Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Dunia Pendidikan Islam Kontemporer

Authors

  • Hukma Fikria Adira UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.463

Keywords:

Pendidikan Rasional-Religius, Relevansi, Pendidikan Kontemporer

Abstract

Pendidikan Islam saat ini memiliki tantangan agar dapat membentuk pribadi yang kritis, adaptif dan tetap memegang nilai agama Islam secara benar dan baik. Namun kedala yang ada di dalam pelaksanaan pendidikan berbagai macam mulai dari sumber daya pendidik, sarana prasana, pola pikir, paradigma dan sebagainya. Harun Nasution ialah satu diantara pemikir Islam Indonesia yang mengemukakan gagasannya bukan sekedar teori namun juga menyentuh aspek di lapangan melalui pendidikan Islam religious-rasional yang diharapkan mampu mengatasi rintangan pendidikan Islam dalam menghadapi globalisasi dan perubahan zaman. Adapun makalah ini, membahas perihal pemikiran Harun Nasution terkait religious-rasional, pemikiran Harun Nasution terkait dengan pendidikan Islam, dan  pemikiran Harun Nasution perihal pendidikan Islam dan relevansinya terhadap dunia pendidikan Islam kontemporer. Data yang didapatkan pada riset ini berasal dari studi pustaka, baik dari karya ilmiah, buku, artikel maupun literatur lain yang berhubungan dengan tema. Kesimpulan dalam tulisan ini Gagasan Harun Nasution mengenai Islam Rasional bertujuan memperdalam ajaran agama islam melalui penggunaan berpikir rasional religius supaya mampu menyesuaikan perkembangan zaman dan mampu memecahkan masalah. Pemikiran Harun Nasution tentang pentingnya pembaruan dalam pendidikan Islam kontemporer telah banyak memberikan dampak positif terhadap sistem pendidikan, guru, kurikulum, staff pengajar, asas organisasi serta landasan pendidikan itu sendiri. Prinsip-prinsip pelaksanaan pendidikan, sistem pendidikan serta pemikiran staff pengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian, Muhammad. 2012. Islam Rasional Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam (Kajian Terhadap Buku Islam Rasional Karya Harun Nasution). Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga.

Chailani, Muchammad Iqbal. 2019. “Pendidikan Dan Relevansinya Dengan.” Manazhim Juranal Menejeman Dan Pendidikan 1:45–60. doi: 10.36088/manazhim.v1i2.207.

Dinata, Syaiful. 2021. “Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam.” An-Nida’ 45(2):151. doi: 10.24014/an-nida.v45i2.16535.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Caps.

Irfan, Muhammad. 2018. “Paradigma Islam Rasional Harun Nasution: Membumikan Teologi Kerukunan.” Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (Jisa) 1(2):103. doi: 10.30829/jisa.v1i2.5434.

Maragustam. 2014. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Bandung: Pustaka Nasional.

Muhammad Arifin. 2019. Teologi Rasional Perspektif Pemikiran Harun Nasution, Ed. Oleh Hafas Furqani (Fakultas Syariah Dan Hukum, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh: Lembaga Kajian Konstitusi Indonesia (LKKI). Banda Aceh.

Nasution, Harun. 1989. Pembaharuan Dalam Islam. Jakarta: UI-Press.

Oko, Siswanto. 2013. Metafisika Wayang Purwa. Yogyakarta: Fakultas Filsafat UGM.

Ridha, Arif. 2019. “Tinjauan Filosofis Tentang Hereditas, Lingkungan, Dan Kebebasan Dalam Pendidikan Islam.” El-Rusyd : Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Ahlussunnah Bukittinggi 4(2):61–80.

Sahrawi. 2022. “Implementasi Pemikiran Harun Nasution Dalam Dunia Pendidikan Islam Sahrawi.” AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam hlm, 57-77.

Yudhiantoro. 2009. “Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam Sekaligus Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Kontemporer. Bandung: Gaya Media Pertama.

Published

2023-03-31

How to Cite

Hukma Fikria Adira. 2023. “Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Islam Kontemporer”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):379-89. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.463.

Issue

Section

Articles