Model Desain Pembelajaran PAI Berbasis Daring (Studi Kasus di Kelas VII MTs Nurul Wathan Banyuasin Sumatera Selatan) Tahun Ajaran 2020-2021

Authors

  • Syarifah Universitas Darussalam Gontor
  • Farida Isroani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Faprilisya Heldhika Fani Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.365

Keywords:

Desain, Online, Pembelajaran

Abstract

Rancangan pembelajaran merupakan alat yang sangat penting untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Seorang guru harus menyadari bahwa proses desain sangat penting bagi dirinya sendiri. Selain profesionalisme, guru dalam menyusun rancangan pembelajaran juga memerlukan keterampilan, pelatihan dan kesenangan bersama guru lain (terutama guru dengan mata pelajaran yang sama). Di masa pandemi Covid-19 saat ini, tentunya banyak terjadi perubahan pola pembelajaran, salah satunya berbasis online. Wajarnya, semua guru, termasuk guru PAI, harus berinovasi dalam desain pembelajaran PAI berbasis online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi desain pembelajaran model PAI berbasis online berdasarkan kurikulum yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan umum dalam pembelajaran dapat tercapai dan dapat meningkatkan perbaikan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. P. Y. M., Dra. Made Sri Indriani, M. Hum., & Ida Ayu Made Darmayanti, S. Pd. , M. Pd. . (2017). Penerapan Program Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi Terhadap Guru Bahasa Indonesia Tingkat Sma Di Kabupaten Gianyar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/JJPBS.V7I2.15108

Abdul Majid. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.

Adhe, K. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 26. https://doi.org/10.26555/JECCE.V1I1.3

Allan J. Henderson. (2003). The E-learning Question and Answer Book. Amacom.

Arista, H., & Rahma, A. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overviwew, Presentation, Excercise, Summary) Dengan Pemberian Tugas Untuk Mengingkatkan Aktivitas Dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Kelas X Tkj-A Di Smk Minhajud Thullab Muncar. Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 96–106. https://doi.org/10.51747/JP.V8I1.729

Bahtiar, A. R. (2016). Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 149–158. https://doi.org/10.26618/JTW.V1I2.368

Clark, & Mayer. (2003). E-learning and the Science of Instruction. Piffer.

E Winaryati. (2017). Model Pembelajaran. http://repository.unimus.ac.id/3616/6/BAB%205.pdf

Hamzah B Uno. (2007). Perencanaan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara.

Husain Usman. (2006). Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Muhammad Yaumi. (2014). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Prenada Media Grouf.

Nunu Mahnun. (2018). Implementasi Pembelajaran Online Dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online Di Perguruan Tinggi Islam Dalam Mewujudkan World Class University. Ijiem: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan, Vol. 1, No. 1, April 2018, 1(1). https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Ijiem/article/download/5240/3088

Rosenberg. (2001). Pemanfaatan Multimedia dalam Pendidikan. Addison Wesley Longman.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo.

Sanapiah Faisal. (1992). Format-format Penelitian Sosial . Rajawali Press.

Sapriya. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.

Sharon E Smaldino, Deborah L Lowther, & James D Russell. (2007). Instructional Technology and Media for Learning (ninth Edition) (9th ed.). Pearson.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Pustaka Prestasi.

Published

2022-11-25

How to Cite

Syarifah, Farida Isroani, and Faprilisya Heldhika Fani. 2022. “Model Desain Pembelajaran PAI Berbasis Daring (Studi Kasus Di Kelas VII MTs Nurul Wathan Banyuasin Sumatera Selatan) Tahun Ajaran 2020-2021”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1164-73. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.365.