Konstruksi Institution Culture dalam Integrasi IMTAQ dan IPTEK pada Siswa Madrasah Muallimin Muallimat

Authors

  • Siti Sulaikho Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Miftahul Huda Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sugirma Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Ahmad Fadhel Syakir Hidayat Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.405

Keywords:

Institution Culture, Mixed Method, Integrasi, IMTAQ, IPTEK

Abstract

Madrasah Muallimin Muallimat (MMA) terletak di desa Tambakberas Jombang. Para siswa di MMA memiliki perilaku menarik ketika berinteraksi dengan guru. Perilaku menarik para siswa MMA dapat dikategorikan sebagai institution culture yang merupakan bagian dari implementasi integrasi imtaq dan iptek. Penelitian ini bertujuan untuk mencari institution culture para siswa MMA, faktor dominan pembentuk institution culture tersebut, serta menghitung persentase dari hasil keduanya. Metode penelitian menggunakan model campuran atau mixed method. Terdapat 2 kelompok bentuk institution culture yang ditemukan pada siswa Madrasah Muallimin Muallimat. Kelompok pertama adalah aktifitas siswa yang berhubungan dengan kegiatan belajar, yaitu: (1) siswa sering tidur di kelas sebesar 48%, (2) siswa belajar lebih tekun sebesar 14%, (3) siswa terbiasa dengan hafalan sebesar 11%, (4) akhlak siswa menjadi lebih baik sebesar 16%, (5) siswa tidak disiplin sebesar 8%, (6) siswa memiliki penampilan yang berbeda dari kebiasaan mereka selama ini sebesar 3%. Kelompok kedua adalah etika siswa yang terbentuk di Madrasah Muallimin Muallimat, yaitu: (1) siswa menunduk ketika terdapat guru yang lewat sebesar 60%, (2) mereka juga menepi untuk membuka jalan sebesar 11%, (3) siswa berjalan dengan lutut ketika masuk kantor sebesar 13%, (4) berbahasa krama inggil dan tidak menatap guru saat berbicara sebesar 9%, (5) menjaga perilaku di depan guru sebesar 5%, (6) memiliki kebiasaan menata sandal sebesar 2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. (2010). Nalar Spiritual Pendidikan Solusi Filosofis Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Bagir, Z. A. (2005). Integrasi Ilmu dan Agama, Interpretasi dan Aksi. Mizan Pustaka.

Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Dasopang, M. D. (2020). Integrasi IPTEK dengan IMTAQ pada Pelajaran MIA di MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan Maratua Harahap Terkait perihal implementasi dari hasil perubahan kurikulum , jika ditinjau dari peran sebuah lembaga pendidikan Islam khususnya madrasah memiliki peran. Studi Multidisipliner, 7(2), 169–185.

Hidayat, I. (2018). Integrasi Imtaq dan Iptek dalam Pendidikan. 1, 147–159.

Kebudayaan, K. P. dan. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Makhful. (2018). Integrasi Imtaq dan Iptek dalam Pengembangan Kurikulum. file:///F:/Kuliah S3/Konstruksi Institution Culture/Sumber Artikel/Integrasi Imtaq dan Iptek dalam Pengembangan Kurikulum.pdf

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Mufid, F. (2013). Integrasi Ilmu-Ilmu Islam. Jurnal Penelitian, 1(1), 61.

Mulkan, A. M. (2002). Nalar Spiritual Pendidikan Solusi Filosofis Pendidikan Islam. Tiara Wacana.

Sardar, Z. (1996). Jihad in_telektual, Merumuskan Paramiter- Paramiter Sains Islam. Risalah Gusti.

Sari, M. (2009). Integrasi Imtaq dan Iptek dalam Mata Kuliah Ilmu Kealaman Dasar (IKD/IAD). Ta’dib, 12(2), 162–173.

Sauri, S. (2004). Integrasi Imtak dan Iptek dalam Pembelajaran. 1–12.

Sauri, S. (2017). Deksripsi Nilai Iman Dan Takwa Dalam Pembelajaran. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_ARA%0AB/195604201983011-%0ASOFYAN_SAURI/makalah2/INTEGRASI_IMTAK_DAN_IMPTEK%0A_DALAM_PEMBELAJARAN.pdf.

Setiawan, H. (2016). Integrasi Imtaq Dan IPTEK dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Nidhomul Haq, 1(2), 58–69.

Soelaiman. (2016). Integrasi Imtaq dan Iptek dalam Pembelajaran di Lingkungan Lembaga Pendidikan Islam SMP Plus Al-Kautsar Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1–30.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) (Sutopo (ed.); Edisi 2). Alfabeta.

Sugiyono. (2022a). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.

Sugiyono. (2022b). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); Edisi 3). Alfabeta.

Zainuddin. (2008). Paradigma Pendidikan Terpadu, Menyiapkan Generasi Ulul Albab. UIN-Malang Press.

Published

2023-03-30

How to Cite

Siti Sulaikho, Miftahul Huda, Sugirma, and Ahmad Fadhel Syakir Hidayat. 2023. “Konstruksi Institution Culture Dalam Integrasi IMTAQ Dan IPTEK Pada Siswa Madrasah Muallimin Muallimat”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):302-16. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.405.

Issue

Section

Articles