Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru PAI SD Se-Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.514Keywords:
Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Guru, Guru PAIAbstract
Pentas PAI masih ada beberapa sekolah yang sama sekali tidak mendapatkan peringkat. Hal ini menjadi sebuah gambaran bagaimana peran KKG dalam meningkatkan kualitas guru, penguasaan materi dan keterampilan mengajar dalam menyampaikan materi-materi PAI terhadap peserta didik dan juga membina peserta dalam kegiatan keagamaan lainnya. Berdasarkan permasalahan tersebutdi atas, maka penulistertarikmelakukan penelitiantesis yang berjudul Pengaruh Kelompo kKerja Guru (KKG) danKompetensi Pedagogik Guru terhadapKinerja Guru PAI SD Se-Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Untuk mengetahui diterima atau ditolaknya sebuah hipotesis yang telah diajukan maka penulis perlu mengadakan penelitian. Dalam melakukan penelitian tersebut, penulis berusaha menerapkan suatu metode yang relevan dengan permasalahan yang akan diteliti. Sehubungan dengan metode penelitian yang dijelaskan Metode merupakan cara utama yang dipergunakan untuk mencapai suatu tujuan, misalkan untuk menguji serangkaian hipotesis, dengan mempergunakan teknik serta alat-alat tertentu. Data dari hasil uji hipotesis pertama, secara parsial menunjukkan bahwa variabel kelompok kerja guru mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung> ttabel, yaitu 4,188 >2,015 dengan tingkat signifikansi 0,008< 0,05, artinya secara statistik Ha diterima, maksudnya terdapat pengaruh dari Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap kinerja guru PAI di SD se-Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian tentang kelompok kerja guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru tentunya sangat didukung oleh suatu kajian KKG/MGMP dilakukan oleh guru-guru yang memiliki kemampuan (tutor inti atau pemandu bidang studi/mata pelajaran), yang sebelumnya telah mendapatkan penataran oleh Kemendiknas. Kedua, Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa variabel kompetensi pedagogik mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung> ttabel, yaitu 6,122 >2,015 dengan tingkat signifikansi 0,000< 0,05, artinya secara statistik Ha diterima, maksudnya terdapat pengaruh dari kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru PAI di SD se-Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Ketiga, dalam pengujian secara simultan tingkat pengaruh variabel independen (kelompok kerja guru dan kompetensi pedagogik guru) terhadap variabel kinerja guru adalah sebesar 67,6% sedangkan sisanya 32,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang berasal dari luar variabel yang diteliti.
Downloads
References
Akmal, H. (2010). kompetensi guru PAI. Rafah Press.
Djumransjah, A. M. K. A. (2007). Pendidikan Islam. UIN Malang Press.
Dudung, A. (2011). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ). Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, Vol.05 No.1
Fauzi, M. (2016). Partisipasi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI SD) Kabupaten Boyolali dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI SD. Pendidikan Islam, Vol. 10, N, 141.
Ghazali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Universitas Dipenogoro.
Hamadi. (2005). Peranan Kelompok Kerja Guru. Bumi Aksara.
Joni. (2001). Menjadi Guru Profesional. Rosda Karya.
Mahmuda. (2016). Pengembangan Pedoman In Service Training Pada Kurikulum 2013 Melalui Kkg-Pai Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pai Di Kecamatan Panji Situbondo. Volume 1, 22.
Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.
Nurfadilah, F. (2002). Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Kkg Pai Sd) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD Di Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan,. Al-Makrifat, Vol 7, No, 138.
Sarmadhan Lubis. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Al-Thariqah, Vol. 2, No, 190.
Surya, M. (2005). Kualifikasi dan Sertifikasi Guru. Pustaka Bani Quraisy.
Veithzal, R. (2009). Education Management. Rajawali Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sopian Asep Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.