Bahan Ajar dengan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa SMP di Medan

Authors

  • Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Havelia Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurdalipah Hasugian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurhasanah Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.340

Keywords:

Bahan Ajar, Explicit Instruction, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Bahan Ajar berbentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Explicit Instruction yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang valid. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi maka penelitian ini sampai 3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (Develop). Tahapan define maerupakan tahapan awal dari permasalahan. Tahapan design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan develop dilakukan validasi instrumen berupa angket kepada validator oleh ahli media dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan produk Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Explicit Instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII yang valid. Berdasarkan hasil dari angket validator lembar kerja peserta didik dapat di nilaidari validasi ahli media dengan rata-rata nilai 3,00 dengan kriteria “Baik” dan apabila dipersentasekan yaitu 75% dalam kategori “Layak” untuk penilaian RPP. Adapun untuk hasil penilaian pada Bahan Ajar yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik yaitu 3,02 dengan kriteria “Baik” dan apabila dipersentasekan yaitu 75,55% dalam kategori “Layak”. Kemudia hasil penilaian dari angket peserta didik diperoleh rata-rata persentase 85,96% dengan kategori sangat positif dan dapat dibuktikan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) berkategori efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, Indah. “Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP,” 2021.

Amin, Alfauzan. “Pemahaman Konsep Abstrak Ajaran Agama Islam Pada Anak Melalui Pendekatan Sinektik Dan Isyarat Analogi Dalam Alquran.” Madania: Jurnal Kajian Keislaman 21, no. 2 (2017): 157–70.

Giyarsi, Giyarsi. “Strategi Alternatif Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19.” Ghaitsa: Islamic Education Journal 1, no. 3 (2020): 224–44.

Hernawan, Asep Herry, Hj Permasih, and Laksmi Dewi. “Pengembangan Bahan Ajar.” Direktorat UPI, Bandung 4, no. 11 (2012): 1–13.

Laili Latifah, Dyah, M Ag Badaruddin, and Abdullah Mahmud. “Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dan Problematikanya (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015).” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

Lestari, Dasmayanti, Muh Nasir Malik, and Edi Suhardi Rahman. “Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Perangkat Keras Prodi Ptik Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.” Jurnal Media Elektrik 17, no. 3 (2020): 102–5.

Sopian, Ahmad. “Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan.” Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 1, no. 1 (2016): 88–97.

Sundawan, Muhammad Dadan. “Perbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Model Pembelajaran Langsung.” Logika Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon 16, no. 1 (2016).

Syaparuddin, Syaparuddin, Meldianus Meldianus, and Elihami Elihami. “Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 1 (2020): 30–41.

Tahir, Wahid. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 6, no. 1 (2017): 1–14.

Adisusilo, Perpustakaan nasional RI, Pembelajaran nilai - karakter : konstruktivisme dan VCT sebagai inovasi pendekatan pembelajaran afektif / Sutarjo.2014.

Alvira Muhamad, Dampak Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 terhadap Ketahanan Nasional Bangsa.2019.

Bambang Q-anees, Simbiosa Rekatama Media, Pendidikan Karakter berbasis.2008.

Cholil Umam, Duta Aksara, Ilmu Pendidikan Islam, Surabaya.1998.

D. Marimba, Bandung, Al Maarif, Pengntar filsafat Pendidikan Islam. 1989. Departemen Agama RI, Surabaya, Karya Agung, Edisi Revisi 2006 Qur`an dan

Terjemahannya. 2006.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakart, Tanpa tahun, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia,

Dokumen kurikulum MIN 1 Malang tahun 2021-2022

Published

2022-11-16

How to Cite

Neliwati, Havelia Ramadhani, Nurdalipah Hasugian, and Nurhasanah Harahap. 2022. “Bahan Ajar Dengan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa SMP Di Medan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1150-63. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.340.