Implementasi Pembelajaran Merdeka Belajar pada PAI dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Siswa

Authors

  • Hanna Widygea Marbella Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Asrori Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Rusman Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.477

Keywords:

Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam, Kreativitas Siswa

Abstract

Mengetahui model pembelajaran yang diterapkan guru dalam kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tarik, penelitian ini bertujuan untuk menemukan implikasi pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif analisis dan deskripsi sumber data dari lapangan, berdasarkan objek penelitian. Metode pengambilan informasi melalui diskusi langsung dengan peserta. Teknik analisis data yang meliputi reduksi, penyajian, dan inferensi digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Proyek Penguatan Profil Mahasiswa Pancasila dengan tema Membangun Jiwa, proyek pameran madding 3D, dan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di PAI mengutamakan metode Pembelajaran Kontekstual melalui partisipasi aktif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Rofiq Faudy. “Metode Contextual Teaching and Learning Untuk Pengembangan Pembelajaran Pai.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10, no. 2 (2015): 211–28. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.792.

Al-Muwattho, Fariz Pangestu, Aminuyati, and Okiana. “Pengaruh Pemberian Apersepsi Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Pada Elajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 7, no. 2 (2018): 1–10.

Arifin, Syamsul, Nurul Abidin, and Fauzan Al Anshori. “Kebijakan Merdeka Belajar Dan Implikasinya Terhadap Perkembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 7, no. 1 (n.d.).

Ariga, Selamat. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19 Implementation of the Independent Curriculum After the Covid-19 Pandemic” 2, no. 2 (2022): 662–70.

Asmuni, Asmuni. “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 1 Selong.” Jurnal Paedagogy 7, no. 3 (2020): 175. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2743.

Asrori, A. “The Function of Class Management in The Improving Effectiveness of Learning Aqidah in MTs Al-Hidayah Betoyokauman Gresik.” Studia Religia: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 3, no. 2 (2019): 145–58.

Asrori, Moch. Charis Hidayat, Ika Puspitasari, and Rusman. “Effect of Counseling Guidance in Improving Process of Student Learning Achievement,” 2020. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.145.

Bahtiar, Abd Rahman. “Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2017): 149–58. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.368.

Cahya. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Digital.” Jurnal Bilqolam Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2022): 2.

Darise, Gina Nurvina. “Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks ‘Merdeka Belajar.’” Islamic Education : The Teacher of Civilization 2 (2021): 2721–2149.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (2021).

Fatharani, Rusmianing, and Retno Triwoelandari. “Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Negeri 14 Kota Bogor.” Journal Fascho in Education Conference-Proceedings 1, no. 1 (2020).

Hadi, Abd., Asrori, and Rusman. Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas : CV. Pena Persada, 2021.

Hidayat, Moch Charis. “Implementation of Cognitive, Affective, Psychomotor Aspect Assessment Case Study at SDN Ngembung Cerme Gresik.” Studia Religia: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 4 (2020): 71–83.

Hutabarat, Hasrida, Rahmatika Elindra, Muhammad Syahril Harahap, Fakultas Pendidikan, Matematika Dan, and Ilmu Pengetahuan. “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan.” JURNAL MathEdu Mathematic Education Journal 5, no. 3 (2022): 58–69.

Khozin, Khozin, Abdul Haris, and Asrori Asrori. “Pengembangan Integrasi Kurikulum.” TADARUS, 2021. https://doi.org/10.30651/td.v10i1.9090.

Lestari, Sudarsri. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2018): 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Lubaba, Meilin Nuril, and Iqnatia Alfiansyah. “Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Sains Dan Teknologi 9, no. 3 (2022): 2022–2687.

Maesaroh, Siti. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kependidikan 1, no. 1 (2013): 150–68. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536.

Mustika, I Kadek. “Optimalisasi Tes Diagnostik Berbasis IT Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Bali Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Seririt.” Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa 2 (n.d.).

Nasution, Suri Wahyuni. “Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2021): 135–42. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181.

Nurwiatin, Neng. “Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Dan Kesiapan Sekolah Terhadap Penyesuaian Pembelajaran Di Sekolah.” Edusaintek: Jurnal Pendidik, Sains Dan Teknologi 9, no. 2 (2022): 472–87.

Pamungkas, Andika Dinar, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. “Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 4 SD.” NATURALISTIC: Junrall Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 1 (2018).

Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta, Ni Ketut Suarni, and I Ketut Suar Adnyana. “Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas.” Jurnal Peminjaman Mutu Lembaga Peminjaman Mutu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar 8, no. 2 (2022).

Qolbiyah, Aini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1, no. 1 (2022): 44–48.

Rahayu, Restu, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihatini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu Journal Od Elementary Education 6, no. 4 (2022).

Ridlwan, M., & Asrori, A. “Problems of Implementation of Islamic Religious Education at Muhammadiyah Junior High School 4 Gadung Surabaya.” In In International Conference on Islamic and Muhammadiyah Studies (ICIMS 2022), 312–18. Atlantis Press, 2022. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.220708.039.

Rifa’i, Ahmad, N. Elis Kurnia Asih, and Dewi Fatmawati. “Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah.” Jurnal Health Sains 3, no. 8 (2022): 1006–13. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i8.471.

Rukajat, Ajat. “Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran,” 2019, 85–111.

Sari, Erika, and Ady Ferdian Noor. “Kebijakan Pembelajaran Yang Merdeka: Dukungan Dan Kritik.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2022): 45–53. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.7.

Satria, Rizky, Pia Adiprima, Kandi Sekar Wulan, and Tracey Yani Harjatanaya. PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2022.

Sella Selviana, Didik Himmawan, & Naelul Muna. (2022). Metode Mind Mapping Untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i1.72

Shalikha, Putri Ayu Anisatus. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 15, no. 2 (2022): 86–93.

Siregar, Nurhayani, Rafidatun Sahirah, and Arsikal Amsal Harahap. “Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0.” Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (n.d.).

Siswati, Siswati. “Merdeka Belajar: Menciptakan Siswa Bernalar Kritis, Kreatif Dan Mandiri.” GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 6 (2022).

Surata, I Ketut, and I Gusti Agung Ayu Nova Dwi Marhaeni. “Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi.” Bioedusiana 4, no. 2 (2019).

Zein, Muthia Syahrena, Daeng Lutfi Azizan, Rico Mahendra, Shintia Dinda Pitaloka, Halimah Syafira Irwanmay, and Dini Nur Hidayah. “Upaya Guru PAI Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran PAI.” Medan Resource Center Education & Learning 1, no. 2 (n.d.).

Zuhby, Nawal El. “Tafakur Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam.” Fitroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 14, no. 1 (n.d.).

Published

2023-06-27

How to Cite

Hanna Widygea Marbella, Asrori, and Rusman. 2023. “Implementasi Pembelajaran Merdeka Belajar Pada PAI Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kreativitas Siswa”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):760-74. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.477.

Issue

Section

Articles