INTEGRASI PENDIDIKAN AKHLAK DAN KEILMUAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.285Abstract
Pendidikan dapat dimaknai sebagai proses memanusiakan manusia. Salah satu upaya mengembangkan potensi peserta didik secara optimal adalah melalui pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak akhir-akhir ini menjadi perhatian khusus dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengintegrasian Pendidikan Akhlak dan Keilmuan dalam suatu disiplin ilmu pengetahuan, secara khusus pada pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam An-Nawawiyah Rembang. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam An-Nawawiyah Rembang. Data diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konsep dan praktik pendidikan akhlak sudah terintegrasi dalam pembelajaran Bahasa Arab, adapun nilai pendidikan akhlak yang ditemukan antara lain sopan santun, bertanggung jawab dan kejujuran. Begitu pula pengintegrasian keilmuan juga sudah ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Arab seperti keilmuan tentang lingkuangan alam dan lingkungan sosial.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.