Model Desain Pembelajaran PAI Berbasis Daring (Studi Kasus di Kelas VII MTs Nurul Wathan Banyuasin Sumatera Selatan) Tahun Ajaran 2020-2021
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.365Keywords:
Desain, Online, PembelajaranAbstract
Rancangan pembelajaran merupakan alat yang sangat penting untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Seorang guru harus menyadari bahwa proses desain sangat penting bagi dirinya sendiri. Selain profesionalisme, guru dalam menyusun rancangan pembelajaran juga memerlukan keterampilan, pelatihan dan kesenangan bersama guru lain (terutama guru dengan mata pelajaran yang sama). Di masa pandemi Covid-19 saat ini, tentunya banyak terjadi perubahan pola pembelajaran, salah satunya berbasis online. Wajarnya, semua guru, termasuk guru PAI, harus berinovasi dalam desain pembelajaran PAI berbasis online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi desain pembelajaran model PAI berbasis online berdasarkan kurikulum yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan umum dalam pembelajaran dapat tercapai dan dapat meningkatkan perbaikan pembelajaran.
Downloads
References
N. P. Y. M., Dra. Made Sri Indriani, M. Hum., & Ida Ayu Made Darmayanti, S. Pd. , M. Pd. . (2017). Penerapan Program Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi Terhadap Guru Bahasa Indonesia Tingkat Sma Di Kabupaten Gianyar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/JJPBS.V7I2.15108
Abdul Majid. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.
Adhe, K. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 26. https://doi.org/10.26555/JECCE.V1I1.3
Allan J. Henderson. (2003). The E-learning Question and Answer Book. Amacom.
Arista, H., & Rahma, A. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overviwew, Presentation, Excercise, Summary) Dengan Pemberian Tugas Untuk Mengingkatkan Aktivitas Dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Kelas X Tkj-A Di Smk Minhajud Thullab Muncar. Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 96–106. https://doi.org/10.51747/JP.V8I1.729
Bahtiar, A. R. (2016). Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 149–158. https://doi.org/10.26618/JTW.V1I2.368
Clark, & Mayer. (2003). E-learning and the Science of Instruction. Piffer.
E Winaryati. (2017). Model Pembelajaran. http://repository.unimus.ac.id/3616/6/BAB%205.pdf
Hamzah B Uno. (2007). Perencanaan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara.
Husain Usman. (2006). Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. PT. Bumi Aksara.
Muhammad Yaumi. (2014). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Prenada Media Grouf.
Nunu Mahnun. (2018). Implementasi Pembelajaran Online Dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online Di Perguruan Tinggi Islam Dalam Mewujudkan World Class University. Ijiem: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan, Vol. 1, No. 1, April 2018, 1(1). https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Ijiem/article/download/5240/3088
Rosenberg. (2001). Pemanfaatan Multimedia dalam Pendidikan. Addison Wesley Longman.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo.
Sanapiah Faisal. (1992). Format-format Penelitian Sosial . Rajawali Press.
Sapriya. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
Sharon E Smaldino, Deborah L Lowther, & James D Russell. (2007). Instructional Technology and Media for Learning (ninth Edition) (9th ed.). Pearson.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Pustaka Prestasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syarifah, Farida Isroani, Faprilisya Heldhika Fani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.