Metode Jigsaw dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Indahnya Saling Menghargai Keragaman)

Authors

  • Devy Habibi Muhammad STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Mashudi Universitas Islam Negeri Jember
  • Moch. Salman Alfarizi STAI Muhammadiyah Probolinggo,

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.481

Keywords:

Metode Jigsaw, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui keaktifan dan peran serta peserta didik pada kegiatan belajar mengajar melalui metode jigsaw. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau yang lebih dikenal dengan istilah sebutan classroom action research. Dari hasil penelitian diatas yang dilakukan serta analisis penelitian Belajar Pendidikan Agama Islam Indahnya Saling Menghargai Keragaman Dengan Metode Jigsaw Di SDN Mayangan 2 Kota Probolinggo ini dapat disimpulkan peningkatan prestsi pada mata pelajaran PAI melalui penerapan metode jigsaw pada siswa kelas IV A SDN Mayangan 2 Kota Probolinggo setelah menerapkan metode diskusi dapat dilihat dari prestasi belajar anak didik pada tiap siklus dimana pada pelaksannan pra siklus tingkat ketuntasan belajar ada 10 siswa atau 37% naik dan hasilnya jadi 14 siswa atau 51,8% meningkat, dari siklus II menjadi 23 siswa atau 85,1%. Ini berarti penerapan metode jigsaw yang digunakan dalam pembelajaran berhasil naik tingkat dari prestasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Solehudin1, Devy Habibi Muhammad2, N. (2022). Strategi Pengembangan Pembelajaran Karakter Di Madrasah Diniyah Assilfiah Sepuhgembol. 4, 1–7.

Andriani. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Muhammadiyah Pattongko Kec. Sinjai Tengah Kab. Sinjai. Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai.

Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Akuntansi Sektor Pemerintah. Madrasah, 6(2), 26.

Himmawan, D., & Ibnu Rusydi. (2021). Pelaksanaan Metode Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.39

Kahar, I. (2018). Pengaruh motivasi dan minat belajar siswa Kelas x terhadap hasil belajar servis atas bola voli Smanegeri 18 luwu. Computers and Industrial Engineering, 2(January), 6.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Muhammad, D. H. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas dalam Pendidikan Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 122–131. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581

Nasution, U., & Casmini, C. (2020). Integrasi Pemikiran Imam Al-Ghazali & Ivan

Pavlov Dalam Membentuk Prilaku Peserta Didik. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 103–113. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3651

Prasetiya, B. (2018a). Analisis Studi Korelasional Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. ALMURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 165–184. https://doi.org/10.53627/jam.v5i2.3484

Prasetiya, B. (2018b). Peningkatan Kemampuan Guru Madrasah Dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Di Probolinggo. Annual Conference on Comunity Engagement, 441–465.

Prasetiya, B. (2019). Mengungkap Analisis Dan Evaluasi Kebijakan Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Conciencia, 19(2), 99–111. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4395

Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh disiplin ibadah sholat, lingkungan sekolah, dan intelegensi terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 166–178. http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Published

2023-06-27

How to Cite

Devy Habibi Muhammad, Mashudi, and Moch. Salman Alfarizi. 2023. “Metode Jigsaw Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Indahnya Saling Menghargai Keragaman)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):747-59. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.481.

Issue

Section

Articles