Dakwah Modern Pada Era Digital (Studi Kasus Youtube Pondok Pesantren Terpadu Al Multazam Kuningan Jawa Barat)
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.427Keywords:
Dakwah Modern, Era Digital, Pondok PesantrenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pondok Pesantren Terpadu Al Multazam Kuningan memanfaatkan era digital ini sebagai media dakwah modern. Pondok Pesantren Terpadu Al Multazam merupakan salah satu Pondok Pesantren yang terkenal di Kuningan Jawa Barat. Pesantren ini dikenal sebagai pesantren modern, karena dalam lingkungannya menerapkan budaya modern tanpa kehilangan sisi tradisional di dalamnya. Di era yang semakin maju ini, penerapan dakwah modern sangat dianjurkan untuk menyampaikan ajaran Islam kepada masyarakat modern dengan menggunakan media digital sebagai wasilah antara dakwah dan mad'u (Objek dakwah). Melihat perkembangan zaman yang terus berkembang, maka dimungkinkan untuk menyampaikan dakwah secara kreatif dan inovatif sehingga dapat menarik perhatian masyarakat virtual terhadap dakwah yang disampaikan. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi dengan teknik pengumpulan data, analisis data, wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian ini adalah Pondok Pesantren Terpadu Al Multazam sebagai pesantren modern menerapkan media digital sebagai media untuk mengajak orang lain berbuat baik, mengingatkan seseorang akan akhir dunia, menyerukan kebaikan dan mencegah kejahatan dengan dakwah yang dikemas dengan rapi dan modern.
Downloads
References
Aisyah, N., & Rofiah, S. (2022). Dakwah Modern Pada Era Konvergensi Media: Studi Kasus Youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid Modern Da’wah in the Era of Media Convergence: Case Study Youtube of the Nurul Jadid Islamic Boarding School. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 8(2).
Alhidayatillah, N. (2017). Dakwah dinamis di era modern. Jurnal Pemikiran Islam, 41(2)
Hajar, I. (2018). Youtube sebagai Sarana Komunikasi Dakwah di Kota Makassar (Analisis Sosial Media). Jurnal Al-Khitabah, Vol. V, No(Komunikasi dan Penyiaran Islam), 79 – 94. http://search.proquest.com/docview/218921399?accountid=12008
Syukur, A., & Hermanto, A. (2021). Konten Dakwah Era Digital (Dakwah Moderat).
Rustandi, R. 2019. Cyberdakwah: Internet Sebagai Media Baru Dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam.Nalar: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam. 3(2).
Faldiansyah, I. 2020. Dakwah Media Sosial : Alternatif Dakwah Kontemporer. Tawshiyah15(2).
Lihat di http://www.annabaa.org/nba34/qouran.htm#top diakses tanggal 18 november 2022
Wahyu, W. 2020. Menakar Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial. Komunida Media Komunikasi Dan Dakwah
Daulay, A., & Handayani, R. 2020. Youtube Sebagai Media Komunikasi Dalam Berdakwah di Tengah Pandemi. Hikmah.15(1).
Umar, Z.2020. Pembinaan Karakter Muslim Indonesia (Seri Kepemimpinan). Kanal Bandung.
Widodo, A. 2019. Dakwah Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Khabar.1 (1). 49-65
Widyawati, Nurul. Dakwah Pesantren Dalam Hegemoni Pasar Modern. IAIN Jember Press: Jember.
Zulkarnaini.Dakwah Islam Di Era Modern. Jurnal Risalah. 2015. 26 (3)
Ghofur, A. 2019. Dakwah Islam di Era Milenial. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 5(2).
Santoso, B.R. 2019. Revitalisasi Metode dakwag Anakronitis Dai Generasi Millenial. Tasamuh Uin Mataram. 17 (1).
Latief, M. N.2018. Dakwah dalam Perspektif Media Sosial. Jurnalisa. 04(1).61-75
Wibowo, A. 2019. Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital.Jurnal Islam Nusantara.03(02).
Rohmah, S.2021. Komunikasi Dakwah Dalam Seni Musik Nasyid (Studi Seni Musik di Pondok Pesantren Sunan Drajat.Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam. 7(1).
Nihayati, A.I., & Rohmy, A.M.2020. Pemanfaat Media Sosial Komunitas Untuk Menghadapu Konten Islam Ekstrim Di Internet. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam. 6 (2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iwan, Ariyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.