Pendidikan Islam Di Indonesia (Studi Pemberdayaan Madrasah)

Authors

  • Hafsah , Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v1i1.31

Keywords:

Madrasah, Pendidikan islam, Pemberdayaan

Abstract

Pendidikan pada hakekatnya merupakan suatu upaya mewariskan nilai, menjadi penolong dan penentu umat manusia dalam menjalani kehidupan, sekaligus untuk memperbaiki nasib dan peradaban umat manusia. Secara spesifik Pendidikan Islam yang bersumber dari Nabi Saw, terfokus pada penanaman nilai akidah (ketauhidan). Ironisnya kondisi pendidikan Islam di Indonesia kurang mendapat perhatian dan kesannya terbelakang. Melihat kenyataan ini, maka inovasi atau penataan fungsi pendidikan Islam, terutama pada sistem pendidikan di sekolah, harus diupayakan secara terus menerus, berkesinambungan, dan berkelanjutan, sehingga nanti usahanya dapat menjamah pada perluasan dan pengembangan sistem pendidikan Islam luar sekolah. Di samping inovasi pada sisi kelembagaan, faktor tenaga pendidikan juga harus ditingkatkan aspek etos kerja dan profesionalismenya, serta perbaikan kurikulum. Penataan pendidikan Islam juga dengan memperhatikan dunia kerja. Saat ini sudah banyak lembaga pendidikan Islam yang menjadi sekolah favorit dan banyak diminati, namun secara umum aspirasi masyarakat terhadap sekolah-sekolah Islam masih rendah. Kesimpulan, dengan penataan dan reaktualisasi pendidikan Islam, pemberdayaan umat Islam di Indonesia akan efektif menuju masyarakat industrial dengan bekal kesalehan, etos kerja, profesionalitas, dan moralitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-12-03

How to Cite

, Hafsah. 2014. “Pendidikan Islam Di Indonesia (Studi Pemberdayaan Madrasah)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1 (1):29-38. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v1i1.31.