Rekonstruksi Pendidikan Pesantren: Telaah Konsep Tarbiyah Ulul Albab Pemikiran Imam Suprayogo
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.516Keywords:
Pendidikan Pesantren, Konsep Tarbiyah Ulul AlbabAbstract
Konsep tarbiyah ulul albab menjadi alternatif dalam melakukan integrasi keilmuan karena didalam penerapannya, Imam Suprayogo memadukan antara dunia pesantren dengan dunia umum. Hebatnya lagi konsep ini tidak semata di gunakan pada dunia perkuliah semata, banyak lembaga lain juga meniru hal ini baik itu SDIT, SMPIT, SMAIT, Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan lainnya. Permasalahannya sekarang maraknya kasus pencabulan, pelecehan, dan kasus kekerasan seksual lainnya dilingkungan pesantren. Karena itu perlu adanya rekonstruksi dalam dunia pesantren guna menerapkan konsep ini dan membawa dunia pendidikan islam lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan apa saja yang terjadi didunia pesantren dan solusi apa yang di tawarkan. Metode yang digunakana adalah metode penelitian kualitatif dengan desain Library Research. Teknik pengumpulan data dengan mencari sumber-sumber yang relavan baik itu buku-buku ataupun jurnal yang berputasi nasional. Sedangakan untuk analisisnya menggunakanan analisis isi (analysis contenc). Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan yang banyak terjadi dalam dunia penesantren sekarang ini maraknya kasus kekerasan seksual yang dilakukan oleh guru/ustad nya sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, penulis menawarkan solusi berupa pertama; adanya aturan khusus dalam mendirikan sebuah pesantren dengan regulasi yang jelas, kedua; pengawasan dan evaluasi berkala oleh badan yang berwenang setiap bulannya. Dengan begitu konsep ini akan bisa dilaksanakan dengan baik
Kata Kunci: Pendidikan Pesantren, Konsep Tarbiyah Ulul Albab
Downloads
References
A.Warits, M. S., Muthhar, M. A., & Muthmainnah. (2020). Konsep Ulul Albab dalam Tafsir Al-Misbah dan Pengembangannya dalam Pendidika Islam. JPIK : Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman, 3(2), 426–251. https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/196
Abdul Tolib. (2015). Pendidikan di Pondok Pesantren Modern. Risalah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 60–66. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.12
Adnan Mahdi. (2013). Sejarah dan Peran Pondok Pesantren dalam Pendidikan di Indonesai. Jurnal Islamic Review, 11(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/islamicreview.v2i1.29
Ahmat Wakit. (2016). Efektifitas Metode Sorogan Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 2(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i1.278
Akbar, A., & Hidayatullah Ismail. (2018). Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 21–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/af.v17i1.5139
Atho’illah. (2020). Konsep Pendidikan Islam dan Pesantren dalam Perspektif Prof. Dr. H. Imam Suprayogo dan Prof. Dr. KH. M. Tholchah Hasan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Effendi Chairi. (2019). Pengembangan Metode Bandongan dalam Kajian Kitab Kuning di Pesantren Attarbiyah Guluk-Guluk dalam Perspektif Muhammad Abid al-Jabiri. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 70–89. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.233
Fakhor, S., Syathori, A., & Nuryadien, M. (2019). Efektifitas Penerapan Metode Sorogan dengan Kemampuan Membaca Kitab Safinatun Najah Santri Pondok Pesantren Al-Inaaroh Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kebupaten Cirebon. Al-Tarbawi Al-HAditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 148–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/tarbawi.v4i1.4074
Farida Nugrahani. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.
H.M. Natsir. (2020). Sistem Pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Analisis Terhadap Metode dalam Kegiatan Pembelajaran Formal dan Nonformal. Jurnal Penenlitian Keislaman, 16(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jpk.v16i1.1104
Herman DM. (2013). Sejarah Pesantren di Indonesia. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 145–158. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/311/301
Imam Syafe’i. (2017). Pondok Pesantren : Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097
Irfan Fauzan, & Muslimin. (2018). Efektifitas Metode Sorogan dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri di Madrasah Dinniyah Haji Ya’Qub Lirboyo Kediri. Intelektual ; Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(1), 69–80. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/ji.v8i%601.697
Khamsil Laili. (2018). Metode Pengajaran di Pesantren dan Perkembangannya. Al-Iman: Jurnal Keislamanan Dan Kemasyarakatan, 2(1), 66–82. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3197
Krisdiyanto, G., Muflikha, Sahara, E. E., & Choirul Mahfud. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Jurnal Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 11–21. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/337
M. Fahmi Tharaba. (2019). Kajian Pemikiran Integrasi Keilmuan Univeristas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang melalui Ulul Albab. Proceeding Of International Vonference on Islamic Education: Challenges in Technology and Literacy Faculty of Education and Teacher Training, Univeristas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 126–142. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1076
M. Hadi Purnomo. (2017). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. CV. Bildung Nusantara.
Mahfud Ifendi. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sunan Drajad Banjarwati Lamongan. Al-Tarbawi Al-HAditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 85–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/tarbawi.v6i2.8898
Miftachul Ulum. (2018). Eksistensi Pendidikan Pesantren : Kritik Terhadap Kapitalisasi Pendidikan. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 240–257. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.949
Muhammad Idris Usman. (2013). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Al Hikmah, XIV(1), 10–119. https://core.ac.uk/download/pdf/234744775.pdf
Muhammmad Miptakhul Ulum. (2018). Metode Membaca Kitab Kuning Antara Santri dan Mahasiswa. Islamic Review : Jurnal Riset Dan Kajian Keislamanan, 7(2), 120–136. https://doi.org/https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.35878/islamicreview.v7i2.141?domain=https://journal.ipmafa.ac.id
Rahman, A., Na’imah, & Zubaidi. (2021). Implementasi Metode Sorogan dan Bandungan di Pondok Pesantren Ni’amul Ulum Tegalsari Yogyakarta. Nuansa ; Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 18(2), 130–145. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/nuansa.v18i2.4353
Ramadhan, Y. L., & Ikrom Syauqi Nuradilah. (2023). Implementasi Metode Mudzakarah dalam Pembelajaran Hadits pada Mahasantri Pondok Pesantren Darus-Sunnah Ciputat Tangerang Selatan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1325–1334. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12994
Rusydi Sulaiman. (2016). Pendidikan Pondok Pesantren: Institusionalisasi Kelembagaan Pendidikan Pesantren. ’Anil Islam, 9(1), 150–174. https://www.jurnal.instika.ac.id/index.php/AnilIslam/article/view/12
Sholihul Anwar. (2021). Integrasi Keilmuan Perspektif M.Amin Abdullah dan Imam Suprayogo. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 142–165. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/91
Sofiana, F., & Afwadzi, B. (2021a). Kurikulum Pendidikan Islam di UIN Malang : Studi Pemikiran Imam Supayogo dan M.Zainuddin. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 20(2), 248–272.
Sofiana, F., & Afwadzi, B. (2021b). Kurikulum Pendidikan Islam di UIN Malang; Studi Pemikiran Imam Suprayogo dan M.Zainuddin. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 20(2), 248–272. https://doi.org/10.29300/atmipi.v20.i2.4142
Syaiful Sagala. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren. Jurnal Tarbiyah, 22(2), 206–225. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i2.37
Zamroni, & Faruq, R. M. (2014). Pendidikan Islam Berorientasi Masa Depan; Konsep Pendidikan Ulul Albab Perspektif Imam Suprayogo. At-Turas; Jurnal Studi Keislaman, 1(0335), 52–65. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/at-turas.v1i1.152
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asep Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.