Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Produktivitas Guru

Authors

  • Dendi Azim Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.382

Keywords:

Supervisi, Kepala Sekolah, Guru

Abstract

Supervisi Kepala Sekolah merupakan salah satu kegiatan yang paling penting dalam lembaga pendidikan, karena baik tidaknya suatu lembaga pendidikan dapat di ukur sejauh mana kinerja Kepala Sekolah sebagai penilik, peneliti, ataupun pengawas. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan supervisi antara lain sumber daya manusia atau kita sebut guru, siswa, pegawai sekolah, dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu guru-guru madrasah tsanawiyah Ummul Quro Al-Islami yang berjumlah 139 guru. Sampel peneltian sebanyak 50 guru/responden yang ditentukan menggunakan rumus Proposional Random Sampling. Variabel penelitian meliputi supervisi kepala sekolah sebagai variabel bebas dan produktivitas guru sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menunjukan bahwa data distribusi normal dan linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Supervisi Kepala Sekolah terhadap produktivitas guru. Hal ini yang diperoleh melalui perhitungan analisis uji t yang menghasilkan thitung (-1,536) > ttabel (1,676) maka H0 ditolak H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan supervisi kepala sekolah terhadap produktivitas guru. Besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan variabel X (supervisi kepala sekolah) terhadap variabel Y (produktivitas guru) adalah 4,7%, Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 4,7%, produktivitas guru dipengaruhi oleh supervisi kepala sekolah, sedangkan 95,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian, maka semua pihak baik guru dan orang tua hendaknya memperhatikan dan meningkatkan kegiatan supervisi kepala sekolah dengan baik sehingga menjadikan produktivitas guru yang baik dan berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami. 2010. Smart Book Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami, Bogor: Uqi Publishing.

Ngalim Purwanto, 2010. Administrasi dan Supervisi pendidikan, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Arifin Abdurrachman, 2012,Teori pengembangan dan filosofi kepemimpinan kerja, jakarta : Bhratara

Bolla, john j., 2009, supervisi klinis, departemen P dan K, jakarta: Ditjen pend. Tinggi ,PPLPTK

Dep. P. Dan K ,19691970. Pedoman Kerja Sekolah Pendidikan Guru(SPG), jilid 1 dan 2.

Jerry Makawimbang, 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan Bandung: Alfabeta

Donni Juni Priansa & Sonny Suntani Setiana. 2018. Manajemen & Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Imam Ghazali, R.A dan Penerjemah Ismail Yakub, 2009. Ihya Ulumuddin 8, jakarta: C.V. Fauzan.

Published

2022-12-06

How to Cite

Dendi Azim. 2022. “Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Produktivitas Guru”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1368-74. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.382.