Relevansi dan Signifikansi Metodologi (Buku: Ahl Al-Kitab, Makna dan Cakupannya dalam Al-Qur’an Karya Muhammad Galib M)
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.349Keywords:
Tafsir, Ahl Al-Kitab, Muhammad Galib MAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa ulasan dalam buku dengan judul ahl-kita>b: Makna dan Cakupannya, karya dari seorang professor dalam bidang tafsir yaitu Muhammad Galib M. Rumusan masalahnya ada tiga yaitu bagaimana defenisi metodologi penelitian dan pendekatan tafsir?, bagaimana penjelasan ahl-Kita>b dalam buku Muhammad Galib M?, dan bagaimana penerapan metode maudhui/tematik dalam buku ahl-Kita>b karya Muhammad Galib M?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan sumber data primernya adalah al-Qur’an al-Karim terkait ayat-ayat yang menyinggung tentang ahl-kita>b. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, metode penelitian dan pendekatan tafsir adalah suatu cabang ilmu pengetahuan mengenai cara-cara dalam melaksanakan penelitian untuk menemukan, mengembangkan, menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakan pendekatan dalam menafsirkan al-Qur’an, guna mencari pemecahan terhadap masalah berdasarkan fakta-fakta atau gejala-gejala terdeteksi. Kedua, metode penafsiran yang digunakan dalam buku ini adalah metode maudhu’i dan pendekatan/corak penafsiran yang digunakan adalah pendekatan historis. Ketiga, secara umum buku Ahl al-Kitab ini memang menggunakan metode maudhui sesuai dengan langkah-langkahnya tapi tentunya dalam hal penyelesaian masalahnya di bantu oleh metode lain dan dalam buku ini metode yang disandingkan yaitu dengan metode muqaran.
Downloads
References
Abdul Jalal, H.A, Urgensi Tafsir Maudhu’i Pada Masa Kini, (Cet.I, Jakarta: Kalam Mulia, 1990).
Abdul Rouf, Mozaik Tafsir Indonesia: Kajian Ensiklopedis Karya Tafsir Nusantara Dari Abdur Rauf aSingkili Hingga Muhammad Quraish Shihab, (Depok: Sahifa Publishing, 2020).
Azis, Metodologi Penelitian, Corak dan Pendekatan Tafsir al-Qur’an, Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam.
Azis, Metodologi Penelitian, Corak dan Pendekatan Tafsir al-Qur’an, Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Vol. 6, Nomor 1, (2017).
Bambang Sunggono, Metodologi Penelitian Hukum, (Jakarta; Raja Grapindo Persada: 2006).
Cholid Narbuko dan Abu achmadi, Metodologi Penelitian, (Cet. III; Jakarta: Sinar Grafika, 2001).
Cholid Narbuko dan Abu achmadi, Metodologi Penelitian, (Cet. III; Jakarta: Sinar Grafika, 2001).
Bullah, Habieb. “Interpretasi Makna Ahl Al-Kitab Dalam Pandangan Alquran.” Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Nurul Islam Sumenep 6, no. 1 (2021): 70–85.
Hamsah, Muhammad, Nurchamidah Nurchamidah, and Rasimin Rasimin. “Pemikiran Pendidikan Kh Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Modern.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 7, no. 2 (2021): 378–90.
Rosyad, Ali Miftakhu. “The Actualization Of Multicultularism Values Through Social Studies Learning At State Junior High School 2 Juntinyuat In Regency Indramayu Background Of The Problem,” n.d.
Muhammad Galib M, Ahl Al-Kitab : Makna dan Cakupannya dalam al-Qur’an (Cet.I, Yogyakarta: IRCiSoD, 2016).
Nasaruddin baidan, Wawasan Baru Ilmu Tafsir , (Cet.III, Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2016).
Nasrhuddin Baidan, Metode Penafsiran al-Qur’an: Kajian Kritis Terhadap Ayat-ayat yang Berdekasi Mirip, (Cet. II, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011).
Syahrin Pasaribu, Metode Muqaran Dalam al-Qur’an, Wahana Inovasi Vol. 9, no. 1 (Juni-Juli 2020).
Yunahar Ilyas, Ulumul Qur’an.(Yogyakarta: Itqan Publishing, 2013).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Salehuddin Mattawang, Achmad Abubakar, Muhsin Mahfudz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.