraja’ah. Dalam implementasinya penggunaan metode tergantung pada kebutuhan dan kemampuan masing-masing penghafalnya. Sedangkan dalam teori psikologi sendiri teknik menghafal al-qur’an terbagi atas tiga teori yakni (1) encoding; (2) penyimpanan; dan (3) penemuan kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-08-16

How to Cite

Maarif, Harun, and Abdul Muhid. 2022. “METODE HAFALAN DI PONDOK PESANTREN DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (2):851-64. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.282.