Peningkatan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Madrasah Sebagai Sumber Belajar Melalui Teknik Berbagi Pengalaman

Authors

  • Fatoni Kementerian Agama Kabupaten Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.353

Keywords:

Kemampuan Guru, Lingkungan Madrasah, Teknik Berbagi Pengalaman

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan Madrasah sebagai sumber belajar dan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan pelaksanaan teknik Berbagi Pengalaman terhadap peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan Madrasah sebagai sumber belajar di MA Midanutta’lim Mayangan Jogoroto Jombang. Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Madrasah yang  dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, pada setiap siklus dilaksanakan dalam 2 (dua) sampai 3 (tiga) kali  pertemuan, sebagai subyek penelitiannya adalah 6 (enam) orang guru IPS dan 2 (dua) orang guru mata pelajaran IPA hasilnya  sebagai berikut: Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh dari sikap guru berbagi pengalaman adalah 77,13 kategori cukup,sedangkan siklus II nilai rata-ratanya 80,25, kategori baik;  Nilai rata-rata dari penilaian skenario pembelajaran pada siklus I yaitu 74,38 kategori cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 83,13; nilai rata-rata yang diperoleh dari penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I yaitu 74,58 kategori cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 82,92 kategori baik. Dari hasil analisis  dapat disimpulkan bahwa dari siklus I ke siklus II, terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh dari masing-masing komponen, yang berarti pembinaan dan bimbingan melalui pendekatan Teknik Berbagi Pengalaman dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan lingkungan Madrasah sebagai sumber belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A, and W Wakhudin. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Mim Pasir Lor Karanglewas Banyumas.” Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2020. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpm/article/view/303.

Anwas, Oos M. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pesantren Rakyat Sumber Pucung Malang.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 21, no. 3 (2015): 207–20. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.187.

Azzuhri, M. “Pendidikan Berkualitas (Upaya Menuju Perwujudan Civil Society).” Forum Tarbiyah, 2009. https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/258.

Ekowati, E R. MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMK MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN MAGELANG. eprintslib.ummgl.ac.id, 2020. http://eprintslib.ummgl.ac.id/2041/.

Makmur, A, I Sarman, and ... “Perkembangan Madrasah Di Kota Banjarmasin (Sebuah Tinjauan Historis Dari Tahun 2010-2014).” … Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 2015. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1829.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi Dan Implementasi. senayan.iain-palangkaraya.ac.id, 2004. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=995.

Sahertian, P. “Perilaku Kepemimpinan Berorientasi Hubungan Dan Tugas Sebagai Anteseden Komitmen Organisasional, Self-Efficacy Dan Organizational Citizenship Behavior (OCB).” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2010. http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18173.

Zaman, M P Badru. “PEMANFATAAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SD.” File.Upi.Edu, n.d. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197408062001121-BADRU_ZAMAN/Bahan_BBM_PGSD_UPI.pdf.

Published

2022-12-19

How to Cite

Fatoni. 2022. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Madrasah Sebagai Sumber Belajar Melalui Teknik Berbagi Pengalaman”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1456-72. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.353.