INTEGRASI PENDIDIKAN AKHLAK DAN KEILMUAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ahmad Tantowi Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Rifqil Muslim Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Camila Fatah Suroyya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.285

Abstract

Pendidikan dapat dimaknai sebagai proses memanusiakan manusia. Salah satu upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal adalah melalui pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak akhir-akhir ini menjadi perhatian khusus dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengintegrasian Pendidikan Akhlak dan Keilmuan dalam suatu disiplin ilmu pengetahuan, secara khusus pada pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam An-Nawawiyah Rembang. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam An-Nawawiyah Rembang. Data diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konsep dan praktik pendidikan akhlak sudah terintegrasi dalam pembelajaran Bahasa Arab, adapun nilai pendidikan akhlak yang ditemukan antara lain sopan santun, bertanggung jawab dan kejujuran. Begitu pula pengintegrasian keilmuan juga sudah ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Arab seperti keilmuan tentang lingkuangan alam dan lingkungan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-07-19

How to Cite

Ahmad Tantowi, Rifqil Muslim, and Camila Fatah Suroyya. 2022. “INTEGRASI PENDIDIKAN AKHLAK DAN KEILMUAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (2):505-22. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.285.