Peningkatan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Madrasah Sebagai Sumber Belajar Melalui Teknik Berbagi Pengalaman
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.353Keywords:
Kemampuan Guru, Lingkungan Madrasah, Teknik Berbagi PengalamanAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan Madrasah sebagai sumber belajar dan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan pelaksanaan teknik Berbagi Pengalaman terhadap peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan Madrasah sebagai sumber belajar di MA Midanutta’lim Mayangan Jogoroto Jombang. Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Madrasah yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, pada setiap siklus dilaksanakan dalam 2 (dua) sampai 3 (tiga) kali pertemuan, sebagai subyek penelitiannya adalah 6 (enam) orang guru IPS dan 2 (dua) orang guru mata pelajaran IPA hasilnya sebagai berikut: Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh dari sikap guru berbagi pengalaman adalah 77,13 kategori cukup,sedangkan siklus II nilai rata-ratanya 80,25, kategori baik; Nilai rata-rata dari penilaian skenario pembelajaran pada siklus I yaitu 74,38 kategori cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 83,13; nilai rata-rata yang diperoleh dari penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I yaitu 74,58 kategori cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 82,92 kategori baik. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari siklus I ke siklus II, terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh dari masing-masing komponen, yang berarti pembinaan dan bimbingan melalui pendekatan Teknik Berbagi Pengalaman dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan lingkungan Madrasah sebagai sumber belajar.
Downloads
References
Andriani, A, and W Wakhudin. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Mim Pasir Lor Karanglewas Banyumas.” Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2020. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpm/article/view/303.
Anwas, Oos M. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pesantren Rakyat Sumber Pucung Malang.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 21, no. 3 (2015): 207–20. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.187.
Azzuhri, M. “Pendidikan Berkualitas (Upaya Menuju Perwujudan Civil Society).” Forum Tarbiyah, 2009. https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/258.
Ekowati, E R. MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMK MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN MAGELANG. eprintslib.ummgl.ac.id, 2020. http://eprintslib.ummgl.ac.id/2041/.
Makmur, A, I Sarman, and ... “Perkembangan Madrasah Di Kota Banjarmasin (Sebuah Tinjauan Historis Dari Tahun 2010-2014).” … Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 2015. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1829.
Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi Dan Implementasi. senayan.iain-palangkaraya.ac.id, 2004. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=995.
Sahertian, P. “Perilaku Kepemimpinan Berorientasi Hubungan Dan Tugas Sebagai Anteseden Komitmen Organisasional, Self-Efficacy Dan Organizational Citizenship Behavior (OCB).” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2010. http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18173.
Zaman, M P Badru. “PEMANFATAAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SD.” File.Upi.Edu, n.d. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197408062001121-BADRU_ZAMAN/Bahan_BBM_PGSD_UPI.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fatoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.