Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa (Studi di MAN 1 dan MAN 2 Lombok Timur)

Authors

  • Mulawarman Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.354

Keywords:

Ekstrakurikuler, Kedisiplinan, Lombok Timur.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di MAN 1 dan MAN 2 Lombok Timur.Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal penting: pertama, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan kebijakan dan pengawasan yang dilakukan secara internal. Kedua, peran kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di MAN 1 dan MAN 2 Lombok Timur yaitu melalui ekstrakurikuler Pramuka dan PMR. Ekstrakurikuler tersebut dijadikan sebagai wadah dan solusi pelanggaran disiplin yaitu dengan adanya tata tertib, sanksi, teladan, sarana penunjang serta program-program yang menarik minat siswa. Ketiga,faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler MAN 1 dan MAN 2 Lombok Timur adalah sarana dan prasarana yang memadai, dukungan dari orang tua, kualitas dari pembina dan pelatih. Sedangkan faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler adalah terbatasnya pemanfaatan lapangan sekolah, cuaca yang tidak mendukung untuk kegiatan ekstrakurikuler di outdoor, pencairan dana melalui birokrasi yang sulit, motivasi diri siswa yang tidak stabil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A, and W Wakhudin. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Mim Pasir Lor Karanglewas Banyumas.” Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2020. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpm/article/view/303.

Baharuddin, B, M Makin, M Qomar, M P I Romlah, and M Qomar. Manajemen Pendidikan Islam. repository.uin-malang.ac.id, 2016. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3317.

Hikami, A, E Nurbayani, and G Gianto. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Non-Akademik Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda.” Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu …, 2021. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/3205.

Kurniawan, W A. Budaya Tertib Siswa Di Sekolah. books.google.com, 2018. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=GZF8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=dapat+berjalan+secara+teratur+tertib+dan+dapat+mencapai+tujuan+pendidkan+itu+sendiri&ots=WmKxAs960C&sig=LRyYHTubZYa7iTDq9QWiLf408uA.

Moeljono, D. Budaya Korporat Dan Keunggulan Korporasi. books.google.com, 2003. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=WyEjyt_a8Q4C&oi=fnd&pg=PA24&dq=pada+tujuan+yang+ingin+dicapai+sabagai+muara+akhir+dari+continuitas+tersebut&ots=hbaKlZLDiA&sig=rClv1ws0iBMHKcBkfhc9WxbO4LY.

Mulia, R A, and N Saputra. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat Kota Padang.” Jurnal El-Riyasah, 2020. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/10069.

Published

2022-12-19

How to Cite

Mulawarman. 2022. “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa (Studi Di MAN 1 Dan MAN 2 Lombok Timur)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1443-55. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.354.