Pengaruh Pemahaman Santri pada Operasi Bilangan Pecahan dalam Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Pembagian Warisan (Ilmu Faraid)

Authors

  • M. Habiburrahman Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.352

Keywords:

Pemahaman Bilangan Pecahan, Kemampuan Siswa, Pembagian Warisan

Abstract

Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan mengetahui berapa jauh hubungan pemahaman santri pada operasi bilangan pecahan dalam kemampuan menyelesaikan soal-soal pembagian warisan kemudian mengetahui pengaruh  pemahaman operasi bilangan pecahan dalam menyelesaikan soal-soal pembagian warisan, dari hasil penelitian ini nanti kita bisa mengetahui berapa jauh hubungan antara oprasi bilangan pecahan dengan pembagian warisan dan seberapa berpengaruh pemahaman operasi bilangan pecahan dalam menyelesaikan soal-soal pemabgaian warisan, karena studi pendahuluan peneliti sangat menunjang penelitian ini terlebih kajian-kajian seperti ini, sangat kurang dikaji dan diperhatikan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan mencari regresi ataupun pengaruh dari dari kemampuan menyelesaikan soal-soal faraid terhadap pemahaman santri dalam operasi bilangan pecahan, Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi dengan terfokus pada jenis penelitian jenis penelitian ex-post facto. Dari hasil penelitian ini nanti, peneliti dapat menemukan hubungan dan pengaruh antara dua variabel diatas, karna banyak orang bersepsi bahwa hubungan ke dua variabel diatas sangatlah kuat sehingga berpengaruh satu sama lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Abdul Manan, Aneka Masalah Hukum Perdata Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana 2006.

Abdusysyakir. 2006. Ada Matematika dalam Alquran. Malang: UIN Malang Press.

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 1996.

Arina Manasikan, Waris, Yokyakarta: Pustaka Insan Madani, 2007.

Bahrul Hayat dan Suhendra Yusuf, Mutu Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Bashori, Subchan, 2009. Al Faraidh (hukum Waris). Surabaya: Nusantara.

Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2010.

Depag RI. 1989. Alquran dan Terjemahannya. Surabaya: CV. Jaya Sakti.

Departemen Pendidikan Nasional, Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2007.

Departemen Pendidikan Nasional, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas, 2003.

Effendi Perangin, Hukum Waris, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

H. M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Bina Aksara, 1987.

Firdaus, Aep Sy. 2001. Salat Dalam Tinjauan Matematika. Media Pembinaan.

Habib, Zainal. 2007. Islamisasi Sains Mengembangkan Integrasi, Mendialogkan Perspektif. Malang: UIN-Malang Press.

Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Hartono, Statistik Untuk Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2010.

Ismail dkk, Kapita Selekta Pembelajaran Matematika, Jakarta: Universitas Terbuka, 1998.

Martinis Yamin, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.

Masnur Muslich, KTSP Pembelajaran Bebasis Kompetensi dan Konteksual, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Mohamed, Muhaini. 2001. Matematikawan Muslin Terkemuka.Diterjemahkan oleh Thamir Abdul Hafedh Al-Hamdany. Jakarta: Salemba Teknika

Muftie, Arifin. 2004. “Matematika Alam Semesta Kodetifikasi Bilangan Prima dalam Alquran”. PT Kiblat Buku Utama: Bandung

Muhammad Amin Suma, Hukum Keluarga Islam di Dunia Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Nasoetion, Andi H.. 1980. Landasan Matematika. Jakarta: PT Bhratara Karya Aksara

Rahman, Afzalur. 1992. Alquran Sumber Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Rineka Cipta.

Risnawati, Strategi Pembelajaran Matematika, Pekanbaru: Suska Press, 2008.

Saleh Al Fauzan, Fiqih Sehari-hari, Jakarta: Gema Insani, 2006.

Soedjadi, R..2001. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Disampaikan dalam Seminar Nasional “Realistic Mathematics Education (RME)“ di UNESA, tanggal 24 Pebruari.

Soemabrata, Iskandar Ag. 2006. Pesan-pesan Numerik Alquran, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Republika

Budi Usodo, Diagnosis Kesulitan Belajar Topik Pecahan Dan Alternatif Pemecahannya. Tesisis tidak di dipublikasikan, (Surabaya: UNESA, 2001).

Chalid Narbuko, Abu Achmadi, Metodologi Penelitian (Jakarta : Bumi Aksara, 2002).

Departemen Pendidikan nasional direktorat jendral pendidikan dasar dan menengah durektorat tenaga pendidikan, evaluasi pembelajaran (Jakarta : departemen pendidikan nasional direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah direktorat tenaga pendidikan, 2003).

Eman suparman, Hukum Waris Indonesia, Repika Aditama, Bandung, 2007.

Gatot Muhsetyo, Pembelajaran Matematika SD, 2004. Dalam Epon Nur’aeni, Dindin

Abdul Muiz Lidinillah dan Ayi Sakinatussa’adah, Model Desain Didaktis Pembagian Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistikuntuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, (Tasikmalaya : PGSD UPI Kampus Tasikmalaya, 2012).

Herman Hudojo, Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika (Malang : UM Press,2005). .

Irzani, Setrategi Belajar Mengajar Matematika (Yogyakarta : Media Grafindo press, 2009).

Kusmartono, rawuh, Matematika Pendahuluan (bandung :penerbit ITB,1973).

Lukman-faisal, Hak Waris Dari Orang Hilang Menurut Hukum Waris Islam

M. idris Ramulyo, Suatu Pebandingan Antara Ajaran Safi’i Dan Wasiat Wajib-Wajib Di Mesir , Tentang Pembagian Warisan Untuk Cucu Menurut Islam , Majalah Hukum Dan Pembangunan No. 2 Thn XII Maret 1982, Jakarta : FHUI’ 1982.

Nahroi Adji, Maulana, Pemecahan Masalah Matematika (Bandung : UPI Press, 2006).

Nana Syaudih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung :Remaja Rosdakarya, 2007).

Septy Sari Yukans, Zulkardi dan Yusuf Hartono, Menyelesaikan Pembagian Pecahan Tanpa Algoritma, di ambil dari https://ejournal.unsri.ac.id,h.1 . Di Akses tanggal 6 oktober 2021.

Tim Penyusun Pedoman Penulisan Sekripsi, Pedoman Penulisan tesis (Mataram : UIN Mataram, 2018).

Published

2022-12-19

How to Cite

M. Habiburrahman. 2022. “Pengaruh Pemahaman Santri Pada Operasi Bilangan Pecahan Dalam Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Pembagian Warisan (Ilmu Faraid)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1398-1409. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.352.