Pemanfaatan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Mandiri Sesuai Kapasitas Siswa

Authors

  • Badrus Sholeh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ahmad Hufad Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maman Fathurrohman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.458

Keywords:

Pemanfaatan, E-Modul Interaktif, Pembelajaran Mandiri, Kapasitas Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan E-modul interaktif dalam pembelajaran mandiri sesuai kapasitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini yakni bersumber dari artikel ilmiah sesuai dengan topik yang dipilih terkait pemanfaatan E-modul interaktif. Berdasarkan studi literatur selama periode 2018-2022 Terdiri dari 10 artikel ilmiah. E-modul interaktif dapat mendorong siswa belajar mandiri penggunaannya dapat dilakukan dimanasaja dan kapansaja oleh siswa, penggunaan E-modul interaktif meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan keaktifan siswa, pembelajaran lebih bermakna serta meningkatkan hasil belajar. Pada kajian  ini diperoleh desain e-modul yang sesuai untuk digunakan siswa dalam pembelajaran mandiri sesuai kapasitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Y., & Rosalia, A. K. (2022). The Application of Interactive E-Module Based on Android to Enhance Students’ Learning Outcome (A Useful Learning App in the Covid-19 Era). Adpebi Science Series, Proceedings of Adpebi International Conference on Management, Education, Social Science, Economics and Technology (AICMEST), 1(1).

Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan bahan ajar electronic book menggunakan software kvisoft flipbook pada materi hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 1–6.

Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi belajar dan mengajar guru pada abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2).

Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Persamaan Lingkaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra. AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat, 9(4), 1099.

Belanisa, F., Amir, F. R., & Sudjani, D. H. (2022). E-modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1–12.

Dewi, A. S., Sitompul, H., & Napitupulu, E. (2019). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Sma. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 111–125.

Faridah, U., Rahayu, Y. S., & Dewi, S. K. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Materi Transpor Membran. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(2), 394–404.

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan media e-modul mata pelajaran produktif pokok bahasan “instalasi jaringan lan (local area network)” untuk siswa kelas xi jurusan teknik komputer jaringan di smk nengeri 1 labang bangkalan madura. Jurnal Unesa, 1(01), 1–9.

Harti, H. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Negosiasi Bisnis Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Kelas X Bdp Smk Negeri 1 Bojonegoro. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 168–182.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, 5(2), 180–191.

Jaenudin, A., & Murwaningsih, T. (2017). The Effectiveness of the E-Module of Economics Learning on Problem-Based Learning used to Improve Students’ Learning Outcomes. International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017), 290–296.

Laili, I. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

Mulyadi, M., Atmazaki, A., & Syahrul, R. (2019). The Development of Interactive Multimedia E-Module on Indonesia Language Course. 1st International Conference on Innovation in Education (ICoIE 2018), 291–295.

Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2).

Pratamadita, A., & Dwiningsih, K. (2022). Development of Interactive E-Modules as a Learning Media to Train Visual-Spatial Intelligence on Intermolecular Force Materials. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 8(1), 31–42.

Puspitadewi, N. L. G. C., & Japa, I. G. N. (2022). E-Modul Interaktif Pada Materi Bangun Datar Kelas III di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(2).

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Ratnawati, R. I. W. (2021). Pengembangan Modul Online Zat Aditif Dengan Self Regulated Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(3), 193–202.

Rofiyadi, Y. A., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif Berbasis Android Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(2), 54–60.

Salsabila, S. P., & Syaban, M. B. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Penampakan Alam Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7896–7905.

Sari, N. M. A., & Manuaba, I. B. S. (2021). Development of Interactive E-Module Based on Human Digestive System Material Inquiry on Theme 3 About Healthy Foods for Fifth Grade Elementary School. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(1), 54–62.

Simamora, N. N., Astalini, A., & Darmaji, D. (2022). Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap E-modul Fisika Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(1), 1–7.

Sella Selviana, Didik Himmawan, & Naelul Muna. (2022). Metode Mind Mapping Untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i1.72

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi pembelajaran elektronik dan tantangan guru abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10–18.

Trilestari, K., & Almunawaroh, N. F. (2021). E-Module as a solution for young learners to study at home. 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020), 364–369.

Utomo, S. S. (2019). Guru di era revolusi industri 4.0. Format Pendidikan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 1(1), 70–83.

Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 39–46.

Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Published

2023-06-26

How to Cite

Badrus Sholeh, Ahmad Hufad, and Maman Fathurrohman. 2023. “Pemanfaatan E-Modul Interaktif Dalam Pembelajaran Mandiri Sesuai Kapasitas Siswa”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):665-72. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.458.

Issue

Section

Articles