Analisis Komparasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan Siswa yang Tinggal di Rumah
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.465Keywords:
Analisis Komparasi, Prestasi Belajar, Pondok Pesantren, RumahAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain causal comparative research. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah dokumentasi nilai raport. Sedangkan, Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan angket/ kuisioner. Hasil analisis data menyatakan bahwa nilai rata-rata siswa yang tinggal di pondok pesantren adalah 84,93 dan santri yang tinggal di rumah adalah 80,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho (hipotesis nihil) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, di mana Ha berbunyi terdapat perbandingan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah.
Downloads
References
Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah: Jakarta
Himmawan, D., & Ibnu Rusydi. (2021). Pelaksanaan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.58355/pedagogia.v1i2.39
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan realita. Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Nasution. 1994. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ni Luh Oka Anggreni. Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat Ditingkatkan Melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran p-ISSN : 1858-4543 e-ISSN : 2615-6091. JIPP, Volume 3 Nomor 2 Juli 2019.
Slameto. 2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sutiya Amrun. 2018. Perbandingan Prestasi Belajar pendidikan Agama Islam Antara santri Yang di Asrama Dan Di Luar Asrama SMP Islam Darul Fallah Bissoloro Kabupaten Gowa. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Novi Oktavia, Muhammad Iwan Fitriani, Ribhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.