Upaya Guru SKI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Alfindye Ratri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Neng Ulya Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.357

Keywords:

Upaya, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Seorang guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa tergantung kepada sejauh mana seorang guru mengenal pribadi siswanya dan mengetahui situasi lingkungan dimana proses belajar mengajar berlangsung. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki, a) kompetensi pedagogik,  kemampuan guru yang berkaitan dengan ilmu seni mengajar; b) kompetensi kepribadian, seorang guru sebaiknya memiliki kepribadian yang baik dan patut untuk diteladani; c) kompetensi sosial, seorang guru sebaiknya mampu berkomunikasi baik dengan siswa, sesame guru, maupun masyarakat luas; d) kompetensi profesional, seorang guru sebaiknya memiliki pengetahuan yang luas. Study ini dilakukan untuk mencari tahu upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode study literatur, dengan mencari melalui analisis definisi yang berkaitan dengan fokus penlitian melalui buku-buku yang dapat menemukan data yang dibutuhkan, studi literatur juga mempelajari berbagai buku referensi dan jurnal. dengan mengkaji berbagai referensi buku untuk landasan teori upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga peneliti dapat membentuk sebuah artikel penelitian yang menjelaskan tentang upaya guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan faktor-faktor meningkatkan motivasi belajar. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diajarkan diberbagai jenjang pendidikan Islam. Dengan sejarah seseorang dapat mengetahui keadaan masa lalu yang mengandung banyak nilai pelajaran hidup. Pelajaran Ssejarah diharapkan dapat memberikan sumbangan yang realitas terhadap kehidupan saat ini. Selain itu, diharapkan kehidupan yang dijalani sekarang dan di masa yang akan datang dapat berkaca pada peristiwa masa lalu, dan juga dapat membekali siswa untuk memperbaiki akhlak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an dan Terjemahan.

Fauzan. (2019). Modul Pelatihan untuk Guru Pendidikan Agama Islam Islam Moderasi Keberagamaan, Pustaka Masyarakat Setara, Jakarta.

Parnawi, Afi. (2020). Penlitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), CV BUDI UTAMA.

Sari, K. (2015). Sejarah Peradaban Islam. In Sejarah Peraaban Islam. SHIDDIQ PRESS.

Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kualtatifi dan Kualitatif, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Afabeta, Bandung.

Umar. (2019). Pengantar Profesi Keguruan. PT Raja Grafindo Persada, Lampung.

Uno, B, Hamzah. (2012) dan Nurdin Mohamad. Belajar dengan pendekatan PAIKEM, PT, Bumi Aksara, Jakarta.

Uno, B, Hamzah. (2014). Teori Variabel Keguruan & Pengukurannya, Sultan Amai Press.

Published

2022-12-06

How to Cite

Alfindye Ratri, and Neng Ulya. 2022. “Upaya Guru SKI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1353-61. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.357.