Strategi Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Pohon Hitung
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.383Keywords:
Strategi, Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini, Media, Pohon HitungAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berhitung yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan yang merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematika. Permasalahan yang terjadi di TK. Pahala Kencana Pataruman Kecamatan Sucinaraja, menunjukkan bahwa metode pengembangan kemampuan berhitung masih menggunakan metode drill, praktek paper-pencil test. Masih menekankan pengajaran yang berpusat pada guru, serta kurangnya media yang digunakan oleh guru untuk menunjang pembelajaran berhitung. Adapun saran bagi guru TK adalah guru hendaknya menggunakan media yang lebih bervariatif dan menstimulasi tahapan perkembangan kognitif anak khususnya berhitung. Seperti media pohon hitung, pohon hitung ini merupakan salah satu media yang dapat membantu anak dalam mencapai tahapan penguasaan berhitung, yaitu tahapan pengenalan konsep, transisi dan tahapan mengenal lambang. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengangkat kembali permasalahan yang ada tetapi dengan metode, teknik, strategi, dan media yang lain serta tindakan yang berbeda agar dapat memberi masukan atau temuan baru khususnya dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak sehingga dapat mengembangkan potensi anak secara optimal.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian "Suatu Pendekatan Praktik". Jakarta : Rineka Cipta
Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers. Bandung. Tidak Diterbitkan
Depdiknas. (2002). Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini
Depdiknas. (2006). PAUD Investasi Masa Depan Bangsa. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah.
Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Depdiknas Direktorat Pembinaan TK dan SD
Depdiknas. (2007). Pedoman Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdiknas Direktorat Pembinaan TK dan SD
Eliyawati C, dkk. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas Dirjen Perguruan Tinggi Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kusmiyati, dkk. (2010). Memahami Pentingnya Media dan Sumber Belajar bagi
Makbul, M., & Miftahuddin, M. (2021). The Effect of Academic Procrastination On Learning Acheivement Of Islamic Religious Education Students At Sman 5 Makassar. International Journal Of Islamic Studies, 1(1), 27-36.
Makbul, M., Bakar, A. A., & Parhani, A. (2021). Al-Qur'an Insights About Musyawarah (A Study Of Maudhu'iy Commentary On Deliberation). Jurnal Diskursus Islam, 9(2), 102-113.
Makbul, M., Ismail, I., Ismail, W., & Ahmad, L. O. I. (2021). The Effect of Emotional Intelligence And Spiritual Intelligence On Learning Outcomes Of Islamic Religion And Characteristics Of Students At Sma Negeri 5 Makassar. International Journal of Social Science And Human Research, 4(4), 588-595.
Masitoh, dkk. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Depdiknas Dirjen Perguruan Tinggi
Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Skripsi Sarjana pada FIP UPI.
Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Kasus pada SMK Al-Mukhtariyah, SMKN 5 Garut dan SMKN 6 Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(1).
pentingnya-media-dan-sumber-belajar-bagi-anak-usia-dini/ [25 november
Rukajat, A. (2022). Efforts to Strengthen Philosophical Foundations Islamic Education. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 10(1), 1-12.
Rukajat, A., Abas, T. T., & Sudrajat, A. (2020). Management of School Cooperatives in Improving Member Welfare: A Case Study at SMPN 5 Karawang Barat. ITALIENISCH, 10(2), 163-167.
Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana
Sriningsih, N. (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung : Pustaka Sebelas.
Sudono, A. (2000). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta : PT Grasindo.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan "Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D." Bandung : Alfabeta
Suharsimi, A. (2002). Tujuan dan Manfaat dan Persyaratan Tindakan Kelas.
Widawati, (2010). Implementasi Pembelajaran Berhitung di Taman Kanak-Kanak
Wiraatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ajat Rukajat, M. Makbul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.