Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor

Authors

  • Fuad Ahmad Riva’i Institut Ummul Qurro Al-Islami (IUQI) Bogor
  • Syamsul Rizal Mz Institut Ummul Qurro Al-Islami (IUQI) Bogor
  • Dewi Septiani Institut Ummul Qurro Al-Islami (IUQI) Bogor
  • Nurodin Institut Ummul Qurro Al-Islami (IUQI) Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.367

Keywords:

SPMI, Mutu Pendidikan, SDN Situ Ilir I

Abstract

Sistem penjaminan mutu internal merupakan suatu sistem yang meliputi sesuatu proses simultan yang terdiri atas komponen sistem: input, proses serta output ataupun sistem yang diawali dari tujuan pendidikan hingga hasil belajar. Selaku upaya tingkatkan mutu pendidikan pemerintah melalui departemen pendidikan dan kebudayaan menghasilkan kebijakan terkait penjaminan mutu pendidikan Permendikbud Nomor 28 tahun 2016. Upaya penjaminan mutu penidikan yang dicoba pemerintah diimplementasikan ke dalam Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP). Mutu ialah sesuatu proses penetapan serta pemenuhan standar pengelolaan secara tidak berubah- ubah serta berkepanjangan, sehingga konsumen, produsen, serta pihak lain yang berkepentingan mendapatkan kepuasan. Penelitian dilaksanakan di SDN Situ Ilir I, Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif deskritif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran angket (kuesioner), dokumentasi dan studi literatur (kepustakaan). Data yang terkumpul dianalisis dengan beberapa uji yaitu : Uji Validitas, reliabilitas, Normalitas, linearitas, korelasi, heterokadestisitas, dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat Pengaruh Sistem Penjaminan Mutu Internal terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir 1 Cibungbulang Bogor, berdasarkan hasil uji Regresi maka dapat diambil keputusan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variable SPMI (X) berpengaruh terhadap variable Mutu pendidikan (Y) dan Berdasarkan nilai T dapat diketahui bahwa thitung sebesar  6,365 > ttabel 2,160 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable SPMI (X) berpengaruh positif terhadap variable Mutu Pendidikan (Y) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad mufit Anwari, N. K. (2021). Orientasi Standar Proses Pendidikan. Edu Publisher.

Basri, M. (2012). “Budaya Mutu Dalam Pelayanan Pendidikan. Jurnal Ilmu Pemerintahan.

Danim, S. (2018). Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.

Erwin Firdaus, R. A. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Husaini, U. (2019). Manajemen: Teori, Praktik, Dan Reset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad Haramain, N. W. (2019). Strategi Program Studi Dalam Meningkatkan Standar Mutu Akreditas. Iain Parepare: Nusantara Press.

Rahmania, I. (2020). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp Negeri 21 Malang. Doctoral Dissertation Universitas Muhammadiyah Malang.

Sallis, E. (2015). Total Quality Management In Education. Yogyakarta: Ircisod.

Simarmata, M. Y. (2021). Pengantar Teknologi Informasi. Yayasan Kita Menulis.

Sridana, N. (2018). Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Satuan Pendidikan Menengah (SMA. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: ALFABETA.

Suvriadi Panggabean, A. W. (2022). Pengantar Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

utami, P. S. (2016). pengaruh gaya belajar dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa smp. indonesia: jurnal dimensi pendidikan dan pemblajaran.

Zahro, A. (2014). Total Quality Management; Teori & Praktek Manajemen Dalam Mendongkrak Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Published

2022-12-02

How to Cite

Fuad Ahmad Riva’i, Syamsul Rizal Mz, Dewi Septiani, and Nurodin. 2022. “Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan Di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1320-27. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.367.