Analisis Komparasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan Siswa yang Tinggal di Rumah

Authors

  • Novi Oktavia Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muhammad Iwan Fitriani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Ribhan Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.465

Keywords:

Analisis Komparasi, Prestasi Belajar, Pondok Pesantren, Rumah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain causal comparative research. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah dokumentasi nilai raport. Sedangkan, Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan angket/ kuisioner. Hasil analisis data menyatakan bahwa nilai rata-rata siswa yang tinggal di pondok pesantren  adalah 84,93 dan santri yang tinggal di rumah adalah 80,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho (hipotesis nihil) ditolak dan  hipotesis alternatif (Ha) diterima, di mana Ha berbunyi terdapat perbandingan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah: Jakarta

Himmawan, D., & Ibnu Rusydi. (2021). Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.58355/pedagogia.v1i2.39

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan realita. Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Nasution. 1994. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ni Luh Oka Anggreni. Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat Ditingkatkan Melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran p-ISSN : 1858-4543 e-ISSN : 2615-6091. JIPP, Volume 3 Nomor 2 Juli 2019.

Slameto. 2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutiya Amrun. 2018. Perbandingan Prestasi Belajar pendidikan Agama Islam Antara santri Yang di Asrama Dan Di Luar Asrama SMP Islam Darul Fallah Bissoloro Kabupaten Gowa. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Published

2022-03-12

How to Cite

Novi Oktavia, Muhammad Iwan Fitriani, and Ribhan. 2022. “Analisis Komparasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Dengan Siswa Yang Tinggal Di Rumah”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):44-56. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.465.

Issue

Section

Articles