Pendidikan Profetik dalam Kitab Arba’in Nawawiyah (Telaah Hadits Pertama, Kedua, dan Kesebelas)
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.348Keywords:
Pendidikan, Profetik, HaditsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Pendidikan Rasulullah SAW secara umum untuk pendidik serta untuk para peserta didik yang disimpulkan dari Hadits yang pertama, kedua, dan kesebelas didalam kitab Hadits Arba’in Nawawiyyah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), yang bertumpu pada kajian dan telaah teks. Hasil penelitian menunjukkan Metode pendidikan Rasulullah secara umum didalam Hadits yang pertama, kedua, dan kesebelas dalam kitab Arba’in Nawawiyah yaitu menggunakan Metode Hiwar (tanya-jawab), Metode jawāmi’ul kalim (menggunakan kalimat-kalimat yang ringkas namun memiliki makna yang luas dan mandalam), Metode tamṡil (memberikan contoh dan permisalan). Adapun Metode pendidikan Rasulullah untuk para pendidik di dalam Hadits yang pertama, kedua, dan kesebelas pada Kitab Arba’in Nawawiyah yaitu pendidik bersifat dengan akhlak yang mulia, Mendidik secara bertahap dan mengkhususkan sebagian anak didik dengan ilmu tertentu, sedangkan Metode pendidikan Rasulullah untuk para peserta didik di dalam Hadits yang pertama, kedua, dan kesebelas pada Kitab Arba’in Nawawiyah yaitu tentang beradab terhadap pendidik, bersemangat didalam belajar dan bertanya kepada pendidik.
Downloads
References
Al Qur’an Al Qasbah, King Salman Al-Qur’anulkarim
Abdillah, Sulaiman bin. 1428 H. Taisir Azizil Hamid. Saudi Arabia: Cetakan Pertama, Dar Al Shomi’I.
Al-Fauzan, Shalih. 1434 H. Al Minhatur Rabbaniyyah. Saudi Arabia: Cetakan kedua, Darul Ashimah.
Al Hambali, Ibnu Rajab. 1431 H. Jāmi’ul ulum wal hikam. Beirut: Cetakan kesepuluh, Mu’assasah Risālah Nāsyirun.
Al Qurasyi, Khalid bin Abdillah. 1435 H. Tarbiyyatun Nabi Liashabihi. Saudi Arabia: Cetakan pertama, Dar Minhaj.
Al Zintani, Abdul Hamid. 1993. Usus tarbiyyatil Islamiyyah. Libia: Cetakan kedua, Al Darul Arabiyyati Lil Kutub.
Hamsah, Muhammad. “Membangun Karakter Bangsa.” Universitas Islam Indonesia, 2018.
Hamsah, Muhammad, Nurchamidah Nurchamidah, and Rasimin Rasimin. “Pemikiran Pendidikan Kh Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Modern.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 7, no. 2 (2021): 378–90.
Nilai-Nilai, Implementasi, and Ali Miftakhu Rosyad. “Ali Miftakhu Rosyad Implementasi Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam The Implementation Of Multiculturalism Values Through Learning Of Islamic Religion Education” 5, no. 1 (2019). https://doi.org/10.5281/zenodo.2607388.
Rosyad, Ali Miftakhu. “Urgensi Inovasi Pembelajaran Islam Dalam PAI.” Al-Afkar, Journal for Islamic Studies 2, no. 1 (2019): 64–86. https://doi.org/10.5281/zenodo.3553865.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Bazmūl, Muhammad bin Umar. 1438 H. Al Kasykūl Fawā’idul ‘Ilmiyyah. Al Jazāir: Cetakan Pertama, Dārul Mīroṡ Al Nabawi.
Bukhori, Imam. 1435 H. Shohih Al Bukhori. Beirut: Cetakan kedua, Mu’assasah Risālah Nāsyirun.
Khudhoir, Abdul Karim. 1438 H. Al Riyadhuz Zakiyyah Syarah Al Arba’in, Saudi Arabia: Cetakan kedua, Ma’alimul Sunan.
Syakir, Ahmad. 1426 H. Umdatut Tafsir ‘anil Hafidz Ibni Katsir. Mesir: Cetakan kedua, Darul Wafa’.
Uṡaimin, Ibnu. 1433 H. Majmuul Rasāil wal mutun ilmiyyah Mesir: Cetakan pertama, Dārul Ummah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syafaat Rudin, Rahmi Dewanti, Abbas Baco Miro, Syamsu Rijal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.