Pengaruh Penggunaan Media Google Classroom Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.412Keywords:
Media, Google Class Room, Prestasi Belajar, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media google classroom terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Karakter. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket sebagai instrumen pengumpulan data primer. Sedangkan analisis data menggunakan teknik persentase dan teknik Product Moment untuk data kuantitatif. Dari hasil data kuisioner diketahui bahwa penggunaan media Google Classroom termasuk dalam kategori Kurang Baik, mulai dari pedoman baku 36% - 55% karena persentase baik hanya 53%, sedangkan persentase buruk adalah 47%. Prestasi belajar siswa dinyatakan sangat baik, karena berdasarkan hasil distribusi frekuensi variabel Y, 80% kategori nilai sangat baik, 10% kategori nilai Baik, 0% kategori sedang. kategori nilai, dan 10% berada pada kategori skor buruk. Pada hasil analisis data statistik, indeks korelasi “r” Product Moment (r〗_xy) adalah -0,141 dan nilai tabel “r” product moment dengan df 28, taraf signifikansi 5% adalah 0,361 dan 1% taraf signifikansi 0,463, nilai hasil r_xy lebih kecil dari nilai tabel “r” product moment. Jadi Ho diterima, sedangkan Ha ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media google classroom (variabel X) terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Darussalam Taman Sidoarjo.
Downloads
References
Atikah, R.-, Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Petik, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988
Curnitasari, A., & Nana. (2020). Penerapan Model Blended POE2WE Berbasis Google Classroom Sebagai Inovasi Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas di Era Revolusi Industri 4.0. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/uvc6b
Linggar Famukhit, M. (2020). Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Online pada Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 20–27. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.1.4
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Presiden Republik Indonesia. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. In Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.
Setyaningsih, W. D., & Hidayat, S. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 727–741. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Sugiyono, 2019. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta. http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880
Sutirman, M. P. (2013). Media dan model-model Pembelajaran Inovatif. In Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suwarno, S., Firmansyah, F., Surbakti, A., Indra, I., & Suradji, M. (2021). Online Learning Using The Zenius App At Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 (MIN) Central Aceh. 8(December 2019). https://doi.org/10.4108/eai.17-7-2021.2312154
Suwarno, S., Saputra, E., Wathoni, K., Tamrin, M., & Aini, A. N. (2021). Online Learning in Covid-19 Pandemic: New Student Perspective at Islamic Religious Education Program. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1366–1373. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.951
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Misnatun, Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.