Tokoh-Tokoh Usmani Muda dan Ide-Ide Modern dalam Islam
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.369Keywords:
Tokoh Usmani Muda, Ide Modern, IslamAbstract
Nama kerajaan Turki Usmani diambil dan dibangsakan pada nenek moyang mereka yang pertama yaitu Sultan Usmani Ibn Sauji ibn Orthogol Ibn Sulaiman Shah Ibn Kia Alp, kepala kabilah Kab di Asia Tengah. Kerajaan Turki Usmani semula adalah keluarga kecil suku Ughu / Oghus yang kemudian bergabung dengan kerajaan Saljuk ketika terkena serangan tentara Mongol. Keadaan politik umat Islam secara keseluruhan baru mengalami kemajuan kembali setelah muncul dan berkembangnya tiga kerajaan besar, yaitu: Usmani di Turki, Mughal di India, dan Safawi di Persia. Kerajaan Usmani di Turki merupakan kerajaan yang pertama berdiri, dan juga yang terbesar dan paling lama bertahan di banding dua kerajaan lain yaitu Mughal dan Safawi. Kerajaan Turki Usmani inilah yang menjadi sebuah pioner dalam perkembangan dunia Islam pada massanya dan juga kehancurannya menjadi sebuah pembuka masuknya era industrialisasi ke dunia Islam.
Downloads
References
Abdullahi Ahmed An-Na’im, Islam dan Negara Sekuler Bandung : Mizan, 2007.
Ahmad Salabi, Sejarah dan Kebudayaan Islam: Imperium Turki Usmani, Jakarta: Kalam Mulia, 1988.
Ajid Tohir. Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Akbar, Idil.“Khilafah Islamiyah: Antara Konsep dan Realitas Kenegaraan (Republik Islam Iran dan Kerajaan Islam Arab Saudi),” Journal of Government and Civil Society Vol. 1 No. 1 April 2017.
Ali, Mukti. (1994). Islam dan Sekularisme di Turki, Jakarta: Djambatan.
Asra, Muhammad; Yusuf, Dewi Suci Cahyani. Dinasti Turki Usmani. Jurnal Ushuluddin Adab Dan Dakwah, 2018, 1.1: 102-130 http://journal.iaialmawar.ac.id/index.php/juad/article/view/114
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Erik J. Zurcher, Sejarah Modern Turki Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Harun Nasution. Pembaharuan dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang, cet. IX, 1992.
Hassan, Ibrahim, (1989). Sejarah dan Kebudayaan Islam. Yogyakarta.
Hayati, Nilda.”Konsep Khilafah Islamiyyah Hizbut Tahrir Indonesia Kajian Living Al Quran Perspektif Komunikasi,” Episteme, Vol. 12. No. 1, Juni 2017.
Hotni Sari Harahap.2019. Pembaharuan pendidikan Islam di Turki. Jurnal Hibrul‟ulama Vol.1 No.1, Januari-Juni.
Ismail K Usman, “Pendidikan Pada Tiga Kerajaaan Besar (Kerajaan Turki Usmani, Safawiy Di Persia Dan Moghul Di India),” Jurnal Ilmiah Iqra’ 11, no. 1 (February 25, 2018), https://doi.org/10.30984/jii.v11i1.577.
Kemasyarakatan. V. 3 No. 1 Juni 2019 (22-32) https://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/fuaduna/article/view/1331
M. Arfan Mu’ammar, “KRITIK TERHADAP SEKULARISASI TURKI: Telaah Historis Transformasi Turki Usmani,” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 11, no. 1 (June 7, 2016), https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.1.117-148.
Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia Jakarta: Hidayah Agung, 1995.
Mami Nofrianti and Kori Lilie Muslim, “Kemajuan Islam Pada Masa Kekaisaran Turki Utsmani,” FUADUNA : Jurnal Kajian Keagamaan Dan Kemasyarakatan 3, no. 1 (June 30, 2019): 22, https://doi.org/10.30983/fuaduna.v3i1.1331.
Mughni, Syafiq A., (1997). Sejarah Kebudayaan Islam Turki, Jakarta:Logos.
Muhammad Affan, “KESULTANAN UTSMANI (1300-1517) : Jalan Panjang Menuju Kekhalifahan,” Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam 6, no. 2 (November 16, 2018), https://doi.org/10.24235/tamaddun.v6i2.3524.
Muhtador, Muhammad.“Khilafah Islamiyah Perspektif Ahmadiyah (Sebuah Gerakan Spiritual Keagamaan),” Esoterik: Jurnal Akhlak Dan Tasawuf Vol. 2 No. 1, 2016.
Mutawali,”Perkembangan Peradaban Dan Pemikiran”, Indralaya : Al-Intifaqiah Offset :2016.
Niyazi Berkes. The Development of Secularism in Turkey. Montreal: Mc Gill University press, 1964.
Nur, Abdullah.”Dinasti Mamalik Di Mesir,” Jurnal Hunafa Vol 2. No.2 Agustus 2005.
Pay, Salih. “The Journey of Caliphate from 632 to 1924,” International Journal of Business and Social Science. Vol. 6, No. 4 April 2015.
Pulungan Suyuthi, “Sejarah Peradaban Islam”, Jakarta: Sinar Grafika Offset: 2018.
R, Abd. Rahman.“Turki Dalam Pencarian Bentuk Pemerintahan (Sebuah Catatan Sejarah),” Jurnal Rihlah Vol. II No. 1. 2014.
Rahmida Putri, Haidar Putra Daulay, and Zaini Dahlan, “Peradaban Dan Pemikiran Islam Pada Masa Turki Utsmani,” Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 7, no. 1 (August 24, 2021): 35–48, https://doi.org/10.24952/tazkir.v7i1.3781.
Rohayati, Tati.”Kebijakan Politik Turki Utsmani di Hijaz 1512-1566 M,” Al Turas Vol. XXI, No. 2 Juli 2015.
Rulianto Rulianto and Altin Dokopati, “Pengaruh Penaklukan Konstantinopel Terhadap Kemajuan Turki Usmani Tahun 1453 ( Kajian Politik Ekspansi Sultan Muhammad Al-Fatih),” SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah 3, no. 1 (December 31, 2020): 62–68, https://doi.org/10.31540/sindang.v3i1.1063.
Saat, S. (2011). “Pendidikan Islam di Kerajaan Turki Usmani”. Hunafa: Jurnal Studia Islamika. V. 8, No. 1 Juni 2011 (138-152). https://jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/91
Stanford J. Shaw dan Ezelkural Shaw (Selanjutnya disebut Shaw and Shaw). History of Ottoman Empire and Modern Turkey. Vol. 11. Cambridge-London-New York-New Rochelle-Melbourne-Sydney: Cambridge University Press, 1985.
Tabrani ZA, “PERUBAHAN IDEOLOGI KEISLAMAN TURKI (Analisis Geo-Kultur Islam Dan Politik Pada Kerajaan Turki Usmani),” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 2 (December 2, 2016): 130, https://doi.org/10.22373/je.v2i2.812.
Yusran Asmuni, Pengantar Studi Pemikiran dan Gerakan Pembaharuan dalam Dunia Islam, (Cet. II; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1998.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mursidin, Wahyudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.