Integrasi Agama dan Sains: Telaah Pemikiran Holmes Rolston
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.429Keywords:
Integrasi, Agama, Sains, Holmes RolstonAbstract
Wacana agama dan sains tidak hentinya digaungkan dan terus dikaji utamanya oleh beberapa akademisi tak terkecuali oleh beberapa perguruan tinggi. Hal tiada lain untuk memperkuat titik temu antara agama dan sains, terlebih terdapat beberapa anggapan yang menyatakan bahwasannya agama dan sains yang tidak dapat disatukan. Konsep integrasi menjadi salah satu upaya dalam wacana dikotomi agama dan sains salah satunya adalah pandangan Holmes Rolston salah satu filsuf yang mempertemukan teologi yaitu agama dan teori yaitu sains dalam metodologi. Melalui konsep metodologi Holmes Rolston, integrasi antara agama dan sains dapat tumbuh dan berkembang bahkan saling mengisi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Dari telaah yang penulis lakukan terhadap pandangan Holmes Rolston mengenai integrasi agama dan sains, sebagai respon dari sikotomi agama dan sains yang menjawab bahwasannya anatara teologi yaitu agama dan teori yaitu sains dapat bertemu dalam sebuah metodologi.
Downloads
References
Abdullah, M. A. (2020). Mendialogkan Nalar Agama dan Sains Modern di Tengah Pandemi Covid-19. MAARIF, 15(1), 11–39. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.75
Baiquni, A. (1994). Al Qur’an: Ilmu pengetahuan dan teknologi. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=381190#
Gade, Fithriani. (2021). Orientasi Sains dan Islamisasi Ilmu Pengetahuan-1.pdf. Diambil 16 Desember 2022, dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16137/1/Buku%3B%20Orientasi%20Sains%20dan%20Islamisasi%20Ilmu%20Pengetahuan-1.pdf
Handrianto, B. (2019). Islamisasi Sains: Sebuah Upaya Mengislamkan Sains Barat Modern. Pustaka Al-Kautsar.
Hidayatullah, S. (2019). Agama Dan Sains: Sebuah Kajian Tentang Relasi Dan Metodologi.
Holmes Rolston III. (2022). Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Holmes_Rolston_III&oldid=20877725
Humaidi, H. (2015). Paradigma Sains Integratif Alfarabi: Pendasaran Filosofis bagi Relasi Sains, Filsafat, dan Agama.
Mardalis. (1995). Metode penelitian: Suatu pendekatan proposal. Bumi Aksara.
Muslih, Mohammad. (2017). Falsafah Sains: Dari Isu Integrasi Keilmuan Menuju Lahirnya Sains Teistik. Lembaga Studi Filsafat Islam (LESFI). Yogyakarta
Muslih. (2021). Relasi Agama Dan Sains Dalam Pendidikan Islam. Nawa Litera Publishing.
Muslih, M. (2004). Filsafat Ilmu; Kajian atas Asumsi Dasar, Paradigma, dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Vol. 1, Nomor 1. LESFI. http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?page=2&id=5975315&view=book
Nugroho, I. (2016). Positivisme Auguste Comte: Analisa Epistemologis Dan Nilai Etisnya Terhadap Sains. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(2), 167–177. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i2.192
Nuraini, N. (2017). Mengintegrasikan Agama, Filsafat, dan Sains. Istawa : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), Art. 1.
Rahman, R. A. (2022). Menyoroti Metode Penyelidikan Sains Dan Agama Rolston Holmes III. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 21(2), 149–164. https://doi.org/10.32699/mq.v21i2.1534
Sunardin. (2021). Manusia Membutuhkan Agama di Masyarakat. 4.
Sutandar, Y. P., & Iqbal, M. (2022). Rekayasa Genetika Dalam Integrasi Islam Dan Sains Modern. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(2), Art. 2. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.279
Sutoyo, Y. (2020). Integrasi Ilmu Sebagai Paradigma Program Riset: Telaah Pemikiran Imre Lakatos.
Yogiswari, K. S. (2020). Komparasi Pandangan Filsafat Agama Albert Einstein dan Holmes Rolston III. Sanjiwani: Jurnal Filsafat, 9(1), 53. https://doi.org/10.25078/sjf.v9i1.1612
Zarkasyi, H. F., & Rachmawati, F. (2020). Kontribusi Cendekiawan Muslim dalam Membangun Peradaban Islam. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(2), Art. 2. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v4i2.4110
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mohammad Muslih, Novita Najwa Himaya, Fitri Masturoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.